Review: Army of Thieves (2021)


Masih ingat dengan karakter pembobol brankas bernama Ludwig Dieter dari film Army of the Dead (2021)? Well… berkat garapan karakter yang kuat serta disokong dengan penampilan solid dari aktor Matthias Schweighöfer, karakter Ludwig Dieter mampu hadir mencuri perhatian diantara kerumunan pengisi departemen akting film arahan Zack Snyder tersebut. Dengan niatan untuk mengembangkan semesta pengisahan filmnya, Snyder mempersiapkan dua film cerita pendek, sebuah serial televisi, serta dua film cerita panjang yang akan mengeksplorasi sejumlah konflik maupun karakter yang telah dihadirkan dalam Army of the Dead. Salah satu dari film cerita panjang yang menjadi kelanjutan dari pengisahan Army of the Dead adalah Army of Thieves yang merupakan sebuah prekuel dan memfokuskan pengisahannya pada sosok karakter Ludwig Dieter. Menjadi film berbahasa Inggris pertama yang diarahkan oleh Schweighöfer, Army of Thieves memang tidak menawarkan pola pengisahan heist thriller yang benar-benar baru. Meskipun begitu, lewat penampilan akting serta kemampuan pengarahannya yang apik, film ini cukup berhasil membuktikan bahwa Schweighöfer memiliki talenta yang memang layak untuk diberikan perhatian lebih.

Dengan naskah cerita yang masih ditulis oleh penulis naskah Army of the Dead, Shay Hatten, Army of Thieves membawa penontonnya ke masa beberapa waktu sebelum terjadinya pandemi serangan mayat hidup seperti yang dikisahkan dalam Army of the Dead. Karakter Ludwig Dieter (Schweighöfer) masih menjalani kesehariannya sebagai seorang pegawai bank bernama Sebastian Schlencht-Wöhner di kota Postdam, Jerman. Guna mewarnai kehidupannya yang monoton, Sebastian Schlencht-Wöhnert menghabiskan waktu senggangnya dengan membuat sejumlah video daring tentang cara membongkar brankas. Tanpa disangka, video-video buatannya menarik perhatian Gwendoline Starr (Nathalie Emmanuel), seorang perampok yang berniat untuk merekrut Sebastian Schlencht-Wöhnert untuk bergabung bersama dengan dirinya dan rekan-rekannya, Korina Dominguez (Ruby O. Fee), Brad Cage (Stuart Martin), dan Rolph (Guz Khan). Tawaran yang berbahaya, namun tetap diterima oleh Sebastian Schlencht-Wöhnert demi keluar dari ritme kehidupannya yang membosankan.

Seperti banyak film berwarna heist thriller pendahulunya – termasuk Army of the DeadArmy of Thieves menggunakan sejumlah plot pengisahan yang telah cukup familiar guna membangun alur penuturannya. Dimulai dengan memperkenalkan sang karakter utama dan kegemarannya akan berbagai detil tentang tata cara membongkar atau membobol sebuah brankas, yang kemudian beralih dengan perkenalan terhadap sejumlah karakter lain yang akan terlibat dalam misi utama dalam penceritaan film, perjalanan eksekusi dari misi tersebut, serta sejumlah bumbu pengkhianatan dan romansa yang ditaburkan di berbagai celah penceritaan. Familiar, namun, di saat yang bersamaan, berhasil dirangkum dan dieksekusi Schweighöfer dengan penuturan yang ringan dan menyenangkan untuk terus dinikmati. Kemampuan naskah cerita untuk memberikan sejumlah petunjuk dan menjalin koneksi dengan linimasa pengisahan Army of the Dead juga tampil baik dan jauh dari kesan dipaksakan kehadirannya.

Army of Thieves memang sebuah paparan yang menempatkan sosok karakter Sebastian Schlencht-Wöhner di garda penceritaan terdepan. Sayangnya, pengolahan karakter tersebut sebagai sosok karakter utama tidak diiringi pengolahan cerita bagi karakter yang sesuai juga dengan para karakter pendukungnya. Komponen cerita dan karakter yang melibatkan keberadaan pihak kepolisian yang dihadirkan lewat sosok karakter Delacroix (Jonathan Cohen) nyaris terasa hanya tempelan belaka dan disajikan hanya ketika Army of Thieves membutuhkan tambahan dorongan elemen ketegangan pada ceritanya. Hal yang sama juga terjadi pada karakter-karakter lain pada film ini. Bahkan pada elemen romansa yang dihadirkan dalam kisah cinta segitiga antara karakter Sebastian Schlencht-Wöhner dengan karakter Gwendoline Starr dan Brad Cage juga terasa diolah setengah matang sehingga gagal untuk membentuk jalinan emosional yang benar-benar meyakinkan.

Beruntung, terlepas dari sejumlah masalah pada penuturan dan eksekusi akan karakter-karakternya, Army of Thieves tidak pernah terasa menjemukan. Penampilan Schweighöfer sebagai Sebastian Schlencht-Wöhner yang nantinya berganti nama menjadi Ludwig Dieter dalam Army of the Dead mampu mendekap perhatian secara utuh. Sebagai seorang sutradara, Schweighöfer juga menghasilkan penuturan yang bernada cepat dan efektif dalam menjaga banyak momen ketegangan yang memang dibutuhkan film ini. Meskipun dengan karakterisasi yang tidak terlalu mendalam, barisan pengisi departemen akting Army of Thieves hadir dalam kapasitas yang tidak mengecewakan dalam menghidupkan tiap karakter yang mereka perankan. Not bad.

popcornpopcornpopcornpopcorn2popcorn2

army-of-thieves-movie-posterArmy of Thieves (2021)

Directed by Matthias Schweighöfer Produced by Deborah Snyder, Zack Snyder, Wesley Coller, Dan Maag, Matthias Schweighöfer Written by Shay Hatten (screenplay), Zack Snyder, Shay Hatten (story), Zack Snyder (charactersStarring Matthias Schweighöfer, Nathalie Emmanuel, Ruby O. Fee, Stuart Martin, Guz Khan, Jonathan Cohen, Noémie Nakai, Christian Steyer, Dan Bradford, Barbara Meier, Andreas “Nowi” Nowak, Peter Hosking, Fanette Ronjat, Amy Huck, Peter Simonischek, Dave Bautista, Ana de la Reguera, Hiroyuki Sanada Cinematography Bernhard Jasper Edited by Alexander Berner Music by Hans Zimmer, Steve Mazzaro Production companies The Stone Quarry/Pantaleon Films Running time 127 minutes Countries United States, Germany Languages English, German

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s