Review: Top Gun: Maverick (2022)


Tiga puluh enam tahun setelah perilisan Top Gun (Tony Scott, 1986), serta dua belas tahun semenjak Paramount Pictures mulai mengembangkan ide kelanjutan cerita bagi film dengan pendapatan komersial terbesar di sepanjang tahun 1986 tersebut, Tom Cruise kembali membintangi sekuel dari Top Gun yang berjudul Top Gun: Maverick. Diarahkan oleh Joseph Kosinski – yang sebelumnya mengarahkan Cruise untuk Oblivion (2013), film ini disajikan dengan garapan eksekusi yang terasa jauh lebih megah dari film pendahulunya. Bahkan, dengan naskah cerita yang ditulis oleh Christopher McQuarrie – yang kini sepertinya menjadi kolaborator andalan Cruise setelah berperan sebagai penulis naskah, sutradara, maupun produser untuk film-film seperti Edge of Tomorrow (Doug Liman, 2014), Jack Reacher: Never Go Back (Edward Zwick, 2016), The Mummy (Alex Kurtzman, 2017), serta dua seri Mission: Impossible arahan McQuarrie, Mission: Impossible – Rogue Nation (2015) dan Mission: Impossible: Fallout (2018) – bersama dengan Ehren Kruger (Ghost in the Shell, 2017) dan Eric Warren Singer (Only the Brave, 2017), Top Gun: Maverick berhasil hadir dalam tatanan kualitas kisah yang semakin kokoh.

Mengikuti waktu perilisan filmnya, linimasa penceritaan Top Gun: Maverick juga ditempatkan pada masa tiga dekade setelah berbagai konflik yang dikisahkan dalam Top Gun. Captain Pete “Maverick” Mitchell (Cruise) ditugaskan oleh atasannya, Vice Admiral Beau “Cyclone” Simpson (Jon Hamm), untuk melatih sekelompok pilot pesawat tempur muda yang merupakan lulusan terbaik dari TOPGUN – sebutan untuk program pelatihan pilot pesawat tempur oleh Angkatan Laut Amerika Serikat – dan mempersiapkan mereka untuk dilibatkan dalam sebuah misi khusus yang dinilai Captain Pete “Maverick” Mitchell sangat berbahaya bagi pilot-pilot yang masih minim akan pengalaman. Diantara barisan pilot muda yang dilatihnya, terselip nama Lieutenant Bradley “Rooster” Bradshaw (Miles Teller) yang juga merupakan putra dari sahabat Captain Pete “Maverick” Mitchell, LTJG Nick “Goose” Bradshaw (Anthony Edwards), yang masih merasa bahwa Captain Pete “Maverick” Mitchell bertanggungjawab atas kematian sang ayah.

Dengan jarak selama 36 tahun yang terbentang antara film ini dengan film pendahulunya, naskah cerita Top Gun: Maverick sepertinya dibangun berdasarkan esensi atas karakterisasi maupun konflik pengisahan yang dahulu menghidupkan Top Gun. Mulai dari  karakter Captain Pete “Maverick” Mitchell masih digambarkan sebagai sosok yang selalu berani menentang tiap keputusan atasannya namun selalu bertindak demi keselamatan para anggota timnya, persaingan antara karakter Captain Pete “Maverick” Mitchell dengan Lieutenant Tom “Iceman” Kazansky (Val Kilmer) yang dahulu mengisi linimasa Top Gun kini direplikasi oleh persaingan antara karakter Lieutenant Bradley “Rooster” Bradshaw dengan Lieutenant Jake “Hangman” Seresin (Glen Powell), hingga adegan pertandingan olahraga boli voli yang dahulu begitu popular (dan banyak menjadi guyonan) berkat kesan homoerotis yang kental kemudian digantikan dengan adegan pertandingan sepakbola untuk film ini. Kesan familiar yang jelas akan mampu dengan segera membangun nuansa nostalgia bagi para penikmat Top Gun namun tetap akan dapat memikat para penonton yang datang dari generasi terbaru.

