Review: The Hustle (2019)


Di tahun 1988, Steve Martin dan Michael Caine membintangi komedi Dirty Rotten Scoundrels arahan Frank Oz yang merupakan versi buat ulang dari Bedtime Story (Ralph Levy, 1964) dan berkisah mengenai dua orang penipu yang saling bersaing untuk merebut perhatian seorang wanita kaya untuk mendapatkan hartanya. Di tahun 2019, Bedtime Story dan Dirty Rotten Scoundrels dijadikan basis bagi jalan pengisahan The Hustle yang masih menawarkan premis serupa namun kini menempatkan dua sosok karakter perempuan sebagai karakter sentral cerita. Merupakan film yang menjadi debut pengarahan film layar lebar bagi sutradara Chris Addison, The Hustle bercerita tentang dua orang wanita, Josephine Chesterfield (Anne Hathaway) dan Penny Rust (Rebel Wilson), yang sama-sama memiliki kegemaran untuk menipu para pria hidung belang guna mendapatkan uang mereka. Persaingan keduanya memuncak ketika Josephine Chesterfield dan Penny Rust sama-sama mengincar seorang milyuner internet, Thomas Westerburg (Alex Sharp), yang membuat keduanya mengeluarkan strategi terbaik mereka untuk dapat mengalahkan pesaing mereka.

The Hustle jelas memiliki potensi yang besar untuk menjadi sebuah komedi yang dapat bekerja dan menghibur secara maksimal. Well… setidaknya bayangan akan penampilan komikal dari kolaborasi Hathaway – yang beberapa waktu lalu tampil mencuri perhatian dalam Ocean’s 8 (Gary Ross, 2018) – serta Wilson – dengan segala tingkah polah komedi yang telah terbiasa ditampilkannya – cukup mampu menghadirkan ekspektasi sendiri bagi kualitas presentasi film ini. Sial, naskah cerita garapan Jac Schaeffer dan pengarahan yang diberikan oleh Addison sama sekali tidak memiliki kekuatan untuk menghasilkan banyak momen menyenangkan bagi The Hustle. Tidak ada satupun karakter yang mampu dihadirkan dengan penataan kisah yang menarik – termasuk dua karakter utama yang diperankan Hathaway dan Wilson. Begitu pula dengan pengembangan cerita film dari Schaeffer yang terasa kebingungan untuk menghasilkan konflik yang segar ataupun dapat memikat perhatian penonton secara utuh. Hampa.

Sebenarnya, The Hustle memulai linimasa pengisahannya dengan cukup menjanjikan. Momen ketika film ini memperkenalkan karakter Josephine Chesterfield dan Penny Rust berhasil disajikan menarik berkat deretan guyonan yang mampu dieksekusi dengan baik oleh Hathaway dan Wilson. Kesuksesan pengisahan film bahkan mampu berlanjut ketika kedua karakter utama akhirnya dipertemukan dan sejenak mulai membangun hubungan mereka. Problema dalam bercerita kemudian muncul ketika konflik utama film – dimana karakter Josephine Chesterfield dan Penny Rust memperebutkan perhatian dari karakter Thomas Westerburg – hadir dan seakan menghentikan perkembangan dari berbagai kisah dan karakter lain yang berada di linimasa cerita film. The Hustle lantas berjalan di tempat dan kehilangan banyak kesempatan untuk menampilkan komedi yang menghibur.

Hathaway dan Wilson sendiri telah berusaha semampu mereka untuk menghidupkan dua karakter perempuan penipu yang mereka perankan. Hathaway bahkan sempat memamerkan kemampuannya dalam menggunakan beberapa aksen bahasa yang berbeda dalam sejumlah adegan film. Tetap saja, momen-momen menghibur tersebut tidak mampu menjadikan kualitas cerita The Hustle tampil dalam kualitas yang solid. Dan eksekusi yang dilakukan Addison terhadap kejutan cerita yang diletakkan di akhir paruh ketiga film bahkan terasa mengganggu daripada menghasilkan efek pengisahan yang memuaskan. Pretty bad. [D]

The-Hustle-anne-hathaway-rebel-wilson-movie-posterThe Hustle (2019)

Directed by Chris Addison Produced by Roger Birnbaum, Rebel Wilson Written by Stanley Shapiro, Paul Henning, Dale Launer, Jac Schaeffer (screenplay), Stanley Shapiro, Paul Henning, Dale Launer Starring Anne Hathaway, Rebel Wilson, Alex Sharp, Ingrid Oliver, Emma Davies, Dean Norris, Timothy Simons, Rob Delaney, Tim Blake Nelson Music by Anne Dudley Cinematography Michael Coulter Edited by Anthony Boys Production company Pin High Productions/Cave 76 Productions/Camp Sugar Productions/Metro-Goldwyn-Mayer Running time 94 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s