Review: Friend Zone (2019)


Seperti yang dapat ditangkap dengan mudah dari judulnya, Friend Zone berkisah mengenai hubungan persahabatan yang terjalin antara Gink (Pimchanok Luevisadpaibul) dan Palm (Naphat Siangsomboon). Palm sebenarnya telah menyimpan perasaan cinta terhadap sahabatnya tersebut semenjak di bangku kuliah. Namun perasaan tersebut ternyata hanya bertepuk sebelah tangan karena Gink hanya tertarik untuk menjadikan Palm sebagai teman dekat dimana ia dapat berkeluh kesah mengenai permasalahan hidup, termasuk permasalahan asmara yang selalu ia dapati ketika sedang menjalin hubungan asmara dengan pria lain. Ketika hubungan asmara yang dijalin Gink dengan kekasih terakhirnya, Ted (Jason Young), juga terjerembab dalam masalah dan kemudian berakhir, Palm mulai menyatakan perasaannya yang sesungguhnya pada Gink dan meminta gadis tersebut untuk melihatnya tidak lagi hanya sebagai seorang sahabat. Sebuah permintaan yang, sialnya, justru ditolak oleh Gink karena ia menilai hubungan asmara dirinya dengan Palm hanya akan merusak persahabatan erat yang telah terjalin antara keduanya selama ini.

 

Mereka yang telah familiar dengan formula pengisahan yang kerap disajikan oleh film-film yang diproduksi oleh GDH 559 seperti One Day (Banjong Pisanthanakun, 2016) atau Brother of the Year (Vithaya Thongyuyong, 2018) jelas dapat dengan mudah untuk memahami perjalanan kisah yang disajikan oleh Friend Zone. Naskah cerita film yang ditulis oleh sutradara film ini, Chayanop Boonprakob (SuckSeed, 2011), bersama dengan Pattaranad Bhiboonsawade dan Thodsapon Thiptinnakorn (May Who?, 2015) memang menawarkan sebuah pengembangan kisah dari premis yang tergolong begitu sederhana. Naik turunnya perjalanan hubungan antara karakter Palm dengan karakter Gink dalam usahanya untuk menyampaikan dan menunjukkan perasaan cintanya pada sahabatnya sendiri tersebut bahkan cenderung sering terasa repetitif ketika film ini terasa memaksakan diri untuk tampil bercerita hingga 118 menit. Namun, tentu saja, juga seperti film-film buatan GDH 559 lainnya, Friend Zone menawarkan banyak daya tarik yang akan membuat setiap penontonnya jatuh hati dengan mudah.

Jalinan kisah yang dibentuk Boonprakob, Bhiboonsawade dan Thiptinnakorn menghadirkan observasi hubungan persahabatan dan asmara yang cukup hangat antara kedua karakternya. Kedua karakter diberikan ruang yang sama kuat untuk menjadikan mereka tampil sebagai dua sosok karakter yang mudah untuk disukai sekaligus dimengerti. Karakter-karakter pendukung yang tampil di linimasa pengisahan film juga berhasil menambah warna yang menarik – meskipun kebanyakan diantara karakter tersebut tidak mendapatkan porsi cerita yang memadai. Elemen komedi yang senantiasa hadir dalam barisan dialog dan beberapa konflik juga mampu dieksekusi dengan mulus – segar, menghibur, dan sama sekali tidak pernah terasa dipaksakan kehadirannya. Pengarahan Boonprakob juga berlangsung dengan baik. Meskipun hadir dengan balutan konflik yang cenderung sederhana, Boonprakob mampu mengelola ritme pengisahan film dengan nada yang tertata dengan apik sehingga jauh dari kesan datar dan membosankan.

Friend Zone juga jelas tidak akan mampu mengalun dengan lancar tanpa kehadiran penampilan apik dari kedua pemeran utamanya, Luevisadpaibul dan Siangsomboon. Sebagai pasangan sahabat, keduanya sukses menampilkan chemistry yang begitu meyakinkan. Momen-momen terbaik dalam film ini hadir ketika kedua karakter yang diperankan Luevisadpaibul dan Siangsomboon saling bercengkrama satu sama lain. Para pengisi departemen akting lain juga tampil tidak mengecewakan dengan Nutthasit Kotimanuswanich, Sukhapat Lohwacharin, dan Benjamin Joseph Varney tampil mencuri perhatian dengan momen-momen komikal mereka ketika berperan sebagai tiga orang pria yang juga bernasib sama dengan karakter Palm yang juga hanya dianggap sebagai sahabat oleh sosok yang sebenarnya mereka sukai. Sebuah presentasi komedi romansa yang cukup menyenangkan. [B-]

friend-zone-thai-movie-posterFriend Zone (2019)

Directed by Chayanop Boonprakob Produced by Jira Maligool, Vanridee Pongsittisak Written by Pattaranad Bhiboonsawade, Chayanop Boonprakob, Thodsapon Thiptinnakorn Starring Pimchanok Luevisadpaibul, Naphat Siangsomboon, Jason Young, Nutthasit Kotimanuswanich, Sukhapat Lohwacharin, Benjamin Joseph Varney, Chertsak Pratumsrisakhon, Boom Suvagondha, Namfon Indee, Claudia Barretto, Chi Pu, Joyce Chu, Laura Mam, Audrey Tapiheru, Cantika Abigail, Phyu Phyu Kyaw Thein Music by Vichaya Vatanasapt Cinematography Kittiwat Saemarat Edited by Panayu Kunvanlee Production companies Jorkwang Films/GDH 559 Running time 118 minutes Country Thailand Language Thai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s