Terlepas dari sejumlah sentuhan familiar, naskah cerita Top Gun: Maverick tetap mampu memberikan penokohan yang mumpuni bagi karakter-karakter yang muncul dalam linimasa ceritanya, khususnya, tentu saja, pada karakter Captain Pete “Maverick” Mitchell. Kenekatan dan keberanian dalam bersikap memang terus menempel pada sosoknya namun naskah cerita film ini juga menghadirkan sejumlah dimensi sikap bagi karakter yang diperankan oleh Cruise tersebut yang kemudian mampu menghadirkan momen-momen emosional bagi alur pengisahan film. Karakter-karakter lain yang berada di sekitarnya juga diberikan ruang pengisahan yang mumpuni. Konflik antara karakter Captain Pete “Maverick” Mitchell dengan Lieutenant Bradley “Rooster” Bradshaw terkait kematian karakter LTJG Nick “Goose” Bradshaw tergarap apik. Bersama dengan jalinan kisah romansa yang terbentuk antara karakter Captain Pete “Maverick” Mitchell dengan karakter Penelope Benjamin (Jennifer Connelly) serta bangunan cerita akan kerjasama dan rasa persaudaraan yang kemudian terbentuk antara para karakter, barisan konflik film ini berhasil memberikan jiwa bagi penuturan drama Top Gun: Maverick.

Top Gun: Maverick, tentu saja, bukan bertutur tentang karakter-karakter manusianya. Olahan aksi yang berasal dari plot pengisahan tentang sebuah misi militer memberikan kesempatan bagi Kosinski untuk memamerkan kehandalannya dalam mengolah maupun mengeksekusi deretan adegan aksi mengagumkan yang jelas menjadi salah satu presentasi unggulan dalam seri film Top Gun. Lupakan saja tentang plot misi militer yang seringkali terasa tenggelam dalam istilah-istilah penerbangan yang membingungkan dan tampil hambar berkat pengembangannya yang cenderung dangkal. Plot tersebut setidaknya menjadi perantara bagi kehadiran banyak adegan aksi yang akan berhasil menerbangkan setiap penonton dalam kesan ketegangan yang kuat. Dieksekusi Kosinski dengan berkelas dalam balutan tata audio dan visual yang sangat berkelas pula.

Cruise adalah salah satu bintang andalan Hollywood yang sepertinya selalu tahu elemen-elemen terbaik dalam kemampuan beraktingnya. Dalam Top Gun: Maverick, Cruise sekali lagi menunjukkan kelihaiannya tersebut, menjadikan sosok tangguh dari karakternya begitu mudah untuk mencuri simpati bahkan dapat menghidupkan banyak komponen drama dari alur pengisahan film ini. Penampilan Connelly, Teller, Powell, Hamm, hingga Ed Harris memang memberikan dukungan solid bagi kualitas penampilan departemen akting film namun penampilan serta kharisma Cruise jelas berada di kelas yang menyita perhatian secara utuh. Top Gun: Maverick juga memberikan ruang kecil dalam penceritaannya bagi karakter Admiral Tom “Iceman” Kazansky yang diperankan Kilmer. Minimalis, sederhana, namun dibentuk dengan sentuhan sensitivitas cerita yang begitu emosional.

popcornpopcornpopcornpopcorn-halfpopcorn2

top-gun-maverick-tom-cruise-miles-teller-movie-posterTop Gun: Maverick (2022)

Directed by Joseph Kosinski Written by Ehren Kruger, Eric Warren Singer, Christopher McQuarrie (screenplay), Peter Craig, Justin Marks (story), Jim Cash, Jack Epps Jr. (characters) Produced by Jerry Bruckheimer, Tom Cruise, Christopher McQuarrie, David Ellison Starring Tom Cruise, Miles Teller, Jennifer Connelly, Jon Hamm, Glen Powell, Lewis Pullman, Ed Harris, Val Kilmer, Monica Barbaro, Charles Parnell, Jay Ellis, Danny Ramirez, Greg Tarzan Davis, Manny Jacinto, Jack Schumacher, Bashir Salahuddin, Jake Picking, Raymond Lee, Kara Wang, Lyliana Wray, Jean Louisa Kelly, Chelsea Harris, Bob Stephenson, Anthony Edwards, Meg Ryan, Kelly McGillis Cinematography Claudio Miranda Edited by Eddie Hamilton Music by Harold Faltermeyer, Lady Gaga, Hans Zimmer, Lorne Balfe Production companies Skydance Media/Don Simpson/Jerry Bruckheimer Films Running time 131 minutes Country United States Language English

Leave a Reply