Review: Moonfall (2022)


Setelah Midway (2019), Patrick Wilson kembali tampil dalam film terbaru arahan Roland Emmerich, Moonfall. Dengan naskah cerita yang ditulis oleh Emmerich bersama dengan Harald Kloser – yang merupakan produser dan penata musik regular di film-film arahan Emmerich namun juga turut menuliskan naskah cerita untuk 10,000 BC (2008) dan 2012 (2009) – dan Spenser Cohen (Extinction, 2018), Moonfall berkisah mengenai dua astronot, Jocinda Fowler (Halle Berry) dan Brian Harper (Wilson), yang berusaha menemukan cara untuk menyelamatkan Bumi ketika Bulan terdeteksi keluar dari orbitnya dan diprediksi akan segera menabrak Bumi. Bukan sebuah persoalan mudah karena keduanya juga harus melawan pemerintah Amerika Serikat yang lebih memilih untuk meledakkan Bulan tanpa memperhitungkan efeknya secara ilmiah bagi Bumi di masa yang akan datang. Dengan bantuan seorang pengamat teori konspirasi, K.C. Houseman (John Bradley), Jocinda Fowler dan Brian Harper mulai menyusun rencana mereka.

First of all… tentu saja, tidak akan ada seorangpun yang memilih untuk menyaksikan sebuah film fiksi ilmiah garapan Emmerich akan mengharapkan sebuah tatanan cerita dengan akurasi ilmiah seakurat tatanan cerita fiksi ilmiah garapan Ridley Scott atau James Cameron atau Denis Villeneuve atau Christopher Nolan. Seperti yang dipamerkan Independence Day (1996), The Day After Tomorrow (2004), ataupun 2012, film-film bertema kehancuran dunia arahan Emmerich adalah film-film yang mengutamakan tampilan efek visual yang megah, dengan desain suara yang juga menggelegar, guna memberikan ketegangan (dan kesenangan) bagi para penontonnya dengan menomorsekiankan tatanan logika penceritaannya. Moonfall juga menawarkan kualitas pengisahan yang setara dengan kebanyakan film-film garapan Emmerich lainnya. Ambisius, namun dangkal dalam pengembangannya.

Dengan durasi yang mencapai 130 menit, naskah cerita yang ditulis oleh Emmerich bersama dengan Kloser dan Cohen terasa terlalu berusaha untuk terlihat pintar dengan penggunaan kata-kata berbau ilmiah yang diutarakan oleh barisan karakter yang hadir dalam linimasa penceritaan film ini tanpa pernah benar-benar mampu memberikan pemanfaatan maupun penggambaran yang benar-benar efektif akan dialog tersebut. Tidak hanya dari dialognya, bangunan konflik dan karakter juga begitu lemah. Begitu lemahnya karakterisasi dalam alur pengisahan film ini, baik Berry maupun Wilson tidak pernah terasa hadir dengan penampilan akting yang benar-benar maksimal. Keduanya seperti menyadari kualitas film yang sedang mereka ikuti dan lantas memutuskan menyerah begitu saja dalam usaha untuk membuat karakter-karakter yang mereka perankan terlihat menarik.

Garapan karakterisasi bagi karakter-karakter lain dalam film ini juga sama buruknya. Karakter Tom Lopez dan Holdenfield yang diperankan Michael Peña dan Donald Sutherland entah apa kegunaannya di film ini. Karakter K.C. Houseman yang diperankan Bradley sebenarnya memegang fungsi penceritaan yang cukup krusial. Namun, naskah cerita film ini sepertinya hanya menggunakannya sebagai karakter yang hadir untuk melontarkan dialog-dialog bernuansa komikal yang begitu mengganggu keberadaannya. Moonfall semakin terasa menggelikan ketika Emmerich memutuskan untuk menyertakan plot tentang penciptaan alam semesta di paruh akhir pengisahannya. Sedikit mengingatkan penonton pada Prometheus (Scott, 2012). Namun, dengan garapan yang seadanya, plot tersebut terasa terlalu mengada-ada – bahkan untuk berada di sebuah film garapan seorang Emmerich.

Sial, garapan efek visual yang biasanya dapat “mengobati” lemahnya kualitas penceritaan juga gagal untuk dihadirkan disini. Baik penataan, penggarapan, maupun penggunaan efek visual dalam film ini terasa medioker dan sama sekali tidak mampu untuk membentuk momen-momen sinematis menyenangkan yang kuat. Moonfall lantas berakhir sebagai sebuah presentasi buruk yang benar benar menjemukan.

popcornpopcornpopcorn2popcorn2popcorn2

Moonfall (2022)Florida Peninsula from

Directed by Roland Emmerich Produced by Roland Emmerich, Harald Kloser Written by Roland Emmerich, Harald Kloser, Spenser Cohen Starring Halle Berry, Patrick Wilson, John Bradley, Michael Peña, Charlie Plummer, Kelly Yu, Donald Sutherland, Eme Ikwuakor, Carolina Bartczak, Maxim Roy, Frank Schorpion, Stephen Bogaert, Andreas Apergis, Kathleen Fee, Azriel Dalman Music by Thomas Wander, Harald Kloser Cinematography Robby Baumgartner Edited by Adam Wolfe, Ryan Stevens Harris Production companies Huayi Brothers International/Huayi Tencent Entertainment International/Centropolis Entertainment/Street Entertainment/AGC Studios Running time 130 minutes Countries United States, China, Germany Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s