Review: On the Basis of Sex (2018)


Merupakan film pertama yang diarahkan oleh Mimi Leder setelah mengarahkan Thick as Thieves di tahun 2009 lalu, On the Basis of Sex mencoba berkisah tentang sekelumit kehidupan dari aktivis kesetaraan gender dan hak kaum perempuan yang juga kini duduk menjabat sebagai salah satu Hakim Agung Amerika Serikat, Ruth Bader Ginsburg. Dengan naskah cerita yang ditulis oleh Daniel Stiepleman, On the Basis of Sex memulai alur kisahnya di tahun 1956 ketika Ruth Bader Ginsberg (Felicity Jones) mengikuti jejak suaminya, Martin Ginsburg (Armie Hammer), untuk menjadi seorang mahasiswa jurusan hukum di Harvard University. Di era tersebut, posisi kaum perempuan di kehidupan bermasyarakat masih di pandang sebelah mata dan seringkali dinomorduakan di banyak aktivitas hukum, sosial, maupun budaya. Berbekal kecerdasan dan kesungguhan hatinya dalam menuntut ilmu hukum – serta dukungan suaminya yang juga memiliki pandangan kehidupan yang sama dengan sang istri, Ruth Bader Ginsburg mulai memberikan perhatian khusus terhadap jajaran hukum dan aturan di negara Amerika Serikat yang selama ini dianggap berlaku tidak adil akibat dibangun atas perbedaan jenis kelamin sekaligus berusaha untuk mengubah berbagai aturan tersebut.

Bahkan dengan durasi yang mencapai 120 menit, On the Basis of Sex masih terasa gagap dalam merangkum berbagai konflik maupun raihan prestasi yang terjadi dalam kehidupan sosok se-raksasa Ginsburg. Bukan hal yang cukup mengejutkan – khususnya ketika penonton telah banyak membaca berbagai literatur tentang aktivitas Ginsberg atau mungkin telah menonton film dokumenter yang berkisah mengenai kehidupan Ginsberg secara lebih lugas, RBG (Betsy West, Julie Cohen, 2018). On the Basis of Sex mungkin dapat dipandang sebagai sebuah dramatisasi atas berbagai kejadian penting dan menarik – khususnya dari awal karir – dalam kehidupan Ginsburg. Karenanya, tidak mengherankan bila banyak bagian alur pengisahan film ini kemudian terasa begitu familiar dengan berbagai film bertema sama, baik berupa biopik maupun berupa film yang berkisah tentang dunia hukum – yang memang banyak dihasilkan Hollywood.

Kepemimpinan Leder di kursi penyutradaraan sendiri cukup berhasil memberikan ritme drama yang kuat serta menarik bagi On the Basis of Sex. Secara perlahan, Leder membiarkan karakter Ruth Bader Ginsburg, Martin Ginsburg, serta karakter-karakter lain yang mengisi kehidupan personal maupun profesional mereka untuk tampil berkisah. Penyampaian elemen-elemen hukum dalam narasi cerita juga dilangsungkan secara sederhana dan jauh dari kesan menggebu-gebu guna memberikan ruang yang luas bagi penonton awam untuk menikmati jalan cerita film. Leder, sayangnya, kemudian terasa tertatih dalam menyeimbangkan elemen kisah kehidupan dari karakter Ruth Bader Ginsburg dengan kehidupannya sebagai seorang aktivis dan pejuang hukum. Tidak membuat film ini lantas menjadi buruk namun cukup memberikan pengaruh pada keseimbangan arus pengisahan. Momen terbaik film ini mungkin dapat dirasakan dari adegan di ruang pengadilan yang berada di paruh akhir cerita. Leder mampu mengeksekusi atmosfer serta nuansa ketegangan cerita dan menghadirkan sebuah sentuhan emosional yang kuat pada penampilan karakter Ruth Bader Ginsburg.

Terlepas dari berbagai permasalahan yang dapat dirasakan dari perjalanan narasi film ini, penampilan para pengisi departemen akting On the Basis of Sex sama sekali tidak pernah terasa mengecewakan. Jones tampil sempurna sebagai sosok Ruth Bader Ginsburg yang memiliki determinasi tinggi dalam setiap mimpi yang ingin diwujudkannya sekaligus sosok yang penuh kasih ketika berhubungan dengan orang-orang yang begitu berarti dalam kehidupannya. Hammer juga menghadirkan penampilan yang mampu mengimbangi penampilan Jones. Karakter Martin Ginsburg memang bukanlah sosok karakter yang banyak menghadirkan guratan emosi dalam kesehariannya. Meskipun begitu, Hammer tetap mampu menjadikan karakter tersebut sebagai sosok suami maupun pendamping yang begitu memikat pada setiap kehadirannya. Departemen akting film ini juga diperkuat dengan penampilan solid dari Justin Theroux, Sam Waterston, Jack Reynor, dan Kathy Bates. [C]

on-the-basis-of-sex-felicity-jones-movie-posterOn the Basis of Sex (2018)

Directed by Mimi Leder Produced by Robert W. Cort Written by Daniel Stiepleman Starring Felicity Jones, Armie Hammer, Justin Theroux, Kathy Bates, Sam Waterston, Cailee Spaeny, Callum Shoniker, Jack Reynor, Stephen Root, Ronald Guttman, Chris Mulkey, Gary Werntz, Francis X. McCarthy, Ben Carlson, Ruth Bader Ginsburg Music by Mychael Danna Cinematography Michael Grady Edited by Michelle Tesoro Production companies Focus Features/Participant Media/Robert Cort Productions/Alibaba Pictures Running time 120 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s