Review: Nobody (2021)


Menit-menit awal penuturan Nobody akan menggambarkan sosok karakter utama yang diperankan oleh Bob Odenkirk, seorang pria paruh baya bernama Hutch Mansell yang kehidupannya diisi dengan rutinitas yang sama setiap harinya. Membosankan. Hal tersebut berubah ketika pada satu malam dua orang asing (Humberly González dan Edsson Morales) masuk ke dalam rumahnya untuk mencuri barang-barang miliknya. Aksi kedua pencuri berhasil dipergoki oleh Hutch Mansell, namun, di saat yang bersamaan, kejadian tersebut membangkitkan sebuah sisi lain dari kepribadian Hutch Mansell yang selama ini telah disembunyikannya. Sisi lain yang kemudian membuatnya berani untuk melawan sekawanan pemuda yang sedang mengganggu seorang perempuan muda dalam bus yang sama-sama mereka tumpangi. Sial, sekawanan pemuda tersebut ternyata memiliki hubungan dengan seorang mafia Rusia bengis, Yulian Kuznetsov (Alexey Serebryakov), yang dengan segera menjadikan Hutch Mansell sebagai sosok yang paling dicari keberadaannya.

Tidak mengherankan jika sebagian penonton akan mendapatkan kesan bahwa film kedua yang diarahkan oleh Ilya Naishuller (Hardcore Henry, 2015) ini berusaha untuk mengikuti formula presentasi laga yang sebelumnya sukses diaplikasikan oleh John Wick (Chad Stahelski, 2014). Plot tentang aksi solo seorang pria dalam melawan sekelompok orang berbahaya yang dihadirkan dalam Nobody juga digarap oleh Derek Kolstad yang menuliskan naskah cerita untuk John Wick dan dua sekuelnya, John Wick: Chapter 2 (2017) dan John Wick: Chapter 3 – Parabellum (2019). Nobody juga diproduseri oleh sosok yang sama dengan produser seri film John Wick, David Leitch. Lantas apakah Nobody hanyalah sekedar usaha untuk mengulang sukses seri film yang dibintangi Keanu Reeves tersebut? Tidak juga.

Nobody jelas memiliki nada pengisahan yang lebih ringan jika dibandingkan dengan John Wick. Film ini juga memanfaatkan dengan maksimal persona Odenkirk yang selama ini lebih dikenal lewat peran-perannya dalam film maupun serial televisi yang kental akan elemen komedi. Naskah cerita garapan Kolstad membangun dengan seksama lapisan kisah tentang sosok karakter Hutch Mansell sehingga transformasinya dari sosok “bapak rumah tangga” dengan kehidupan yang menjemukan menjadi sosok karakter yang mampu menghadapi setiap tantangan maupun ancaman yang berada di hadapannya. Sentuhan komedi yang diberikan pada linimasa pengisahannya cukup berhasil untuk menjadikan Nobody tampil lebih menyegarkan daripada seri film John Wick sendiri – yang, sejujurnya, telah terasa sedikit melelahkan setelah dikembangkan menjadi serial.

Sebagai sajian laga, koreografi aksi yang berkelas jelas menjadi elemen paling krusial dalam presentasi Nobody. Beruntung, Naishuller mampu menggarapnya dengan handal. Jika dibandingkan dengan Hardcore Henry yang sering terasa berjalan terlalu terburu-buru, Nobody juga bergerak dengan cepat namun lebih rapi dalam penuturannya. Hal ini yang membuat sentuhan komedi dalam jalan cerita maupun dialog yang terlontar serta penokohan pada sosok karakter utama tetap mampu tersaji secara dinamis. Tata sinematografi garapan Pawel Pogorzelski juga secara cekatan menangkap setiap elemen laga yang sedang ditampilkan serta ditambah dengan dukungan tata gambar dari William Yeh dan Evan Schiff yang mampu memadukan setiap pergerakan konflik dan karakter secara efektif. Kualitas tatanan produksi yang jelas berkelas.

Penampilan Odenkirk jelas menjadi penampilan utama yang menggerakkan roda pengisahan Nobody. Odenkirk mampu memberikan penampilan akting yang kuat untuk menghidupkan sosok Hutch Mansell. Ia tampil sangat meyakinkan sebagai sosok pria paruh baya yang membosankan dan tidak pernah terasa kehilangan persona tersebut saat karakternya bertransformasi menjadi sosok jagoan yang dapat melawan siapapun yang berada di hadapannya. Perhatian utuh yang diberikan pada sosok karakter Hutch Mansell memang tidak memberikan banyak ruang pengisahan pada karakter-karakter lain yang hadir dalam linimasa penceritaan Nobody. Meskipun begitu, jelas terasa sangat menyenangkan untuk melihat film ini memberikan ruang cerita dimana Christopher Lloyd dapat beraksi serta Connie Nielsen mampu menjadi sosok pendamping yang tepat bagi Odenkirk.

popcornpopcornpopcornpopcorn-halfpopcorn2

nobody-bob-odenkirk-movie-posterNobody (2021)

Directed by Ilya Naishuller Produced by David Leitch, Kelly McCormick, Braden Aftergood, Bob Odenkirk, Marc Provissiero Written by Derek Kolstad Starring Bob Odenkirk, Connie Nielsen, Aleksei Serebryakov, RZA, Christopher Lloyd, Gage Munroe, Paisley Cadorath, Michael Ironside, Billy MacLellan, Colin Salmon, Araya Mengesha, Aleksandr Pal, J. P. Manoux, Daniel Bernhardt Cinematography Pawel Pogorzelski Edited by William Yeh, Evan Schiff Music by David Buckley Production companies Perfect World Pictures/87North Productions/Eighty Two Films/Odenkirk Provissiero Entertainment Running time 92 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s