Review: Hitman’s Wife’s Bodyguard (2021)


Merupakan sekuel dari The Hitman’s Bodyguard (2017) – film aksi komedi yang gagal mendapatkan reaksi positif dari para kritikus film dunia namun sukses mengumpulkan pendapatan sebesar lebih dari US$176 juta di sepanjang masa perilisannya, Hitman’s Wife’s Bodyguard kembali mempertemukan sutradara Patrick Hughes dengan tiga bintang filmnya, Ryan Reynolds, Samuel L. Jackson, dan Salma Hayek. Seperti yang digambarkan oleh judul film ini, jika film sebelumnya bercerita tentang seorang pengawal, Michael Bryce (Reynolds), yang mendapatkan tugas untuk mengawal seorang pembunuh bayaran, Darius Kincaid (Jackson), maka film ini berkisah tentang Michael Bryce yang harus menjaga istri dari sang pembunuh bayaran, Sonia Kincaid (Hayek), ketika ia sedang mencari tahu misteri keberadaan sang suami yang telah diculik oleh sekelompok penjahat. Di saat yang bersamaan, seorang teroris bernama Aristotle Papadopoulos (Antonio Banderas) sedang menyusun rencana untuk menghancurkan negara-negara di Eropa. Dan, tentu saja, garisan cerita akan membawa keempat karakter tersebut untuk bertemu (dan berseteru) antara satu dengan yang lain.

Tidak terlalu banyak perubahan dalam kualitas penuturan cerita Hitman’s Wife’s Bodyguard. Masih dengan formula pengisahan yang sama namun, seperti kebanyakan sekuel lainnya, disajikan dengan presentasi tampilan yang lebih megah dari film sebelumnya. Hughes bersama dengan penulis naskah Tom O’Connor – yang kali ini mendapatkan sokongan dari penulis naskah lainnya, Phillip Murphy dan Brandon Murphy – mempertahankan seluruh elemen yang dahulu berhasil membuat The Hitman’s Bodyguard disukai banyak penontonnya: interaksi bernuansa komikal antara karakter yang diperankan Reynolds dan Jackson, kolaborasi canggung antara kedua karakter mereka, hingga elemen-elemen aksi yang mengisi diantara adegan-adegan tersebut. Keberadaan Hayek dan karakternya yang kali ini mendapatkan porsi pengisahan lebih besar juga cukup mampu ditangani dengan baik. Hayek bahkan seringkali menjadi penampilan yang mencuri perhatian bagi film ini.

Elemen komikal dari pengisahan Hitman’s Wife’s Bodyguard harus diakui hadir lebih kuat dan jenaka jika dibandingkan dengan film pendahulunya. Capaian yang jelas tidak lepas dari penampilan prima yang dihadirkan Reynolds, Jackson, dan Hayek serta chemistry yang tampil begitu erat dan hangat diantara ketiganya. Di saat yang bersamaan, sukar untuk benar-benar menyukai atau bahkan memberikan perhatian utuh pada alur penceritaan Hitman’s Wife’s Bodyguard ketika film ini berusaha untuk mengembangkan plot cerita lain yang melibatkan karakter yang diperankan oleh Banderas ataupun karakter agen Interpol bernama Bobby O’Neill yang diperankan oleh Frank Grillo. Naskah cerita film ini bahkan menyia-nyiakan potensi pengisahan yang berada pada plot cerita tentang hubungan ayah dan anak antara karakter Michael Bryce dan Michael Bryce Sr. (Morgan Freeman).

Hitman’s Wife’s Bodyguard jelas masih akan bekerja dengan baik bagi mereka yang sekedar menginginkan hiburan lepas tanpa pernah berniat untuk tenggelam lebih dalam pada plot pengisahan dangkal yang dihadirkan oleh film ini. Namun, jika Hughes berniat untuk melanjutkan perjalanan seri film ini, rasanya butuh plot cerita lebih baik daripada sekedar menghadirkan berbagai deretan kesialan yang dialami oleh karakter Michael Bryce ketika menjalankan misinya agar dapat menarik perhatian penonton secara lebih mendalam. Cukup disayangkan jika penampilan trio Reynoldsa, Jackson, dan Hayek terus terbuang percuma berkat naskah cerita yang tidak mampu memanfaatkan kehadiran mereka dengan lebih bijaksana.

popcornpopcornpopcornpopcorn2popcorn2

hitmans-wife-bodyguard-ryan-reynolds-salma-hayek-samuel-l-jackson-movie-posterHitman’s Wife’s Bodyguard (2021)

Directed by Patrick Hughes Produced by Matt O’Toole, Les Weldon, Yariv Lerner Written by Tom O’Connor, Brandon Murphy, Phillip Murphy (screenplay), Tom O’Connor (story), Tom O’Connor (characters) Starring Ryan Reynolds, Samuel L. Jackson, Salma Hayek, Frank Grillo, Richard E. Grant, Antonio Banderas, Morgan Freeman, Ivor Bagaric, Tom Hopper, Kristofer Kamiyasu, Caroline Goodall, Alice McMillan, Gabriella Wright, Dragan Mićanović, Rebecca Front, Blake Ritson, Miltos Yerolemou, Gary Oldman, Patrick Hughes Cinematography Terry Stacey Edited by Michael J. Duthie, Jack Hutchings Music by Atli Örvarsson Production companies Millennium Media/Nu Boyana Film Studios/Campbell Grobman Films/Film i Väst/FilmGate Films Running time 116 minutes  Country United States Language English

One thought on “Review: Hitman’s Wife’s Bodyguard (2021)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s