Review: Wish Dragon (2021)

Merupakan film kedua garapan Sony Pictures Animation yang ditayangkan di Netflix pada tahun ini setelah The Mitchells vs. the Machine (Mike Rianda, 2021), Wish Dragon adalah sebuah film animasi yang memiliki alur penceritaan yang mungkin akan mengingatkan penontonnya pada animasi klasik milik Walt Disney Pictures, Aladdin (John Musker, Ron Clements, 1992). Filmnya bercerita tentang Din Song (Jimmy Wong), seorang pemuda yang berasal dari kelas menengah yang bermimpi untuk kembali bertemu dengan teman masa kecilnya, Li Na Wang (Natasha Liu Bordizzo), yang karena kesuksesan sang ayah, Mr. Wang (Will Yun Lee), kini telah hidup sebagai keluarga berada nan kaya raya. Suatu hari, Din Song mendapatkan sebuah teko teh dari seorang pria tua (Ronny Chieng) yang mengaku bahwa dirinya adalah seorang dewa. Awalnya, Din Song mengacuhkan teko teh yang diterimanya tersebut. Namun, ketika sesosok naga bernama Long (John Cho) keluar dari teko teh tersebut dan bersedia untuk mengabulkan tiga permintaannya, Din Song dengan segera tahu apa yang ingin diwujudkannya.

Merupakan debut pengarahan bagi Chris Appelhans – yang sebelumnya pernah terlibat dalam proses produksi bagi film-film animasi seperti Coraline (Henry Selick, 2009), Fantastic Mr. Fox (Wes Anderson, 2009), The Princess and the Frog (Musker, Clements, 2009), hingga Puss in Boots (Chris Miller, 2011), dan The Angry Birds Movie (Clay Kaytis, Fergal Reilly, 2016), Wish Dragon memang tidak menawarkan sebuah alur penceritaan yang terasa benar-benar baru. Meskipun begitu, layaknya sebuah sajian nasi goreng dengan rasa yang familiar namun begitu digemari, Appelhans dapat meramu naskah cerita garapannya bagi film ini untuk menghasilkan pengisahan yang begitu menyenangkan untuk diikuti. Tema tentang persahabatan dan hubungan antara anak dengan orangtua dihadirkan dengan penuturan yang mudah dicerna. Balutan komedi yang diterapkan Appelhans – khususnya pada barisan dialog yang dilontarkan oleh karakter Long – juga menghasilkan nilai tambah ketika dialog-dialog tersebut mampu dieksekusi dengan sempurna oleh Cho.

Sebagai sebuah film animasi yang memanfaatkan latar belakang lokasi pengisahan yang berada di wilayah Republik Rakyat Tiongkok, Wish Dragon juga tampil tidak mengecewakan dalam memanfaatkan tampilan visual penuh warna guna penggambaran budaya maupun wilayah kota serta pinggiran kota dari negara beribukota Beijing tersebut. Animasi yang menampilkan berbagai gedung pencakar langit yang menghiasi perkotaan, atau barisan kemacetan, atau barisan rumah penduduk yang tersusun rapat, hingga gambaran dari karakter Long yang dihadirkan sebagai sosok naga berwarna merah muda disajikan dengan begitu indah. Appelhans juga mampu menjaga ritme penceritaan film ini dengan tata pengisahan yang cepat namun jauh dari kesan tergesa-gesa. Tiap momen yang harus dihadapi oleh karakter Din Song bersama dengan karakter Long tampil memberikan kesan hangat berkat fokus yang terus berjalan bersama kedua karakter secara beriringan.

Kesederhanaan pengelolaan kisah maupun karakter yang ditampilkan dalam Wish Dragon memang membuat film ini begitu terbatas dalam memberikan kedalaman cerita bagi setiap konflik yang hadir. Selain hubungan persahabatan antara karakter Din Song dengan karakter Long yang secara perlahan mulai berkembang semenjak awal cerita, kisah-kisah lain dalam film ini tampil dengan begitu seadanya. Tidak buruk, namun tidak mampu untuk memberikan sentuhan emosional yang lebih kuat. Beruntung, Appelhans memiliki barisan pengisi suara yang piawai dalam menghidupkan setiap karakter yang mereka perankan. Selain Cho yang jelas menjadi bintang utama film ini berkat kemampuannya  untuk menjadikan karakter Long sebagai sosok naga yang sinis namun tetap lucu, menghibur, dan mudah disukai, Wong juga berhasil memberikan kualitas olah vokal yang mengimbangi penampilan vokal Cho. Chemistry yang ia hasilkan bersama Cho juga tampil meyakinkan – hal sama yang juga berhasil ia bangun bersama dengan Bordizzo. Pengisi suara lain dalam film ini, termasuk Aaron Yoo dan Constance Wu, juga memberikan penampilan vokal yang semakin memperkuat kualitas presentasi film ini secara keseluruhan.

 

Wish Dragon (2021)

Directed by Chris Appelhans Produced by Aron Warner, Chris Bremble, Jackie Chan Written by Chris Appelhans Starring Jimmy Wong, John Cho, Constance Wu, Natasha Liu Bordizzo, Jimmy O. Yang, Aaron Yoo, Will Yun Lee, Ronny Chieng, Ian Chen, Alyssa Abiera, Nico Santos, Bobby Lee, Chris Appelhans, Niu Junfeng, Jackie Chan Music by Philip Klein Edited by Michael Andrews Production companies Columbia Pictures/Sony Pictures Animation/Beijing Sparkle Roll Media Corporation/Tencent Pictures/Base FX/Flagship Entertainment Group/Boss Collaboration/Cultural Investment Holdings Running time 98 minutes Countries United States, China Languages Chinese, English

Leave a Reply