Review: Sonic the Hedgehog 2 (2022)


Dengan biaya produksi sebesar US$90 juta yang kemudian menghasilkan pendapatan komersial sebesar lebih dari US$319 juta di sepanjang masa perilisannya di seluruh dunia, tidak mengherankan jika Paramount Pictures dengan segera menyetujui pembuatan sekuel bagi Sonic the Hedgehog (Jeff Fowler, 2020). Fowler masih duduk di kursi penyutradaraan. Begitu pula dengan duo penulis naskah dari film sebelumnya, Pat Casey dan Josh Miller, yang kali ini mendapatkan sokongan dari John Whittington (Dolittle, 2020).

Alur pengisahan Sonic the Hedgehog 2 dimulai ketika Dr. Robotnik (Jim Carrey) kembali ke Bumi dengan bantuan sesosok makhluk angkasa luar bernama Knuckles the Echidna (Idris Elba) untuk membalaskan dendamnya terhadap Sonic the Hedgehog (Ben Schwartz). Beruntung, ketika posisi sedang berada dalam bahaya akibat diserang oleh Dr. Robotnik dan Knuckles the Echidna, Sonic the Hedgehog mendapatkan bantuan dari sesosok makhluk asing lainnya bernama Miles Prower (Colleen O’Shaughnessey) yang selama ini ternyata begitu mengidolakan sosok Sonic the Hedgehog dan mengikuti setiap pergerakannya. Setelah mengetahui bahwa kedatangan Dr. Robotnik dan Knuckles the Echidna ke Bumi adalah juga untuk mencari pusaka yang dikenal dengan sebutan Master Emerald dan dapat mengabulkan setiap permintaan pemiliknya, Sonic the Hedgehog  bersama dengan Miles Prower mulai menyusun rencana untuk menggagalkan niat buruk kedua musuh mereka.

Harus diakui, Sonic the Hedgehog 2 menjalankan tugasnya sebagai sebuah sekuel dengan cukup baik – melanjutkan karakterisasi maupun bangunan konflik yang telah dibangun pada film yang lalu, memperluas semesta pengisahannya dengan memperkenalkan sejumlah karakter maupun konflik yang baru, serta menghadirkan tatanan tampilan cerita yang berkesan lebih besar dan megah daripada presentasi film sebelumnya. Mereka yang menyukai kualitas tuturan Sonic the Hedgehog jelas akan dapat dengan mudah mengapresiasi capaian yang diberikan Fowler lewat Sonic the Hedgehog 2. Menyenangkan, meskipun penyajiannya masih mengandalkan dialog, guyonan, maupun konflik yang bernilai klise seperti pada film sebelumnya.

Ketidakmampuan Sonic the Hedgehog 2 untuk memberikan penyegaran (sekaligus peningkatan kualitas) pada divisi pengisahannya inilah yang kemudian menghadirkan hambatan tersendiri bagi mereka yang tidak menggemari arah paparan cerita dalam seri film ini. Hal ini masih ditambah dengan pilihan Fowler untuk menghadirkan filmnya dengan durasi pengisahan yang mencapai 122 menit(!). Tanpa adanya plot maupun konflik yang benar-benar baru ataupun mengikat, film ini sering terasa berjalan tanpa arah penceritaan yang pasti. Sejumlah momen menyenangkan yang sempat hadir, secara perlahan mulai terasa hambar ketika naskah cerita film terus berputar di permasalahan cerita yang sama. Lihat saja bagaimana kehadiran karakter Dr. Robotnik yang diperankan Carrey dan sering menghadirkan momen kuat pada Sonic the Hedgehog kini justru tampil monoton dan membosankan.

Usaha untuk menghadirkan tema cerita tentang jalinan persahabatan maupun hubungan kekeluargaan yang dibangun antara karakter Sonic the Hedgehog dengan karakter Tom Wachowski (James Marsden) juga terasa diolah dengan kurang matang dan hanya hadir untuk memberikan lapisan cerita guna memperpanjang konflik utama yang terjadi antara karakter Sonic the Hedgehog dengan Dr. Robotnik dan Knuckles the Echidna. Hal yang sama juga dapat dirasakan pada plot pengisahan yang diberikan pada karakter Tom Wachowski dan karakter-karakter manusia yang berada di sekitarnya. Hadir hanya sebagai pengisi waktu tanpa pernah dengan kegunaan cerita yang krusial. Pada akhirnya, Sonic the Hedgehog 2 mungkin memang hanya ditujukan untuk memuaskan pangsa pasarnya. Tidak pernah diniatkan untuk dibentuk sebagai sajian hiburan yang mampu meninggalkan kesan lebih kuat dan mendalam.

popcornpopcornpopcorn-halfpopcorn2popcorn2

Sonic-the-Hedgehog-2-movie-posterSonic the Hedgehog 2 (2022)

Directed by Jeff Fowler Written by Pat Casey, Josh Miller, John Whittington (screenplay), Pat Casey, Josh Miller (story) Produced by Neal H. Moritz, Toby Ascher, Toru Nakahara, Hitoshi Okuno Starring James Marsden, Ben Schwartz, Tika Sumpter, Natasha Rothwell, Adam Pally, Shemar Moore, Colleen O’Shaughnessey, Lee Majdoub, Idris Elba, Jim Carrey, Melody Nosipho Niemann, Donna Jay Fulks Cinematography Brandon Trost Edited by Jim May Music by Tom Holkenborg Production companies Sega Sammy Group/Original Film/Marza Animation/Planet Blur Studio Running time 122 minutes Countries United States, Japan Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s