Review: The Last Song (2010)


Well… Miley Cyrus akan berulang tahun yang ke-18 pada tahun ini. Dan seperti layaknya para aktris muda lainnya yang telah memulai karir mereka di dunia entertainment semenjak dini, Nona Cyrus juga menginginkan satu peran yang akan diingat sebagai sebuah peran yang akan menjembatani dirinya untuk memperoleh peran-peran yang lebih dewasa di masa yang akan datang. Dan seperti halnya Mandy Moore dalam A Walk To Remember, Cyrus menemukan peran tersebut dalam sebuah adaptasi novel Nicholas Sparks lainnya, The Last Song.

Berbeda dengan A Walk To Remember, atau novel-novel Sparks lainnya, The Last Song sendiri memang dituliskan Sparks khusus untuk difilmkan dengan Miley Cyrus sebagai inspirasinya dalam menciptakan sang karakter utama. Setelah selesai ditulis, novel The Last Song akhirnya dirilis terlebih dahulu dan mendapat sambutan yang cukup bagus. Secara garis besar cerita, The Last Song adalah apa yang akan Anda dapatkan dalam setiap film-film hasil adaptasi novel Sparks: bernuansa lautan, para remaja pemberontak, dan… kanker. Cukup gampang ditebak, namun The Last Song harus diakui juga bukanlah sebuah karya yang buruk.

The Last Song, yang menjadi debut penyutradaraan bagi Julie Anne Robinson sekaligus menjadi kali pertama bagi Nicholas Sparks untuk duduk di kursi penulis naskah, menceritakan mengenai kepelikan hidup seorang remaja asal New York, Veronica ‘Ronnie’ Miller (Miley Cyrus). Sifat pemberontaknya terjadi bukan tanpa alasan. Ia melakukan hal tersebut karena sangat membenci perceraian yang dilakukan oleh kedua orangtuanya, yang ditambah dengan kepindahan ayahnya, Steve (Greg Kinnear), ke Georgia tiga tahun lalu. Ronnie kini menolak untuk memainkan piano, satu hal yang dianggap ayahnya merupakan bakat terbesar Ronnie, serta menolak melanjutkan sekolahnya ke Juillard, yang sebenarnya telah ia impi-impikan semenjka kecil.

Kini, sang ibu, Kim (Kelly Preston), mengirimkan Ronnie dan adiknya, Jonah (Bobby Coleman), untuk menghabiskan liburan musim panas mereka bersama sang ayah di Georgia. Jelas saja hal ini menjadi lebih terasa bagaikan sebuah hukuman bagi Ronnie daripada sebuah liburan. ‘Perang dingin’ -nya dengan sang ayah juga membuat keadaan tak bertambah lebih baik, hingga akhirnya Ronnie bertemu dengan Will Blakelee (Liam Hemsworth), seorang pemuda tampan yang cukup populer di kalangan gadis-gadis di wilayah tersebut.

Secara perlahan, Ronnie mulai dapat merasakan keindahan musim panas bersama Will. Hubungannya dengan sang ayah juga secara perlahan mulai kembali mencair, yang juga dipicu oleh permintaan sang adik untuk memperlakukan sang ayah dengan lebih baik. Namun, permasalahan ternyata tidak lantas berhenti begitu saja. Hubungan Ronnie dan Will, yang merupakan anak dari keluarga terpandang di wilayah tersebut, ternyata tidak begitu disukai oleh kedua orangtua Will. Belum lagi ketika Ronnie mengetahui bahwa sang ayah menyimpan satu rahasia dari dirinya selama ini, yang membuat Ronnie menyesali segala perbuatannya dengan sang ayah.

Jika Cyrus menginginkan sebuah peran yang dapat menjauhkannya dari imej Hannah Montana yang selama ini sangat melekat dengan dirinya — dan telah membuatnya menjadi seorang jutawan muda — maka peran sebagai Ronnie Miller dapat melakukannya dengan cukup baik. Sebagai Ronnie, Cyrus diharuskan tampil kelam — hampir sekelam Kristen Stewart namun tidak pernah berhasil sampai ke titik tersebut — dan merupakan karakter yang pada awalnya akan tidak disukai oleh para penontonnya, namun secara perlahan (diharapkan) akan mencuri hati mereka. Cyrus harus diakui cukup berhasil melakukannya. Sebagai sebuah awal dari peran-peran dewasa di masa yang akan datang, apa yang ditunjukkan oleh Cyrus di The Last Song merupakan awal yang cukup menjanjikan.

Film ini, sayangnya, hanya memberikan waktu akting yang sangat sedikit untuk para pemeran seniornya, Greg Kinnear dan Kelly Preston. Preston malah hanya terlihat di awal dan akhir film dengan tanpa kesempatan untuk memberikan karakterisasi yang lebih dalam untuk perannya sebagai seorang ibu. Di sisi lain, Kinnear berhasil dengan baik memanfaatkan waktunya yang singkat, dan walau perannya tidak jauh berbeda dengan apa yang pernah ia tunjukkan di beberapa film sebelumnya, Kinnear terlihat nyaman dengan perannya sebagai seorang ayah yang walau menyimpan banyak derita namun berusaha tidak menunjukkannya di depan kedua anaknya. Ekspresi Kinnear-lah yang banyak memainkan peran tersebut.

Dua pemeran pendukung lainnya, Liam Hemsworth dan Bobby Coleman, memberikan kemampuan akting yang bagus. Walau Coleman dapat terkesan cukup mengesalkan di beberapa bagian, namun akting kedua aktor ini cukup layak untuk mendapatkan penilaian yang baik. Latar belakang cerita yang berada di sekitar wilayah lautan telah memberikan sisi positif tersendiri bagi film ini. Sinematografer, John Lindley, berhasil menangkap banyak gambar-gambar indah yang dapat sangat mendukung perasaan romantis yang sedang diberikan oleh jalan cerita film ini.

Sebagai sebuah film, The Last Song tidaklah buruk, walau tidak ada seorang pun yang akan secara terang-terangan menyebut film ini sebagai sebuah pencapaian yang memuaskan. The Last Song menyimpan jalan cerita yang familiar dengan film-film hasil adaptasi novel Sparks lainnya. Walau memiliki beberapa momen menyentuh di bagian akhir cerita film, secara keseluruhan, The Last Song gagal dalam memberikan sebuah sajian yang akan menyentuh para penontonnya, seperti yang dilakukan The Notebook, A Walk To Remember ataupun Dear John yang terlebih dahulu tayang di awal tahun ini.

Rating: 3 / 5

The Last Song (Offspring Entertainment/Touchstone Pictures, 2010)

The Last Song (2010)

Directed by Julie Anne Robinson Produced by Adam Shankman, Jennifer Gibgot Written by Nicholas Sparks, Jeff Van Wie Starring Miley Cyrus, Liam Hemsworth, Greg Kinnear, Bobby Coleman, Kelly Preston, Nick Lashaway, Carly Chaikin, Adam Barnett Music by Aaron Zigman Cinematography John Lindley Editing by Nancy Richardson Studio Offspring Entertainment Distributed by Touchstone Pictures Running time 107 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s