Review: Those Who Wish Me Dead (2021)


Diadaptasi dari novel karangan Michael Koryta yang berjudul sama, film cerita panjang kedua – ketiga jika Anda ingin menghitung Vile (2011) yang tidak pernah diakui sebagai film arahannya – yang diarahkan oleh Taylor Sheridan setelah Wind River (2017), Those Who Wish Me Dead, berkisah mengenai pertemuan yang tidak disengaja antara seorang anggota pasukan khusus pemadam kebakaran hutan, Hannah Faber (Angelina Jolie), dengan seorang anak laki-laki bernama Connor Casserly (Finn Little). Sial, pertemuan tersebut tidak berlangsung dalam kondisi yang menyenangkan. Connor Casserly baru saja menyaksikan ayahnya, Owen Casserly (Jake Weber), dibunuh dan saat ini sedang berada dalam pelarian dari dua orang pembunuh sang ayah, Patrick Blackwell (Nicholas Hoult) dan Jack Blackwell (Aidan Gillen), yang kini juga sedang mengincar nyawanya. Mengetahui tragedi yang dialami oleh anak yang baru ia temui, Hannah Faber mulai menyusun rencana untuk dapat menyelamatkannya.

Seperti yang ditunjukkan dalam naskah-naskah film yang digarapnya, mulai dari Sicario (2015) serta sekuelnya Sicario: Day of the Soldado (2018), Hell or High Water (2016), maupun Wind River yang menandai debut penyutradaraannya, Sheridan adalah sosok yang memiliki kapabilitas yang mumpuni dalam menggarap kisah-kisah dengan unsur misteri yang mampu memberikan ketegangan pada penonton yang menyaksikannya. Cerita-cerita garapan Sheridan juga dikenal memiliki penyampaian yang subtil akan sejumlah isu-isu sosial. Those Who Wish Me Dead mungkin menandai kali pertama cerita garapan Sheridan bekerja layaknya sebuah thriller murni dengan plot pengisahan yang cenderung bergerak lurus tanpa adanya lapisan-lapisan cerita tambahan lainnya. Bukan sebuah masalah besar, tentu saja, namun Those Who Wish Me Dead juga terasa tidak memiliki energi ataupun nilai ketegangan yang cukup untuk membuatnya menjadi sebuah sajian pengisahan yang kuat.

Naskah cerita film yang digarap Sheridan bersama dengan Koryta dan Charles Leavitt (Warcraft, 2016) dihadirkan dengan runutan konflik dan cerita yang membuat Those Who Wish Me Dead tampil layaknya film-film sejenis yang dirilis pada beberapa dekade lalu. Tidak banyak paparan yang mendalam meskipun film ini turut berusaha untuk memberikan riak konflik pada masa lalu dari karakter Hannah Faber ataupun lewat hubungannya dengan karakter rekan kerja sekaligus mantan kekasihnya, Ethan Sawyer (Jon Bernthal). Tidak ada satupun elemen pengisahan tersebut yang mampu tereksekusi dengan benar-benar baik, sayangnya. Kebanyakan hanya hadir untuk tetap menjaga pergerakan pengisahan film tanpa pernah terasa berusaha untuk menjadikannya dapat meninggalkan kesan yang lebih mendalam. Hal yang sama juga dapat dirasakan dari barisan karakter yang hadir dalam linimasa pengisahan film. Diperankan dengan baik oleh para pemerannya namun karakterisasi yang minim – jika tidak ingin menyebutnya sebagai dangkal – tidak mampu memberikan nilai lebih bagi kualitas pengisahan film secara keseluruhan.

Meskipun hadir dengan tatanan kisah yang kurang menggigit, pengarahan yang diberikan Sheridan setidaknya masih dapat menghasilkan momen-momen pengisahan thriller yang menarik. Sheridan menata alur penceritaan Those Who Wish Me Dead secara handal untuk tetap membuat penonton mengikuti kupasan misteri yang dihadirkan. Dukungan tata sinematografi dari Ben Richardson dan tata musik garapan Brian Tyler juga memberikan sentuhan yang tepat bagi atmosfer film. Tentu saja, penampilan para pengisi departemen akting film menjadi nyawa terkuat bagi presentasi Those Who Wish Me Dead. Jolie bermain apik. Begitu pula dengan aktor cilik Little yang mampu menghadirkan chemistry erat dengan Jolie sekaligus memberikan penampilan yang kuat guna menghidupkan sosok karakter yang ia perankan. Gillen, Hoult, Weber, dan Bernthal juga sukses memberikan penampilan akting yang meyakinkan namun adalah penampilan dari Medina Senghore yang berperan sebagai karakter istri dari karakter yang diperankan dari Bernthal yang mampu mencuri perhatian dengan aktingnya yang apik. Bukan sebuah sajian yang istimewa maupun mengesankan, namun Those Who Wish Me Dead jelas masih dapat menjadi tayangan yang layak untuk disaksikan.

Those Who Wish Me Dead (2021)

Directed by Taylor Sheridan Produced by Steven Zaillian, Garrett Basch, Aaron L. Gilbert, Kevin Turen, Taylor Sheridan Written by Michael Koryta, Charles Leavitt, Taylor Sheridan (screenplay), Michael Koryta (novel, Those Who Wish Me Dead) Starring Angelina Jolie, Finn Little, Nicholas Hoult, Aidan Gillen, Jon Bernthal, Medina Senghore, Jake Weber, Tyler Perry, James Jordan, Tory Kittles Music by Brian Tyler Cinematography Ben Richardson Edited by Chad Galster Production companies New Line Cinema/Bron Studios/Film Rites/Creative Wealth Media/Bosque Ranch Productions Running time 100 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s