Review: News of the World (2020)

News of the World, sayangnya, bukanlah film yang alur ceritanya diinspirasi oleh lagu-lagu yang ditulis oleh kelompok musik legendaris Queen untuk album rilisan mereka di tahun 1977 yang berjudul sama. News of the World, yang menjadi kali kedua bagi Tom Hanks untuk berada di bawah arahan sutradara Paul Greengrass setelah Captain Phillips (2013), adalah sebuah drama western yang kisahnya diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Paulette Jiles. Kisahnya cukup sederhana. Berlatar belakang waktu pengisahan di tahun 1870, beberapa tahun setelah berakhirnya Perang Saudara Amerika, seorang veteran perang bernama Captain Jefferson Kyle Kidd (Hanks) menemukan seorang anak perempuan bernama Johanna Leonberger (Helena Zengel) terlantar sendirian di pinggiran jalan setelah angkutan yang membawanya mengalami tindak perampokan. Lewat dokumen-dokumen yang ia temukan bersama dengan anak itu, Captain Jefferson Kyle Kidd kemudian memutuskan untuk mengantarkan sang anak kembali ke kediamannya meskipun ia harus menempuh jarak ribuan kilometer.

Tentu saja, alur pengisahan News of the World kemudian diisi dengan serangkaian konflik yang harus dihadapi oleh kedua karakter utama di sepanjang perjalanan mereka – baik konflik yang berasal dari hubungan keduanya maupun berbagai perseteruan dari pihak-pihak luar yang harus mereka hadapi. Dengan durasi pengisahan sepanjang 118 menit, News of the World dapat saja berakhir sebagai sebuah presentasi yang membosankan jika tidak dihadirkan dengan alur cerita yang solid. Beruntung, naskah cerita film yang digarap oleh Greengrass bersama dengan Luke Davies (Lion, 2016) mampu menangani banyak elemen pengisahannya dengan sangat baik. Dihantarkan secara perlahan, hubungan antara karakter Captain Jefferson Kyle Kidd dengan Johanna Leonberger – yang dikisahkan tidak dapat menggunakan Bahasa Inggris – digali dan dikembangkan dengan seksama. Berawal sebagai hubungan antara seorang pria asing yang ingin menyelamatkan seorang anak kecil, hubungan keduanya berkembang hangat sehingga sering terasa bagaikan hubungan seorang ayah dengan anaknya.

Bersamaan dengan perkembangan hubungan keduanya, News of the World juga tidak ketinggalan untuk memberikan galian karakter yang kuat untuk kedua sosok karakter utamanya. Lewat interaksi yang terbentuk, baik antara keduanya maupun dengan karakter-karakter yang berada di sekitarnya, film ini secara perlahan membuka lapisan kepribadian tiap karakter, membuka rasa duka serta pengalaman kelam yang ternyata telah mengendap dalam di jiwa mereka, sekaligus membuka ruang dimana keduanya lantas dapat menemukan dan mendampingi satu sama lain. Latar belakang waktu pengisahan yang ditempatkan pada masa-masa awal usainya Perang Sipil Amerika digunakan oleh naskah cerita film untuk menghadirkan tema anti perang yang dihadirkan dari sudut pandang orang-orang yang terlibat di dalamnya. Konflik dan perseteruan yang harus dihadapi karakter Captain Jefferson Kyle Kidd dan Johanna Leonberger juga disampaikan dengan baik – dengan banyak diantara menghasilkan sejumlah momen-momen menegangkan bagi film ini.

Seperti yang selalu mampu ditunjukkan oleh Greengrass lewat film-filmnya, News of the World juga disajikan dengan ritme penceritaan yang tertata dengan begitu rapi. Tidak ada momen dalam pengisahan film yang terasa sia-sia keberadaannya – seluruhnya mendukung bangunan kisah yang padat dan begitu mengikat. Kualitas produksi film juga tampil berkelas. Tata sinematografi arahan Dariusz Wolski dengan sempurna menghasilkan nuansa western yang begitu keras, gersang, namun sekaligus sangat menghipnotis. Begitu pula dengan tata musik arahan James Newton Howard yang menghasilkan dorongan emosional yang dibutuhkan oleh deretan adegan dalam penceritaan News of the World. Memang, dibandingkan dengan film-film arahan Greengrass lainnya, News of the World terkesan lebih lembut dan jauh dari kesan bombastis. Namun, di saat yang bersamaan, film ini jelas adalah salah satu presentasi terkuat dalam filmografi Greengrass.

Mudah untuk memandang penampilan Hanks dalam film ini sebagai sebuah penampilan aktingnya yang tipikal – sosok pria dengan gambaran karakter yang begitu tulus dalam setiap perbuatannya. Familiar, namun Hanks tetap mampu memberikan penampilan terbaik dan meyakinkannya. Mudah untuk menyukai karakternya namun Hanks jelas mampu menjadikan sosok Captain Jefferson Kyle Kidd sebagai karakter yang akan meninggalkan kesan yang begitu mendalam dalam benak siapapun yang mengikuti kisahnya. Pertama kali mencuri perhatian dunia lewat System Crasher (Nora Fingscheidt, 2019), Zengel kembali memamerkan kehandalan beraktingnya dengan kemampuannya untuk mengimbagi penampilan akting Hanks. Tanpa menggunakan banyak dialog, Zengel menghadirkan sosok Johanna Leonberger sebagai sosok anak perempuan dengan riwayat duka di masa lalu yang terus merundungnya dalam rasa trauma. News of the World juga mendapatkan dukungan penampilan akting dari Mare Winningham, Elizabeth Marvel, Bill Camp yang meskipun hadir dalam porsi pengisahan yang minimalis namun tetap mampu memberikan dukungan yang solid bagi kualitas penampilan departemen akting film ini secara keseluruhan.

 

News of the World (2020)

Directed by Paul Greengrass Produced by Gary Goetzman, Gail Mutrux, Gregory Goodman Written by Paul Greengrass, Luke Davies (screenplay), Paulette Jiles (novel, News of the World) Starring Tom Hanks, Helena Zengel, Michael Covino, Fred Hechinger, Neil Sandilands, Thomas Francis Murphy, Mare Winningham, Elizabeth Marvel, Chukwudi Iwuji, Ray McKinnon, Bill Camp Music by James Newton Howard Cinematography Dariusz Wolski Edited by William Goldenberg Production companies Perfect World Pictures/Playtone/Pretty Pictures Running time 118 minutes Country United States Language English

2 thoughts on “Review: News of the World (2020)”

Leave a Reply