Review: Teen Titans Go! To the Movies (2018)


Diadaptasi dari serial televisi animasi popular berjudul Teen Titans Go! yang telah tayang di jaringan televisi Cartoon Network semenjak tahun 2013 – yang sendirinya merupakan adaptasi dari seri komik rilisan DC Comics yang berjudul Teen Titans, Teen Titans Go! To the Movies berkisah mengenai lima orang pahlawan super  remaja, Robin (Scott Menville), Beast Boy (Greg Cipes), Cyborg (Khary Payton), Raven (Tara Strong), dan Starfire (Hynden Walch), yang merasa bahwa keberadaan mereka sebagai sosok pembela kebenaran sering dipandang sebelah mata. Agar kehadiran mereka dianggap serius – dan kehidupan mereka lantas akan diadaptasi menjadi sebuah film oleh Hollywood, Teen Titans beranggapan mereka harus berhadapan dengan sosok musuh tangguh yang dapat mereka kalahkan bersama. Keinginan tersebut terpenuhi ketika mereka menghadapi Slade (Will Arnett) yang sedang berusaha untuk mencuri sebuah kristal berkekuatan super. Sial, Slade bukanlah seorang penjahat yang mudah untuk dikalahkan begitu saja. Dengan berbagai trik yang dimilikinya, Slade berhasil terus menghindar dari kejaran Teen Titans. Bahkan, secara perlahan, Slade mampu menanamkan benih perpecahan pada kelompok pahlawan super remaja tersebut.

Jangan khawatir jika Anda merasa tidak familiar atau bahkan tidak mengenal deretan konflik maupun karakter yang disajikan film ini. Meskipun diadaptasi dari sebuah serial televisi, naskah cerita yang digarap oleh salah seorang sutradara film ini, Aaron Horvath, bersama dengan Michael Jelenic menawarkan struktur pengisahan yang cukup universal: kisah mengenai sekelompok karakter yang berusaha membuktikan kemampuan dirinya dengan melalui berbagai rintangan yang akhirnya mampu memperkuat diri mereka. Cukup mudah ditebak. Namun, seperti halnya The LEGO Batman Movie (Chris McKay, 2017), Teen Titans Go! To the Movies juga menghadirkan plot pengisahannya dengan sentuhan komikal dan beberapa sindiran kepada karakter-karakter pahlawan super milik DC Comics seperti Batman, Superman, maupun Wonder Woman. Hasilnya, Teen Titans Go! To the Movies jelas tidak hanya akan tampil menarik bagi para penonton muda. Para penonton dewasa jelas juga akan merasa terhibur dengan guyonan-guyonan yang tersaji di sepanjang 93 menit presentasi film ini.

Jika dibandingkan dengan kebanyakan film animasi modern, Teen Titans Go! To the Movies memang tidak menawarkan sesuatu yang baru dalam presentasinya – baik dari segi kualitas penceritaan maupun tampilan visualnya. Meskipun begitu, sebagai sutradara, baik Horvarth maupun Peter Rida Michail mampu menyajikan filmnya dengan pengisahan yang dinamis. Kisah petualangan Robin, Beast Boy, Cyborg, Raven, dan Starfire tampil dalam ritme penceritaan yang cepat. Tampilan animasinya yang tidak banyak berubah jika dibandingkan dengan tampilan serial televisinya juga tidak menjadi hambatan besar bagi penonton untuk menikmati film ini. Sajian warna-warna yang terang namun nyaman dilihat serta balutan cerita yang hangat – termasuk kehadiran beberapa lagu yang begitu mudah untuk diikuti – membuat Teen Titans Go! To the Movies menjadi begitu menyenangkan.

Selain Arnett yang mengisisuarakan karakter Slade, barisan pengisi suara Teen Titans Go! To the Movies memang diisi dengan nama-nama talenta vokal yang kurang popular. Namun, dengan pengalaman mereka dalam mengisisuarakan karakter-karakter yang sama di serial televisinya, tampilan vokal Menville, Cipes, Payton, Strong, dan Walch mampu hadir dengan chemistry yang meyakinkan agar kesan persahabatan dari karakter yang mereka perankan dapat terasa benar-benar kuat. Nama-nama aktor dan aktris Hollywood yang lebih terkenal seperti Kristen Bell, Nicolas Cage, Patton Oswalt, hingga deretan penyanyi seperti Halsey, Michael Bolton, dan Lil Yachty juga menambah kualitas warna vokal dalam presentasi cerita film – meskipun kebanyakan dari karakter yang mereka perankan hadir dalam porsi cerita yang minimalis. [B-]

teen-titans-go-to-the-movies-movie-posterTeen Titans Go! To the Movies (2018)

Directed by Peter Rida Michail, Aaron Horvath Produced by Aaron Horvath, Michael Jelenic, Peggy Regan, Peter Rida Michail, Will Arnett Written by Michael Jelenic, Aaron Horvath (screenplay), Marv Wolfman, George Pérez, Arnold Drake (characters), Jerry Siegel, Joe Shuster (character, Superman), Bob Kane, Bill Finger (characters, Batman dan Robin), William Moulton Marston (character, Wonder WomanStarring Greg Cipes, Scott Menville, Khary Payton, Tara Strong, Hynden Walch, Will Arnett, Kristen Bell, Nicolas Cage, Jimmy Kimmel, Halsey, Lil Yachty, Stan Lee, Wil Wheaton, Patton Oswalt, Eric Bauza, Greg Davies, Joey Cappabianca, Meredith Salenger, Dave Stone, David Kaye, Michael Bolton, John DiMaggio, Tom Kenny, Vanessa Marshall, Phil Morris, Alexander Polinsky, Fred Tatasciore, James Arnold Taylor, Kal-El Cage Music by Jared Faber Editing by Nick Kenway Studio Warner Bros. Animation Running time 88 minutes Country United States Language English

Advertisements