Review: Ambulance (2022)


Menjadi film arahan Michael Bay pertama yang dirilis secara luas di layar bioskop semenjak Transformers: The Last Knight (2017) – film arahan Bay sebelumnya, 6 Underground (2019) yang dibintangi Ryan Reynolds, dirilis secara eksklusif melalui Netflix – Ambulance adalah film aksi menegangkan yang alur ceritanya diadaptasi dari film asal Denmark berjudul sama (2005) arahan Laurits Munch-Petersen. Alur pengisahannya berfokus pada sosok veteran perang bernama William Sharp (Yahya Abdul-Mateen II) yang karena sedang berada dalam kondisi terdesak untuk mendapatkan uang guna membiayai operasi sang istri, Amy Sharp (Moses Ingram), lantas menerima tawaran dari saudara adopsinya, Danny Sharp (Jake Gyllenhaal), untuk merampok sebuah bank. Awalnya, perampokan tersebut berjalan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun Danny Sharp. Sial, ketika dalam kepanikan William Sharp kemudian menembak seorang polisi yang sedang bertugas, Officer Zach (Jackson White), deretan kekacauan yang mengancam nyawa keduanya mulai bermunculan.

Tidak seperti sejumlah film popular garapannya yang sering terasa mengenyampingkan kualitas maupun logika cerita demi kepentingan atraksi audio dan visual yang terbilang bombastis, Bay berusaha untuk menghadirkan bangunan kisah dan karakter yang… well… cukup dapat dirasakan keberadaannya. Selain bertutur tentang aksi perampokan yang berjalan kacau yang dilakoni oleh dua karakter utama, naskah cerita yang ditulis oleh Chris Fedak secara perlahan mulai membangun ketegangan ketika karakter Danny dan William Sharp bertemu dan berkonfrontasi dengan karakter bernama Cam Thompson (Eiza González) ketika keduanya membajak ambulans yang digunakan oleh juru medis tersebut.

Momen-momen terbaik Ambulance berhasil digarap secara handal oleh Bay lewat perjalanan ketiga karakter tersebut bersama mobil ambulans yang mereka gunakan – mulai dari adegan kejar-kejaran dengan kelompok polisi melintasi kota Los Angeles, Amerika Serikat, operasi penuh darah yang dilakukan secara darurat oleh karakter Cam Thompson kepada Officer Zach, hingga momen-momen ketika karakter Danny dan William Sharp berusaha mengelabui kumpulan mobil polisi yang mengikuti mereka dengan bantuan sekelompok penjahat yang melibatkan tembakan serta ledakan. Meskipun garapan aksi Bay untuk film ini tidak pernah terasa benar-benar baru maupun spektakuler – bahkan jika dibandingkan dengan garapan aksi dalam film-film arahan Bay sebelumnya – namun Ambulance tetap mampu terasa hidup serta memikat ketika adegan-adegan aksinya hadir mengisi layar.

Di saat yang bersamaan, dengan pengembangan konflik serta karakter yang serba terbatas, sukar untuk menghindar dari rasa jenuh ketika Bay memilih untuk mengulur durasi pengisahan filmnya hingga sepanjang 136 menit. Pada banyak bagian penuturannya, adegan maupun konflik yang harusnya – atau pada awalnya – bekerja secara efektif seringkali kemudian kehilangan daya tariknya ketika dieksekusi secara bertele-tele. Sejumlah komponen cerita Ambulance juga banyak yang terasa lemah pengolahannya dan nyaris hanya dihadirkan untuk mengisi ruang cerita yang hampa ketika linimasa cerita film ini tidak memiliki momen-momen aksi yang memikat. Hal ini paling dapat dirasakan ketika Ambulance mengalihkan perhatian ceritanya pada karakter-karakter minor yang berada di sekitar ketiga karakter utama.

Walau hadir dengan kualitas ritme cerita yang cenderung berantakan, Ambulance setidaknya selalu konsisten mendapatkan penampilan akting terbaik dari Gyllenhaal, Abdul-Mateen, serta González. Gyllenhaal terlihat begitu bersenang-senang dengan karakternya sementara Abdul-Mateen dan González dapat menghadirkan sejumlah sentuhan emosional lewat penceritaan yang diberikan pada karakter-karakter mereka. Karakter-karakter yang mereka perankan memang tidak selalu terasa menarik, namun Gyllenhaal, Abdul-Mateen, dan González selalu berhasil menghidupkan karakter-karakter mereka secara meyakinkan. Bukan sebuah presentasi yang benar-benar buruk meskipun sering mengecewakan akibat banyaknya potensi yang gagal untuk dimanfaatkan dengan lebih baik.

popcornpopcornpopcorn-halfpopcorn2popcorn2

Ambulance-Jake-Gyllenhaal-Yahya-Abdul-Mateen-II-Michael-Bay-movie-posterAmbulance (2022)

Directed by Michael Bay Produced by Michael Bay, Bradley J. Fischer, James Vanderbilt, William Sherak, Ian Bryce Written by Chris Fedak (screenplay), Laurits Munch-Petersen, Lars Andreas Pedersen (original screenplay, AmbulancenStarring Jake Gyllenhaal, Yahya Abdul-Mateen II, Eiza González, Garret Dillahunt, Keir O’Donnell, Moses Ingram, Colin Woodell, A Martinez, Jesse Garcia, Wale Folarin, Victor Gojcaj, Jackson White, Olivia Stambouliah, Cedric Sanders, Remi Adeleke, Devan Chandler Long Cinematography Roberto De Angelis Edited by Pietro Scalia Music by Lorne Balfe Production companies New Republic Pictures/Endeavor Content/Project X Entertainment/Bay Films Running time 136 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s