Review: Barb & Star Go to Vista Del Mar (2021)

They’re back! Setelah meraih sukses lewat Bridesmaids (Paul Feig, 2011) – yang tidak hanya meraih kesuksesan komersial dalam skala besar selama masa perilisannya namun juga berhasil membuahkan nominasi Best Original Screenplay dari ajang The 84th Annual Academy Awards serta kini dianggap sebagai salah satu komedi terbaik sepanjang masa – duo aktris sekaligus penulis naskah, Kristen Wiig dan Annie Mumolo, kembali bekerjasama untuk Barb & Star Go to Vista Del Mar. Jangan terburu-buru mengharapkan film ini untuk mengikuti formula emas yang telah berhasil diterapkan oleh Bridesmaids. Jika Bridesmaids adalah sebuah drama tentang persahabatan antara dua wanita yang disajikan dengan balutan komedi, maka Barb & Star Go to Vista Del Mar menghadirkan elemen komedi akan kisah tentang persahabatan antara dua wanita secara utuh dengan sejumlah sentuhan drama romansa (dan musikal) di sejumlah bagian ceritanya. Komikal, dan sering terasa seperti sebuah sketsa komedi berdurasi panjang, namun Barb & Star Go to Vista Del Mar jelas mampu menjadi sebuah presentasi yang menghibur.

Menjadi debut pengarahan film cerita panjang bagi sutradara Josh Greenbaum, Barb & Star Go to Vista Del Mar bercerita tentang dua wanita paruh baya, Barb (Mumolo) dan Star (Wiig), yang saling bersahabat namun baru saja diberhentikan dari tempat mereka bekerja. Tidak ingin terlalu lama berlarut dalam rasa kesedihan, keduanya kemudian memilih untuk berliburan ke sebuah lokasi wisata pantai bernama Vista Del Mar yang berada di wilayah Florida. Tak disangka, kunjungan liburan tersebut mempertemukan keduanya dengan seorang pria tampan bernama Edgar Paget (Jamie Dornan) yang dengan segera mencuri hati keduanya. Sama-sama menyukai Edgar Paget, Barb dan Star yang tidak ingin tali persahabatan mereka rusak lantas memilih untuk menyimpan rasa tersebut dari satu dengan yang lain. Di saat yang bersamaan, Edgar Paget ternyata memiliki sebuah misi rahasia yang sedang ia jalankan. Sebuah misi yang tidak hanya membahayakan Barb dan Star, namun juga membahayakan banyak orang yang sedang berada di sekitar wilayah Vista Del Mar.

Bukan sebuah kejutan untuk melihat Mumolo dan Wiig – yang dalam film ini berperan sebagai dua karakter sekaligus – mampu hadir dengan berbagai tingkah konyol mereka. Sebagai karakter Barb dan Star, keduanya tampil dengan chemistry yang begitu hangat sekaligus meyakinkan. Penampilan Wiig sebagai seorang karakter antagonis bernama Sharon Gordon Fisherman juga tidak mengecewakan. Menggelikan dengan karakterisasi yang berkesan sebagai parodi dari karakter-karakter antagonis kejam yang banyak ditemukan dalam film-film Hollywood namun diolah dengan penggalian kisah dan penampilan Wiig yang cukup mengesankan. Dornan juga memberikan penampilan yang mampu mengimbangi penampilan dua aktris utama film ini. Bahkan, pada banyak kesempatan, Dornan mampu mencuri perhatian dengan kehandalannya dalam menonjolkan kemampuan komedi (dan bernyanyi dalam sejumlah adegan musikal) yang membuat keberadaannya terasa menjadi begitu menyegarkan bagi alur pengisahan Barb & Star Go to Vista Del Mar. Jelas merupakan salah satu penampilan akting terbaik Dornan.

Selain Wiig dan Mumolo, Wendi McLendon-Covey dan Michael Hitchcock yang sebelumnya mengisi departemen akting Bridesmaids juga kembali turut berakting dalam film ini – meskipun dalam peran yang tidak begitu krusial. Memang, alur pengisahan Barb & Star Go to Vista Del Mar hadir dengan fokus yang utuh pada perkembangan alur cerita dari karakter-karakter yang diperankan oleh Wiig, Mumolo, dan Dornan. Meskipun begitu, sejumlah penampilan pendukung dari Damon Wayans Jr., Vanessa Bayer, Phyllis Smith, dan Reyn Doi dapat menghadirkan sejumlah dorongan terhadap momen-momen komedi dalam linimasa penceritaan yang membuat film ini terasa menarik untuk terus diikuti. Jangan lewatkan juga penampilan dari Andy García, Reba McEntire, dan Morgan Freeman (not really… namun Josh Robert Thompson yang menirukan suara Freeman dengan kesan begitu nyata) yang singkat namun akan mampu memancing gelak tawa.

Penampilan komikal para pengisi departemen akting Barb & Star Go to Vista Del Mar memang menjadi kunci keberhasilan film ini dalam memberikan hiburan pada para penontonnya. Tapi bagaimana dengan penuturan Barb & Star Go to Vista Del Mar yang seringkali terasa bagaikan satuan dari sejumlah sketsa komedi yang memiliki tema penceritaan yang sama? Well… harus diakui pilihan komedi yang dihadirkan Wiig dan Mumolo pada film ini memang berasa sedikit absurd. Selain seringkali menghadirkan adegan-adegan musikal di sejumlah bagian ceritanya, Wiig dan Mumolo juga tidak segan menggunakan sejumlah banyolan yang berkesan liar serta tidak masuk akal. Cartoonish. Bukan suatu masalah yang besar sebenarnya, namun sejumlah elemen komedi tersebut jelas akan memerangkap sejumlah penonton yang tidak terbiasa dengan nada komedi tersebut. Terlepas dari beberapa ketidakbiasaan tersebut, Greenbaum mampu memberikan arahan yang tepat untuk tetap menjaga Barb & Star Go to Vista Del Mar terus hadir dengan ritme cerita yang pas serta pilihan-pilihan artistik yang membuat film komedi ini mampu tampil begitu hidup dan menyenangkan.

 

Barb & Star Go to Vista Del Mar (2021)

Directed by Josh Greenbaum Produced by Jessica Elbaum, Annie Mumolo, Kristen Wiig, Adam McKay, Will Ferrell, Margot Hand Written by Kristen Wiig, Annie Mumolo Starring Kristen Wiig, Annie Mumolo, Jamie Dornan, Damon Wayans Jr., Michael Hitchcock, Kwame Patterson, Reyn Doi, Wendi McLendon-Covey, Vanessa Bayer, Fortune Feimster, Rose Abdoo, Phyllis Smith, Mark Jonathan Davis, Karen Maruyama, Jayde Martinez, Tom Lenk, Hank Rogerson, Josh Robert Thompson, Andy García, Reba McEntire, Elizabeth Kelly, Nevada Renee Arnold Music by Christopher Lennertz, Dara Taylor Cinematography Toby Oliver Edited by Steve Welch Production companies Lionsgate/Gloria Sanchez Productions/Stellie Running time 107 minutes Country United States Language English

Leave a Reply