Review: An Education (2009)


An Education adalah sebuah film drama yang diadaptasi dari sebuah autobiografi dari seorang jurnalis Inggris, Lynn Barber. Naskah film ini sendiri diadaptasi oleh Nick Hornby, novelis asal Inggris yang mungkin sangat dikenal atas novelnya High Fidelity dan About A Boy, yang keduanya telah diadaptasi ke layar lebar, dan keduanya juga berhasil meraih banyak pujian, baik ketika berbentuk novel maupun setelah diadaptasi menjadi sebuah film.

An Education juga menjadi debut penyutradaraan film berbahasa Inggris pertama bagi Lone Scherfig, sutradara wanita asal Denmark, yang sebelumnya lebih banyak merilis film dalam bahasa negaranya sendiri.

Bersetting di tahun 1961, An Education berkisah mengenai Jenny Miller (Mulligan), seorang gadis muda cerdas berusia 16 tahun. Jenny adalah sebuah contoh gadis yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk belajar dan meraih mimpinya: masuk ke fakultas Sastra Inggris di Universitas Oxford. Semua berjalan lancar, hingga Jenny mengenal David Goldman (Sarsgaard), seorang pria tampan penuh pesona, yang memperkenalkan Jenny dengan sebuah ‘pendidikan di luar sekolah.’

AN EDUCATION OF LOVE. Menjadi muda dan sedang jatuh cinta. Bukankah itu segalanya yang sangat utama di dunia ini?

Jenny, yang selama ini memang merasa bahwa kehidupannya lebih banyak dihabiskan untuk mewujudkan sebuah mimpi, yang ia rasakan sebenarnya adalah mimpi orangtuanya, akhirnya semakin larut dengan dunia yang dibawakan David dan kedua temannya, Danny (Cooper) dan Helen (Pike), untuknya. Dunia gemerlap penuh cinta dan kebebasan yang sama sekali belum pernah ia rasakan.

Sebenarnya, melihat jalan cerita yang ada, bisa saja Lone Scherfig dan Nick Hornby mengubah An Education menjadi sebuah drama gelap yang penuh duka dan tangisan. Namun, baik Hornby dan Scherfig terlalu pintar untuk melakukan hal tersebut. Mereka malah memilih untuk memasukkan unsur ringan dan kebahagiaan dalam sebuah jalan cerita yang sebenarnya dapat dikatakan sebagai sebuah tragedi. Sebuah cara yang mungkin akan mengingatkan Anda pada berbagai kisah cinta yang ditulis oleh Jane Austen.

Sekarang, untuk membuat semua ide brilian itu tercapai, diperlukan jajaran pemeran berkualitas yang mempu menghidupkan dan mengeluarkan semua sikap yang ada dari para karakter yang mereka perankan. Dan hasilnya, Scherfig mengisi jajaran perannya dengan jajaran aktor dan aktris watak Inggris (kecuali Sarsgaard – dia warga Amerika Serikat) papan atas. Dan lihat saja bagaimana peran David yang mempesona mampu dihidupkan oleh Peter Sarsgaard, peran Jack Miller, ayah Jenny, mampu dihidupkan secara konyol oleh aktor Alfred Molina, pasangan eksentrik Danny, dan Helen, yang dihidupkan Dominic Cooper dan Rosamund Pike, serta karakter dua orang guru Jenny, Miss Walters dan Miss Stubbs, oleh Emma Thompson dan Olivia Williams.

Namun, keberhasilan terbesar Scherfig adalah memilih aktris muda Carey Mulligan untuk memerankan Jenny yang manis namun pemberontak tersebut. Mulligan, yang mungkin Anda kenal lewat perannya sebagai salah satu saudari Keira Knightley dalam Pride & Prejudice (yang juga menampilkan Rosamund Pike), secara berhasil menghidupkan tokoh Jenny. Chemistry yang ia hasilkan dengan aktor Peter Sarsgaard juga sangat mengena. Sejujurnya penonton akan merasa sangat kesal melihat Jenny begitu bodohnya untuk masuk ke perangkap David. Namun di saat yang sama, penonton akan merasa bahwa hubungan Jenny dan David adalah sangat romantis, dan di saat yang sama akan jatuh cinta juga dengan pesona yang diberikan David.

Tentu saja, akan terasa sedikit kejanggalan di beberapa adegan akhir ketika Hornby sepertinya terlalu terburu-buru untuk memberikan jalan penyelesaian bagi masalah yang dihadapi Jenny dan keluarganya. Menurut saya, mungkin akan semakin baik jika Scherfig memanfaatkan dan lebih mendalami momen kerapuhan yang dialami Jenny, baru kemudian memberikan Jenny jalan penyelesaiannya.

Seperti layaknya sebuah film period Inggris lainnya, pujian terhadap An Education tentu tidak akan lengkap tanpa memuji berbagai keunggulan teknis yang juga dimiliki film ini, khususnya di departemen sinematografi film dan music score yang diberikan di dalam film ini. Sempurna!

Secara keseluruhan, walaupun belum dapat dikatakan sebagai sebuah karya yang sempurna, melalui teknik humor yang dibawakan oleh sutradara Lone Scherfig dan penulis naskah Nick Hornby, An Education berhasil menjadi sebuah film drama yang sangat berisi namun tetap mampu menghibur para penontonnya. Dan, menurut saya, bagian terpenting dari film ini adalah film ini mampu membawa pesan yang dibawa oleh judulnya, dan menjadi sebuah pembelajaran tersendiri bagi para penontonnya, khususnya bagi mereka gadis remaja yang sedang jatuh cinta dan merasa dapat memberikan seluruh dunianya pada sang kekasih hati. They definetely should watch An Education, and, hopefully, get educated as well.

Rating: 4.5 / 5

An Education (Koch Entertainment, 2009)

An Education (2009)

Directed by Lone Scherfig Produced by Finola Dwyer, Amanda Posey, Douglas Hansen, Wendy Japhet, Jamie Laurenson, Caroline Levy, James D. Stern, David M. Thompson, Written by Nick Hornby, Lynn Barber (Memoir) Starring Carey Mulligan, Peter Sarsgaard, Emma Thompson, Dominic Cooper, Olivia Williams, Alfred Molina, Rosamund Pike Music by Paul Englishby Cinematography John de Borman Editing by BarneyPilling Distributed by Koch Entertainment Running time 95 minutes Country United Kingdom Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s