Review: Fear Street Part Two: 1978 (2021)

Melanjutkan laju pengisahan Fear Street Part One: 1994 (Leigh Janiak, 2021), Fear Street Part Two: 1978, yang masih diarahkan oleh Janiak dengan naskah cerita yang ditulis oleh Janiak bersama dengan Zak Olkewicz berdasarkan seri buku Fear Street karangan R. L. Stine, akan menguak lebih dalam mengenai misteri keberadaan seorang perempuan bernama Sarah Fier yang di tahun 1666 dieksekusi karena dugaan kemampuan ilmu sihirnya. Dengan latar belakang waktu pengisahan di tahun 1978, film ini memperkenalkan dua bersaudara yang berasal dari kota Shadyside, Ohio, Amerika Serikat, Cindy (Emily Rudd) dan Christine Berman atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan Ziggy (Sadie Sink), yang sedang mengikuti perkemahan musim panas di Camp Nightwing. Meskipun bersaudara, Cindy dan Ziggy Berman memiliki cara yang berbeda dalam menjalani kesehariannya: Cindy Berman berfokus penuh untuk mewujudkan seluruh impiannya agar dapat keluar dari Shadyside sementara Ziggy Berman lebih memilih untuk menikmati hidup meskipun akhirnya sering terjebak dalam berbagai masalah. Hubungan keduanya kemudian mendapatkan ujian ketika Camp Nightwing mendapatkan teror dari seorang sosok bertopeng yang bersiap untuk membunuh setiap orang yang ditemuinya.

Jika dibandingkan film pendahulunya, Fear Street Part Two: 1978 tampil lebih tenang dalam bertutur: tidak (terlalu) banyak mengandalkan lagu-lagu popular di setiap adegan ceritanya, tidak banyak karakter yang menuntut perhatian atau pengembangan cerita, serta tidak banyak usaha untuk menghadirkan banyak kejutan horor bagi para penontonnya. Lebih kalem, namun jauh lebih rapi. Untungnya, Fear Street Part Two: 1978 sama sekali tidak berniat untuk mengurangi intensitas horor maupun adegan-adegan yang penuh dengan lumuran darah dalam presentasinya. Seperti film pendahulunya, Fear Street Part Two: 1978 juga menggunakan inspirasi atas film-film horor yang bertemakan pembunuhan di sebuah kamp musim panas dengan seksama. Tiap adegan pembunuhan dirancang dengan baik – meskipun tidak ada yang seikonik adegan kematian karakter Kate Schmidt (Julia Rehwald) pada Fear Street Part One: 1994. Dinamika karakter dan hubungan yang terjalin antara mereka juga terbangun secara apik, mulai dari kisah persahabatan, romansa, hingga elemen cerita soal perundungan.

Fear Street Part Two: 1978 memang tidak memberikan informasi baru yang lebih banyak tentang pengisahan sosok karakter Sarah Feir yang memang menjadi misteri utama bagi seri film ini. Meskipun begitu, sejumlah petunjuk tetap diberikan yang, tentu saja, dilakukan untuk mendorong keutuhan cerita dari sang karakter yang akan diselesaikan melalui Fear Street Part Three: 1666 yang akan dirilis pekan depan. Garapan naskah dari Janiak dan Olkewicz untuk film ini sendiri tampil cukup sederhana. Pada banyak bagian, Fear Street Part Two: 1978 lebih berfokus pada hubungan antara karakter Cindy dan Ziggy Berman dengan kisah romansa yang terbentuk antara karakter Ziggy Berman dan Nick Goode (Ted Sutherland) serta jalinan persahabatan antara karakter Cindy Berman dengan Alice (Ryan Simpkins) turut terbangun sebagai kisah pendukung. Kisah -kisah tersebut dapat dikembangkan dengan baik, mampu memberikan jiwa bagi penuturan Fear Street Part Two: 1978 sehingga tidak hanya sekedar tampil sebagai slasher yang menomorsatukan adegan-adegan berdarah, serta terasa meyakinkan berkat penampilan para pemerannya.

Menggunakan talenta-talenta baru yang wajah maupun namanya mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan penikmat film dunia, Fear Street Part Two: 1978 tetap berhasil dalam menonjolkan kualitas departemen aktingnya. Ritme pengisahan film ini mendapatkan sokongan kuat dari penampilan para pemerannya – khususnya dari ketiga pemeran utama film: Rudd, Sink, dan Simpkins. Sink, yang seringkali mendapatkan adegan-adegan dengan tampilan yang menuntut presentasi fisik maupun emosional yang kuat, mampu mengeksekusi tiap adegannya dengan sangat baik. Secara keseluruhan, Fear Street Part Two: 1978 jelas adalah sebuah peningkatan yang sangat menyenangkan dari presentasi film sebelumnya. Lebih banyak darah, lebih banyak momen horor, dengan penampilan akting yang tampil semakin meyakinkan, serta penataan cerita yang bertutur lebih baik. Horor yang mengesankan.

Fear Street Part Two: 1978 (2021)

Directed by Leigh Janiak Produced by Peter Chernin, Jenno Topping, David Ready Written by Zak Olkewicz, Leigh Janiak (screenplay), Zak Olkewicz, Phil Graziadei, Leigh Janiak (story), R. L. Stine (books, Fear Street) Starring Sadie Sink, Emily Rudd, Ryan Simpkins, McCabe Slye, Ted Sutherland, Jordana Spiro, Gillian Jacobs, Kiana Madeira, Benjamin Flores Jr., Ashley Zukerman, Olivia Scott Welch, Chiara Aurelia, Jordyn DiNatale, Drew Scheid, Sam Brooks, Jacqi Vené, Michael Provost, Brandon Spink, Matthew Zuk Music by Marco Beltrami, Brandon Roberts Cinematography Caleb Heymann Edited by Rachel Goodlett Katz Production companies Chernin Entertainment Running time 110 minutes Country United States Language English

One thought on “Review: Fear Street Part Two: 1978 (2021)”

Leave a Reply