Review: The Lost City (2022)


The Lost City jelas memiliki premis yang akan mengingatkan penontonnya pada sejumlah film aksi-petualangan-romansa popular dari masa lampau – Raiders of the Lost Ark (Steven Spielberg, 1981), Romancing the Stone (Robert Zemeckis, 1984), atau bahkan The Mummy (Stephen Sommers, 1999), Knight and Day (James Mangold, 2010) dan Jungle Cruise (Jaume Collet-Serra, 2021). Diarahkan oleh Adam Nee dan Aaron Nee (Band of Robbers, 2015) berdasarkan naskah cerita yang ditulis keduanya bersama dengan Oren Uziel (Mortal Kombat, 2021) dan Dana Fox (Cruella, 2021), film ini berkisah tentang seorang penulis novel romansa dewasa, Loretta Sage (Sandra Bullock), yang diculik oleh seorang miliarder eksentrik, Abigail Fairfax (Daniel Radcliffe), karena menduga Loretta Sage mengetahui cara untuk menafsirkan peta kuno yang akan menunjukkan lokasi keberadaan sebuah harta karun. Kejadian penculikan Loretta Sage disaksikan secara langsung oleh Alan Caprison (Channing Tatum), pria tampan yang selama ini menjadi model bagi sampul depan novel-novel romansa dewasa karangan Loretta Sage. Alan Caprison, yang secara diam-diam memendam perasaan suka pada Loretta Sage, dengan segera mencari pertolongan dan bahkan terlibat langsung untuk menyelamatkan wanita idamannya.

Tidak sulit untuk menyukai The Lost City. Premisnya yang cukup familiar – dan seringkali terasa dikembangkan secara dangkal oleh naskah ceritanya – mampu dihidupkan dengan baik oleh performa memikat para pemerannya. Seperti halnya Miss Congeniality (Donald Petrie, 2000), The Proposal (Anne Fletcher, 2009), The Heat (Paul Feig, 2013), hingga Ocean’s 8 (Gary Ross, 2018), The Lost City adalah presentasi yang dengan seksama dan efektif memanfaatkan daya tarik Bullock sebagai seorang aktris komedi. Momen-momen terbaik serta paling menghibur dalam film ini muncul ketika Bullock dengan siap sedia melakukan sederetan adegan-adegan konyol bersama dengan Tatum. Chemistry keduanya mungkin belum mampu menyaingi chemistry hangat yang ditampilkan Bullock bersama Ryan Reynolds dalam The Proposal, namun penampilan keduanya jelas berada pada tingkatan kualitas yang memuaskan.

Menjadi penampilan akting fisik pertamanya semenjak Kingsman: The Golden Circle (Matthew Vaughn, 2017) – Tatum lebih banyak mengisi waktunya untuk menjadi pengisi suara di sejumlah film serta sebuah penampilan kameo di film Free Guy (Shawn Levy, 2021) – Tatum berhasil dengan baik mengimbangi sekaligus mendampingi penampilan Bullock. Perkembangan hubungan antara dua karakter yang mereka perankan – mulai dari kurang menyukai keberadaan satu sama lain hingga akhirnya mampu menunjukkan rasa peduli dan kesukaan mereka – terbangun dengan baik berkat interaksi antara Tatum dan Bullock yang begitu menyenangkan untuk diikuti. Meskipun dengan garapan karakter yang sering berkesan seadanya, penampilan Radcliffe dan Da’Vine Joy Randolph juga sering mencuri perhatian. Jangan lewatkan juga penampilan singkat Brad Pitt yang begitu istimewa sehingga banyak penonton akan mengharapkan karakter yang ia perankan terus ada hingga penghujung film. Departemen akting yang solid.

Sayangnya, tidak semua aspek pengisahan The Lost City mampu “diselamatkan” oleh penampilan meyakinkan para pengisi departemen aktingnya. Film ini memang tidak berusaha menyegarkan ataupun memperbaharui berbagai formula klise film-film sepantarannya. Bukan sebuah masalah besar jika The Lost City tidak menghadirkan galian cerita yang mendalam pada karakter maupun konflik-konfliknya. Namun, pengarahan yang diberikan Adam Nee dan Aaron Nee seringkali kehilangan arah ketika berusaha untuk mendalami sejumlah bagian cerita. Ritme penceritaan The Lost City juga terasa berantakan – mengalun cepat di sejumlah bagian, namun kemudian terasa lamban dan bertele-tele di sejumlah bagian lainnya. Di saat yang bersamaan, mereka yang membutuhkan hiburan dan tawa, jelas akan mendapatkannya dari film ini. Sajian yang mungkin akan dilupakan keberadaannya dengan segera, namun jelas hadir begitu menghibur di sepanjang penayangannya. And maybe that’s enough.

popcornpopcornpopcornpopcorn2popcorn2

the-lost-city-sandra-bullock-channing-tatum-movie-posterThe Lost City (2022)

Directed by Adam Nee, Aaron Nee Written by Oren Uziel, Dana Fox, Adam Nee, Aaron Nee (screenplay), Seth Gordon (story) Produced by Sandra Bullock, Liza Chasin, Seth Gordon Starring Sandra Bullock, Channing Tatum, Daniel Radcliffe, Da’Vine Joy Randolph, Patti Harrison, Oscar Nuñez, Brad Pitt, Raymond Lee, Bowen Yang, Adam Nee, Slang, Joan Pringle, Héctor Aníbal, Thomas Forbes-Johnson, Sli Lewis, Olga Bucarelli, Omar Patin, Anthony Alvarez, Ryan Orr, Alex Schoenauer, Edwin Polanco, Marcy Jarreau, Cynthia Guzmán, Carolina Rohana, Jonathan Lev, Katherine Montes, Merionne Toussaint, Luinis Olaverria, Emerson González, Wilson Ureña, Roger Wasserman, Ryan Judd, Zachary Steel, Clavel, Marcos Sánchez, Danny Radhames Vasquez Castillo Cinematography Jonathan Sela Edited by Craig Alpert Music by Pinar Toprak Production companies Fortis Films/3dot Productions/Exhibit A Running time 112 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s