Review: The September Issue (2009)


The September Issue adalah sebuah film dokumenter yang menyorot mengenai proses pembuatan edisi September tahun 2007 dari majalah fashion terkemuka di dunia, Vogue. Selama film ini berjalan, penonton juga akan diperkenalkan secara personal kepada pemimpin redaksi majalah tersebut, Anna Wintour.

Bagi mereka yang belum pernah mendengar nama Anna Wintour sebelumnya, ia adalah seorang wanita yang dikenal sebagai legenda di dunia fashion, karena selama masa kepemimpinannya di Vogue, selera fashion Wintour, yang seringkali ia arahkan lewat konten yang ia tampilkan di majalah tersebut, dianggap sebagai sebuah pengaruh besar di dunia fashion. Begitu berpengaruhnya sehingga seringkali apa yang ditampilkan di halaman-halaman majalah Vogue dapat mempengaruhi kemana arah fashion dunia keesokan harinya. Karena itu pula, Vogue mendapat julukan sebagai the bible of the fashion industry.

Kepemimpinan Wintour yang dikabarkan sangat tegas dan cenderung seringkali membuat depresi para pegawainya inilah yang nantinya menginspirasi Lauren Weisberger, mantan asisten pribadi Wintour, untuk menuliskan novel The Devil Wears Prada yang sangat populer itu.

Pemilihan untuk menyoroti pembuatan edisi September sendiri dilakukan karena edisi September dianggap sebagai sebuah edisi paling penting dalam setahun perilisan majalah Vogue, karena disaat itu bertepatan dengan pergantian mode dari musim panas ke musim dingin. Lewat The September Issue, para penonton diajak untuk ikut serta dalam ribetnya proses pembuatan edisi September yang telah dimulai lima bulan sebelum edisi tersebut dirilis ke pasaran.

Selain menyoroti masalah pembuatan edisi September, film ini juga menyoroti tentang bagaimana sebenarnya seorang Anna Wintour di wilayah kerjanya dan bagi para rekan-rekan kerjanya, termasuk dengan wawancara personal kepada Wintour sendiri mengenai masa lalu dan keluarganya. Selain Wintour, yang juga menjadi perhatian di film ini adalah Grace Coddington, mantan model yang beralih menjadi seorang pemimpin divisi kreatif dari Vogue. Dalam proses pembuatan edisi yang menempatkan Sienna Miller di sampul utamanya ini, diperlihatkan bagaimana Wintour dan Coddington seringkali tidak memiliki visi yang sama mengenai sesuatu yang seharusnya diletakkan di halaman majalah Vogue.

Seperti halnya proses pembuatan sebuah majalah fashion, The September Issue juga akan mengajak penontonnya untuk melihat langsung proses pemotretan para model, pemilihan pakaian apa yang akan digunakan, pemilihan foto-foto yang akan digunakan, serta proses penyeleksian konten yang akan dicetak di dalam majalah yang hasil akhirnya adalah sebuah edisi setebal 840 halaman, edisi terbesar yang pernah dilakukan oleh Vogue.

Layaknya majalah Vogue itu sendiri, The September Issue dipenuhi oleh gambar-gambar indah yang ditampilkan oleh R.J. Cutler, sang sutradara film dokumenter ini. Namun, seperti yang selalu ditekankan Wintour pada dunia fashion dan Vogue, tampilan tidak akan berarti apa-apa jika tidak memiliki isi yang tepat. Dan hal itulah yang dilakukan Cutler. Ia mengisi film ini dengan berbagai detail menarik seputar pembuatan edisi September dari majalah Vogue, baik itu dari ide-ide yang keluar, proses perwujudan ide tersebut, kegagalan yang menyebabkan harus mengulang kembali serta hal-hal lainnya.

Wawancara personal yang dilakukan Cutler pada beberapa tokoh utama di balik majalah itu sendiri, khususnya Wintour dan Coddington, berhasil membuka siapa Wintour sebenarnya (yang digambarkan sangat dingin oleh Meryl Streep di versi film dari The Devil Wears Prada). Dan memang, Wintour harus diakui adalah seorang pemimpin yang sangat tegas jika mengatakan ia tidak menyukai sesuatu. Namun dibalik itu semua, semua orang menghargainya karena Wintour selalu berhasil mengeluarkan ide-ide yang terbukti berhasil dalam mempertahankan eksistensi Vogue selama ini.

Stylish, fun, berisi dan disusun dengan sangat cermat, The September Issue adalah sebuah dokumenter ringan yang sangat menghibur untuk semua orang. Walau ringan, The September Issue bukanlah sebuah film tanpa isi yang jelas. Film ini akan sangat berhasil memberikan pelajaran pada para penontonnya bagaimana dunia dalam dari industri fashion itu sendiri, yang sekaligus dapat mematahkan penilaian banyak orang awam, seperti yang diungkapkan Wintour, hanya berisi sekumpulan orang bodoh yang hanya indah dari luarnya.

Rating: 4 / 5

The September Issue (Roadside Attractions, 2009)

The September Issue (2009)

Directed by R.J. Cutler Produced by Eliza Hindmarch Starring Anna Wintour, Grace Coddington, Oscar De la Renta, Patrick DeMarchelier, John Galliano, Jean-Paul Gaultier, Candy Pratts, Hilary Rhoda, Coco Rocha, André Leon Talley, Mario Testino, Caroline Trentini, Vera Wang, Sienna Miller, Thakoon Panichgul Distributed by Roadside Attractions Running time 1 hr. 28 min. Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s