Review: Triangle (2009)


Triangle adalah sebuah film thriller Inggris yang disutradarai oleh Christopher Smith. Nama Smith sendiri dikenal sebagai sutradara yang selalu merilis film-film dengan genre thriller maupun horror, dan mungkin sempat dikenal setelah dua karya sebelumnya, Creep (2004) dan Severance (2006), berhasil meraih pujian dari para kritikus film dunia.

Dibintangi oleh bintang Australia, Melissa George, yang berperan sebagai Jess, seorang orangtua tunggal yang memiliki putra, Tommy (Joshua McIvor), dengan gangguan autisme. Bersama Greg (Michael Dorman), pria yang sedang dekat dengan dirinya, Jess berencana untuk bepergian dengan sebuah kapal yacht setelah sebelumnya menitipkan Tommy di sekolahnya.

Jess dan Greg tidaklah sendirian di perjalanan tersebut. Mereka ditemani oleh Victor (Liam Hemsworth) dan Sally (Rachael Sarpani), yang keduanya adalah teman Greg, serta suami Sally, Downey (Henry Nixon), dan Heather (Emma Lung), wanita yang diajak Sally untuk dijodohkan dengan Greg.

DEAD SILENCE. Melissa George as Jess and... ummm... hey, what's your name again? Yes, you in the back!

Firasat buruk Jess yang datang semenjak kali pertama ia akan memulai perjalanan tersebut ternyata terbukti setelah di tengah perjalanan, Triangle, nama kapal yacht milik Greg yang mereka tumpangi, karam diterjang sebuah badai yang secara aneh datang menyerang kapal tersebut serta menghilangkan nyawa Heather. Mereka, yang sempat beberapa saat terombang-ambing di lautan, akhirnya diselamatkan oleh sebuah kapal pesiar yang sedang melintas di daerah tersebut. Namun, kapal pesiar tersebut menyimpan lebih banyak misteri lagi bagi mereka. Selain tidak memiliki penumpang, ternyata kapal pesiar tersebut berisi seorang pembunuh yang siap untuk mengambil nyawa mereka satu persatu.

Triangle terasa berjalan sangat cepat ketika di menit ketigapuluh film ini berjalan, hampir seluruh nyawa para pemerannya telah tiada. Namun, film ini tentu saja tidak menjadikan proses pembunuhan terhadap kelima tokoh utamanya sebagai santapan utama jalan ceritanya. Dibalik itu semua, ada sebuah misteri baru yang disimpan yang melibatkan diri Jess serta keselamatan anaknya.

Yang menarik adalah cara sang sutradara, Christopher Smith, dalam menceritakan jalan kisah film ini secara berulang kali namun ia melakukannya dengan sudut pandang yang berbeda dari masing-masing kacamata kelima karakter utama film ini.

Film yang menuntut sedikit konsentrasi para penontonnya ini, mampu secara detil menceritakan kembali setiap kejadian yang terjadi pada tiga puluh menit pertama film ini berjalan, ketika seluruh karakter film ini diserang tiba-tiba oleh sang pembunuh misterius. Smith melakukannya dengan sangat baik sehingga para penonton yang mampu bersabar dan dapat mengikuti jalannya film ini akan diberikan sebuah perasaan tegang yang berulang-ulang, sekaligus secara perlahan membuka misteri apa yang sebenarnya terjadi di kapal pesiar tersebut (walau sejujurnya, misteri tersebut tidak akan pernah berakhir).

Secara keseluruhan Triangle berjalan, dapat dikatakan aktris Melissa George-lah yang menjadi nyawa film ini. Dan untungnya, George mampu membawakan peran tersebut dengan sangat baik. Lewat karakter yang ia perankanlah penonton mampu merasakan sisi drama yang ingin diberikan film ini, bagaimana karakter Jess terus bertahan untuk menemukan dirinya harus melakukan sebuah kejahatan untuk dapat kembali ke sang anak dan hanya berakhir dengan melihat bahwa dirinya selama ini adalah bukan seorang ibu yang baik dan kemudian berusaha untuk memperbaikinya.

Anda mungkin merasa kalau saya telah membocorkan seluruh isi film ini, namun percayalah, Triangle masih memiliki lebih banyak sisi yang dapat mengejutkan Anda daripada apa yang saya ceritakan di review ini. Dan percayalah, saya semampu mungkin berusaha menutup mulut saya serapat mungkin untuk menjaga plot film ini karena faktor kejutan merupakan satu hal yang membuat film ini mencapai klimaksnya. Pintar, penuh kejutan dengan sentuhan drama yang cukup baik, dan penampilan Melissa George yang sempurna, Triangle adalah sebuah film yang rasanya sayang untuk dilewatkan para penggemar film thriller.

Rating: 4 / 5

Triangle (Dan Films/Icon Entertainment International, 2009)

Triangle (2009)

Directed by Christopher Smith Produced by Jason Newmark, Julie Baines, Chris Brown Written by James Moran Starring Melissa George, Liam Hemsworth, Rachael Carpani Music by Christian Henson Cinematography Robert Humphreys Editing by Stuart Gazzard Distributed by Dan Films (UK)/Icon Entertainment International Running time 99 minutes Country United Kingdom, Australia Language English

Advertisements

12 thoughts on “Review: Triangle (2009)”

  1. Filmnya sebenarnya asyik, cuman ketika adegan di darat dihadirkan,apa yang terjadi di laut menurutku sebuah kesiaa-siaan karena pada akhirnya membentuk linkaran bukannya tri-angle. Aku cukup kasih 3/5 saja 🙂

    1. spoiler alert: (takutnya spoiler)

      triangle itu kan mengacu pada nama yacht-nya sekaligus mewakili 3 “jess” di film ini…
      jadi kaya “cinta segitiga” gitu hahahaha…yang udah nonton pasti tahulah, 3 jess itu yg mana

      klo soal “lingkaran” itu memang yang mao diceritain di film ini, jess kesannya udah terkutuk buat ngejalanin “lingkaran” yang nga ada abisnya…ini mengacu nama kapalnya Aelous, ada kaitannya sama mitologi yunani gitu…

  2. ^^

    abisnya nga bisa ditutupin nih tulisannya disini (kaya di forum itu..tuh)
    hahahaha… yang penting ada spoiler alert tuh (walau nga ngaruh gitu)

    maap bagi yang kena jebakan batman 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s