Review: Yesterday (2019)


Pernah membayangkan dunia dimana lagu-lagu yang ditulis oleh John Lennon, Paul McCartney, Ringo Starr, dan George Harrison untuk kelompok musik mereka, The Beatles, tidak pernah ada? Well… Film terbaru arahan Danny Boyle (127 Hours, 2010) yang naskah ceritanya digarap oleh Richard Curtis (About Time, 2013), Yesterday, mencoba bermain dengan premis tersebut. Dikisahkan, setelah terjadinya pemadaman listrik yang berlangsung di seluruh penjuru dunia selama 12 detik, tidak ada seorangpun yang mengingat maupun mengenal keberadaan The Beatles dan lagu-lagu mereka, kecuali Jack Malik (Himesh Patel). Merupakan seorang musisi lokal yang merasa bahwa lagu-lagu yang ia hasilkan tidak akan pernah mampu menarik perhatian khalayak ramai, Jack Malik lantas mulai menyanyikan lagu-lagu milik The Beatles dan mengakui lagu-lagu tersebut sebagai lagu-lagu yang ditulisnya sendiri. Secara perlahan, lagu-lagu The Beatles yang dinyanyikan Jack Malik mulai mendapatkan perhatian banyak orang. Kepopuleran Jack Malik di kotanya lantas menarik perhatian musisi terkenal, Ed Sheeran (Ed Sheeran), yang lantas berniat menjadikan Jack Malik sebagai artis pembuka dalam setiap konsernya.

Tentu, Yesterday bukanlah film pertama yang memanfaatkan lagu-lagu The Beatles sebagai inspirasi maupun pendamping cerita dalam film tersebut. I Am Sam (Jessie Nelson, 2001) menghadirkan lagu-lagu The Beatles yang dinyanyikan oleh musisi seperti Sarah McLachlan, Rufus Wainwright, Sheryl Crow, dan Stereophonics untuk mendampingi berbagai adegan pengisahan film. Film musikal Across the Universe (2007) arahan Julie Taymor bahkan melangkah lebih jauh lagi dengan menjadikan lagu-lagu The Beatles sebagai inspirasi bagi konflik dan cerita sekaligus membuat lagu-lagu tersebut menjadi bagian tidak terpisahkan dari narasi filmnya. Dengan premis berani dan cukup cerdas, Yesterday memiliki kesempatan untuk melakukan hal tersebut dalam penceritaannya. Paruh pertama film sendiri berjalan cukup mulus. Penonton dikenalkan pada sosok Jack Malik dan perjuangannya sebagai seorang musisi dan manajernya, Ellie Appleton (Lily James), yang selalu setia dan percaya penuh pada talenta yang dimilikinya. Kehadiran lagu-lagu The Beatles yang dinyanyikan kembali oleh Patel – sebagai Jack Malik, tentunya – juga menambah energi pengisahan film. Mulai dari Yesterday, Let it Be, I Want to Hold Your Hand, dan The Long and Winding Road menghiasi linimasa pengisahan film dan menambah daya tariknya.

Sayang, setelah paruh pertama yang cukup mengesankan, Yesterday secara perlahan mulai kehilangan arah pengisahannya. Mengeksplorasi sebuah dunia fantasi yang tanpa melibatkan kehadiran lagu-lagu The Beatles – dan nantinya juga diungkap tanpa keberadaan rokok, minuman Coca Cola, kelompok musik Oasis, dan seri buku Harry PotterYesterday justru lebih memilih untuk bermain aman dan memberikan fokus kisahnya pada perjalanan karir yang ditapaki karakter Jack Malik sekaligus pengaruhnya pada hubungan yang ia bangun bersama karakter Ellie Appleton. Bukan sebuah hal yang mengejutkan mengingat naskah cerita film ini digarap oleh Curtis yang jelas telah dikenal akan naskah ceritanya untuk film-film drama komedi romansa legendaris seperti Four Weddings and a Funeral (Mike Newell, 1994), Notting Hill (Roger Michell, 1999), Bridget Jones’s Diary (Sharon Maguire, 2001), hingga Love Actually (2003) yang juga menandai debut pengarahan film layar lebarnya. Namun, berbeda dengan film-film tersebut, Curtis tidak mampu memberikan bangunan kisah yang cukup kuat bagi Yesterday. Deretan karakter yang mengisi jalan penceritaan film, khususnya, tampil lemah dan gagal untuk diberikan penggalian kisah yang mampu membuat mereka tampil menarik.

