Now Streaming: The First

Belum merasa terlalu familiar dengan nama Beau Willimon? Well… Nama Willimon awalnya dikenal publik ketika dirinya bekerja membantu kampanye dari calon Presiden Amerika Serikat, Howard Dean, pada tahun 2004. Namun, nama Willimon mulai mendapatkan rekognisi dari Hollywood setelah dirinya menuliskan naskah drama panggung dengan tema politik berjudul Farragut North (2008) yang ia dasarkan pada pengalamannya bekerja pada Dean. Farragut North kemudian diadaptasi menjadi film layar lebar berjudul The Ides of March (2011) yang diarahkan dan dibintangi oleh George Clooney. Untuk naskah cerita The Ides of March yang ia kerjakan bersama dengan Clooney dan Grant Heslov, Willimon berhasil mendapatkan nominasi dari ajang The 84th Annual Academy Awards untuk kategori Best Adapted Screenplay. Selain The Ides of March, Willimon juga menjadi penulis naskah bagi beberapa drama panggung, serial televisi, serta film layar lebar lainnya seperti House of Cards (2013) dan Mary Queen of Scots (2018) yang memang kental dengan nuansa politis. Kini, Willimon mencoba untuk merambah sebuah tema penceritaan baru dalam serial televisi yang berjudul The First.

Tayang perdana di Amerika Serikat pada tahun 2018, The First memiliki premis yang tentang persiapan sejumlah astronot yang telah terpilih untuk menjadi sekelompok manusia pertama yang akan berangkat dan menginjakkan kakinya di planet Mars. Berlatar belakang pengisahan di tahun 2033, perjalanan menuju Mars tersebut dipimpin oleh Laz Ingram (Natascha McElhone) yang merupakan pimpinan dari sebuah perusahaan penyedia peluncuran pesawat luar angkasa bernama Vista. Sementara itu, lima astronot yang terpilih untuk berangkat ke Mars adalah Tom Hagerty (Sean Penn), Kayla Price (LisaGay Hamilton), Sadie Hewitt (Hannah Ware), Aiko Hagari (Keiko Agena), dan Nick Fletcher (James Ransone). Seperti yang dapat diduga, terdapat begitu banyak intrik yang terjadi pada tiap karakter selama masa persiapan mereka sebelum akhirnya perjalanan menuju Mars terjadi.

Penn tampil gemilang dalam serial televisi ini. Merupakan penampilan akting pertama Penn setelah berperan dalam film The Gunman (Pierre Morel, 2015), Penn mampu menghadirkan sentuhan emosional yang mendalam pada banyak adegan – khususnya pada plot pengisahan yang berkaitan dengan hubungan antara karakter yang ia perankan dengan karakter anaknya. Fokus pengisahan dari The First sendiri tidak hanya terpaku pada sosok Tom Hagerty yang diperankan Penn namun juga pada para astronot lain, sosok keluarg ataupun orang terkasih mereka, serta tim yang berada di Bumi. Dengan dinamika karakter yang cukup luas ini, The First mampu menjadi sebuah studi karakter sekaligus drama humanis yang cukup kompleks namun begitu memikat. Setiap karakter ditampilkan secara humanis dengan sub-plot yang dikembangkan dengan perlahan sehingga tidak heran jika seluruh karakter hadir dengan cukup membumi.

Memang, The First dihadirkan dengan penataan kisah yang cukup perlahan. Membutuhkan waktu untuk benar-benar dapat menyelami konflik serta alur pengisahannya. Satu pilihan yang diambil agar konflik maupun karakter yang dihadirkan tidak berkesan satu dimensi atau stereotipikal belaka. Bukan berarti The First akan tampil membosankan. Serial televisi ini justru akan menyajikan sebuah perjalanan yang tidak hanya mendebarkan tapi juga begitu menyentuh. The First sepertinya ingin memantik minat dan imajinasi kita akan apa yang harus dijalani dan dikorbankan agar manusia bisa meraih apa yang mereka cita-citakan, meminggirkan kepentingan pribadi demi kemajuan umat itu sendiri.

Seluruh delapan episode dari The First tayang eksklusif secara streaming melalui Mola TV. Dengan biaya berlangganan sebesar Rp12500 per bulan, Anda akan mendapatkan akses yang mudah untuk menyaksikan Humans serta berbagai film serta serial televisi lain yang tayang secara khusus dan eksklusif di Mola TV. Lewat Mola TV, sekarang Anda juga dapat mengakses berbagai film dan serial televisi yang dihadirkan HBO GO dengan paket berlangganan seharga Rp65000 per bulan. Tidak lupa, berbagai tayangan olahraga juga masih dapat Anda akses dengan mudah melalui peramban atau aplikasi Mola TV yang kini telah dapat diunduh melalui App Store di perangkat Apple atau PlayStore di perangkat Android yang Anda miliki.

Leave a Reply