Review: The Unholy (2021)

Setelah membantu menuliskan naskah maupun cerita untuk film-film blockbuster seperti The Huntsman: Winter’s War (Cedric Nicolas-Troyan, 2016), Beauty and the Beast (Bill Condon, 2017), dan Charlie’s Angels (Elizabeth Banks, 2019), penulis naskah Evan Spiliotopoulos melakukan debut pengarahannya lewat film horor The Unholy. Alur ceritanya sendiri dimulai ketika seorang gadis remaja penderita tuli bisu bernama Alice (Cricket Brown) secara tiba-tiba mendapatkan kemampuan mendengar serta berbicara setelah mendapatkan “kunjungan” dari Bunda Maria. Jelas saja, kejadian tersebut segera menghebohkan dunia dan membuat gereja tempat dirinya dirawat oleh Father Hagan (William Sadler) selama ini dianggap menjadi sebuah tempat suci. Keajaiban yang dialami oleh Alice bahkan menarik perhatian seorang mantan jurnalis bernama Gerry Fenn (Jeffrey Dean Morgan) yang biasanya skeptis terhadap ajaran agama untuk meliputnya. Alice bahkan dengan segera menjalin hubungan baik dengan Gerry Fenn dan menjadikannya sebagai sarana untuk menyebarluaskan “pesan-pesan” yang disampaikan oleh Bunda Maria kepada dirinya. Namun, setelah sejumlah keanehan yang terjadi, Gerry Fenn mulai merasa ada yang salah terhadap “ajaran” Bunda Maria yang disampaikan oleh Alice.

Diadaptasi oleh Spiliotopoulos dari novel berjudul Shrine yang ditulis oleh James Herbert, The Unholy mampu menawarkan sejumlah pengisahan yang menarik akan horor yang membawakan tema cerita tentang keagamaan. Memang, dalam debut pengarahannya, Spiliotopoulos tidak menghadirkan penuturan horor yang benar-benar baru maupun terasa istimewa. Meskipun begitu, sukar untuk membantah bahwa Spiliotopoulos memiliki kemampuan yang cukup handal dalam membangun maupun mengemas tata pengisahan horornya. Para penikmat horor jelas akan merasa familiar dengan misteri yang coba dijabarkan Spiliotopoulos lewat The Unholy – khususnya berkat adegan pembuka film yang terkesan membuka lebar lapisan kisah yang sebenarnya cukup krusial bagi bangunan misteri cerita film. Garapan Spiliotopoulos dalam mengeksekusi atmosfer serta tampilan audio maupun visual film yang lantas menjadikan perjalanan pengisahan The Unholy menjadi jauh dari kesan menjemukan.

Hal inilah yang kemudian membuat paruh akhir pengisahan The Unholy menjadi cukup mengecewakan. Setelah melalui pengisahan yang tertata cukup rapi, Spiliotopoulos gagal untuk menemukan ide penuturan yang lebih efektif untuk dijadikan konklusi bagi filmnya. Eksekusi paruh ketiga pengisahan The Unholy terkesan begitu terburu-buru dalam menyelesaikan berbagai misteri maupun konflik yang telah dibangun. Sejumlah karakter juga gagal diberikan penggalian kisah yang lugas. Karakter-karakter seperti Bishop Gayles (Cary Elwes), Monsignor Delgarde (Diogo Morgado), serta Natalie Gates (Katie Aselton) nyaris hanya digunakan sebagai perangkat konflik semata tanpa fungsi cerita yang benar-benar kuat. Hasilnya, tidak hanya membuat kualitas pengisahan film menjadi terpuruk, The Unholy lantas kehilangan seluruh kemampuannya untuk dapat meninggalkan kesan yang lebih mendalam. Cukup mengecewakan, terlebih karena film ini mendapatkan dukungan penampilan akting yang solid dari barisan pemerannya.

Walaupun tampil hambar dalam menggambarkan maupun mengembangkan sejumlah karakternya, penampilan dari jajaran pengisi departemen akting cukup berhasil menghidupkan karakter-karakter yang hadir dalam linimasa pengisahan The Unholy. Merupakan penampilan dalam skala besar perdananya, Brown mampu mencuri perhatian lewat kemampuannya dalam menjadikan karakter Alice sebagai sosok karakter perempuan yang rapuh sekaligus menakutkan. Brown bahkan berhasil memberikan penampilan yang cukup sejajar dengan penampilan prima yang diberikan Morgan, Sadler, atau Elwes yang jelas telah memiliki pengalaman maupun kapabilitas akting yang jauh lebih senior dari dirinya. Secara keseluruhan, The Unholy berakhir sebagai sajian yang masih layak untuk dinikmati namun gagal untuk memanfaatkan berbagai potensinya untuk menjadi sebuah sajian horor yang lebih apik. Forgettable.

 

The Unholy (2021)

Directed by Evan Spiliotopoulos Produced by Sam Raimi, Robert Tapert, Evan Spiliotopoulos Written by Evan Spiliotopoulos (screenplay), James Herbert (novel, Shrine) Starring Jeffrey Dean Morgan, Katie Aselton, William Sadler, Diogo Morgado, Cricket Brown, Cary Elwes, Marina Mazepa, Christine Adams, Danny Corbo, Sonny Corbo, Madison LaPlante Music by Joseph Bishara Cinematography Craig Wrobleski Edited by Jake York Production companies Screen Gems/Ghost House Pictures Running time 99 minutes Country United States Language English

Leave a Reply