Tidak hanya lemah dalam garapan cerita romansanya, Curtis juga terkesan “meremehkan” sisi cerita yang berasal dari industri musik dalam pengisahan perjalanan karir dari karakter Jack Malik. Yesterday sama sekali tidak berminat untuk menyentuh arti ketiadaan musik The Beatles dan pengaruhnya terhadap industri musik dunia hingga saat ini. Arahan Boyle sendiri yang sering melakukan intervensi antara kisah perjalanan karir dari karakter Jack Malik dengan jalinan hubungan personalnya dengan karakter Ellie Appleton membuat kedua elemen tersebut menjadi tidak matang pengolahan ceritanya. Hal ini yang kemudian menyebabkan kedua konflik utama tersebut tidak pernah mampu tampil mengikat secara utuh dan terasa seperti dua kisah hambar yang berjalan tanpa tujuan yang berarti. Dan untuk sebuah film yang begitu mengandalkan lagu-lagu The Beatles untuk menunjang keberadaan sentuhan emosional ceritanya, Yesterday menumpuk seluruh lagu di paruh awal cerita yang kemudian membuat sisa paruh pengisahan – kecuali di beberapa adegan film – menjadi hampa tanpa keberadaan lagu-lagu tersebut.

Beruntung, meski karakter-karakter yang mereka perankan terasa begitu dangkal dan hambar, Patel dan James cukup mampu memberikan nyawa sekaligus kehidupan bagi karakter Jack Malik dan Ellie Appleton. Chemistry yang disajikan keduanya juga cukup meyakinkan – meskipun tidak pernah benar-benar terasa lugas dan hangat sebagai dua karakter yang saling menyukai satu sama lain. Penampilan Kate McKinnon sebagai sosok manajer dengan sikap yang angkuh juga mampu mencuri perhatian. Begitu pula dengan Sheeran yang – meskipun tampil sebagai dirinya sendiri – mampu menyajikan penampilan akting yang jauh dari kesan kaku dan berhasil berimbang dengan penampilan para aktor dan aktris yang berada di sekitarnya.

Dengan premis yang menarik, Boyle berada di kursi sutradara, dan naskah cerita yang ditulis oleh Curtis, jelas cukup mengecewakan untuk menyaksikan Yesterday tampil lemah dan membuang seluruh potensi cerita yang dimilikinya. Hasil akhir film ini justru seperti memperlihatkan bahwa Curtis memiliki ide yang cemerlang mengenai keberadaan lagu-lagu The Beatles namun tidak mampu memberikan pengembangan kisah yang lebih berani maupun kuat agar mampu mengimbangi ide awal yang dimilikinya. Hambar. [C-]

yesterday-movie-posterYesterday (2019)

Directed by Danny Boyle Produced by Tim Bevan, Eric Fellner, Bernie Bellew, Matthew James Wilkinson, Richard Curtis, Danny Boyle Written by Richard Curtis (screenplay), Jack Barth, Richard Curtis (story) Starring Himesh Patel,  Lily James, Kate McKinnon, Ed Sheeran, Lamorne Morris, Sophia Di Martino, Joel Fry, Ellise Chappell, Harry Michell, Camille Chen, Alexander Arnold, James Corden, Sanjeev Bhaskar, Meera Syal, Karl Theobald, Michael Kiwanuka, Robert Carlyle, Karma Sood, Jaimie Kollmer Music by Daniel Pemberton Cinematography Christopher Ross Edited by Jon Harris Production company Working Title Films/Decibel Films Running time 116 minutes Country United Kingdom Language English

One thought on “Review: Yesterday (2019)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s