Review: The Roundup (2022)


Merupakan sekuel bagi The Outlaws (Kang Yoon-sung, 2017) yang berhasil mendapatkan pujian luas dari kalangan kritikus film, memenangkan sejumlah penghargaan, serta meraih kesuksesan komersial yang menjadikannya sebagai salah satu film terlaris di Korea Selatan di sepanjang tahun 2017, The Roundup kembali menghadirkan aktor Ma Dong-seok untuk memerankan karakter Ma Seok-do yang dikenal sebagai sosok polisi yang tidak mengenal takut dalam menjalankan tugasnya. Kali ini, Ma Seok-do ditugaskan untuk mengawal atasannya, Captain Jeon Il-man (Choi Gwi-hwa), untuk berangkat ke Vietnam guna menjemput seorang kriminal yang selama ini telah dicari-cari oleh pihak kepolisian Korea Selatan. Tanpa diduga, pertemuan keduanya dengan sosok kriminal tersebut membuka tabir akan masalah baru bernama Kang Hae-sang (Son Seok-koo) yang merupakan dalang dari berbagai tindak penculikan dan pembunuhan terhadap turis-turis asing yang mengunjungi Vietnam dan negara-negara di sekitarnya. Dengan segera, Kang Hae-sang menjadi lawan baru bagi perjalanan Ma Seok-do dalam menegakkan hukum.

Meskipun datang dari sutradara serta penulis naskah yang berbeda – posisi Kang sebagai sutradara digantikan oleh Lee Sang-yong (4th Period Mystery, 2009) dan naskah cerita kini ditangani oleh Kim Min-seong The Roundup masih menghadirkan esensi atmosfer pengisahan yang serupa dengan film pendahulunya: film aksi yang penuh dengan adegan-adegan kekerasan nan brutal namun juga dibalut dengan elemen komedi yang kental. Lee dan Kim bahkan mampu memberikan takaran garapan aksi sekaligus komedi yang lebih kuat. Hal inilah yang kemudian membuat The Roundup mampu terus tampil memikat terlepas dari kesederhanaan tata penuturannya.

Premis tentang aksi kejar mengejar antara polisi dengan kriminal yang menjadi buruan mereka – yang kemudian “sedikit” diperumit dengan munculnya pihak ketiga yang juga memiliki incaran buruan yang sama – memang digarap kasual, tanpa pretensi maupun tendensi. Banyak bagian cerita film ini juga memiliki kesan dibentuk untuk memanfaatkan dan memamerkan kebolehan aktor utamanya dalam beradegan aksi. Bukan hal yang benar-benar salah mengingat Ma memang memiliki kharisma yang begitu mengikat dalam tiap kehadirannya. Di saat yang bersamaan, Lee juga berhasil memberikan arahan yang mumpuni pada deretan lapisan kisah yang dituliskan Kim. Kedigdayaan dan kemampuan aksi dari karakter Ma Seok-do memang membuat tantangan yang dihadapi oleh karakter tersebut menjadi berkesan kecil dan mudah untuk dikalahkan. Namun garapan penuturan yang efektif mampu menjadikan tiap adegan aksi dalam film ini berhasil hadir dengan intensitas ketegangan yang akan membuat banyak penonton berpegangan erat di kursi mereka.

Selain tampil brilian sebagai seorang bintang aksi, naskah cerita The Roundup juga memberikan banyak kesempatan bagi Ma untuk menunjukkan kapabilitas komikalnya. Didukung dengan penampilan Choi serta Park Ji-hwan yang berperan sebagai sosok mantan kriminal bernama Jang Yi-soo dan selalu mampu mencuri perhatian, Ma sukses memaksimalkan kehadiran elemen komedi yang begitu menghibur dalam linimasa penceritaan film.

Naskah cerita garapan Kim juga memberikan ruang bagi sejumlah karakter lain untuk mendapatkan porsi pengisahannya sendiri. Yang paling esensial, tentu saja, adalah karakter antagonis utama Kang Hae-sang yang diperankan Son. Karakter ini mampu digambarkan sebagai sosok tanpa belas kasih, sadis, dan dapat membunuh siapa saja yang menghalangi tujuannya. Son secara sempurna mampu menghidupkan sosok karakter yang begitu menakutkan tersebut. Cukup disayangkan, setelah dua babak pengisahan yang cukup menggambarkan kompleksitas dari karakter Kang Hae-sang, karakter tersebut lantas diberikan penyelesaian kisah yang terasa hambar di paruh akhir cerita.

popcornpopcornpopcornpopcorn-halfpopcorn2

the-roundup-ma-dong-seok-don-lee-movie-posterThe Roundup (2022)

Directed by Lee Sang-yong Written by Kim Min-seong Produced by Ma Dong-seok, Kim Hong-baek, Jang Won-seok Starring Ma Dong-seok, Son Seok-koo, Choi Gwi-hwa, Park Ji-hwan, Heo Dong-won, Ha Jun, Jung Jae-kwang, Nam Mun-cheol, Park Ji-young, Lee Joo-won, Eum Moon-suk, Kim Chan-hyung, Cha Woo-jin, Jeon Jin-oh, Park Gwang-jae, Ye Jung-woo Cinematography Ju Seong-rim Edited by Kim Sun-min Music by Kim Tae-seong Production companies Big Punch Pictures/Hong Film/B.A. Entertainment Running time 106 minutes Country South Korea Language Korean

One thought on “Review: The Roundup (2022)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s