Review: Tom & Jerry (2021)

Apakah Anda tahu bahwa pasangan karakter kucing dan tikus, Thomas D. Cat dan Jerome A. Mouse – atau yang lebih popular dengan nama panggilan mereka, Tom dan Jerry, yang dikreasikan oleh William Hanna dan Joseph Barbera pernah memenangkan Academy Awards? Sebelum popular sebagai tontonan jutaan mata di seluruh dunia melalui serial televisi animasi yang mengudara semenjak tahun 1975, Hanna dan Barbera menjadikan karakter Tom dan Jerry sebagai bintang bagi 141 film animasi pendek mereka yang diproduksi dan dirilis oleh Metro-Goldwyn-Mayer Studios dari tahun 1940 hingga tahun 1958. Pada era inilah Tom & Jerry berhasil memenangkan kategori Best Animated Short Film di ajang Academy Awards sebanyak tujuh kali. Tom & Jerry: The Movie yang diarahkan oleh Phil Roman dan dirilis pada tahun 1992 menjadi film pertama dari seri Tom & Jerry yang ditayangkan di layar bioskop. Hampir tiga dekade kemudian, Warner Bros. Pictures mencoba membangkitkan kembali kepopuleran Tom & Jerry dengan memproduksi sebuah film berjudul sama yang menempatkan karakter animasi Tom dan Jerry pada gambaran kehidupan nyata sebagai latar belakang pengisahannya.

Diarahkan oleh Tim Story (Shaft, 2019), versi layar lebar teranyar dari Tom & Jerry, tentu saja, masih menghadirkan karakter kucing dan karakter tikus tersebut berseteru dalam setiap pertemuan mereka. Perseteruan mereka ternyata membawa masalah bagi seorang gadis muda bernama Kayla (Chloë Grace Moretz) yang baru saja memulai pekerjaannya di sebuah hotel mewah di kota New York, Amerika Serikat. Pilihan Jerry untuk tinggal di salah satu ruangan di hotel tempat Kayla bekerja membuat Kayla mendapatkan tugas dari atasannya, Terence (Michael Peña) dan Mr. Dubros (Rob Delaney), untuk menyingkirkan sang tikus mengingat hotel mereka akan menjadi lokasi pernikahan mewah bagi pasangan miliuner, Ben (Colin Jost) dan Preeta (Pallavi Sharda). Kayla lantas mempekerjakan Tom untuk memburu Jerry. Sebuah pilihan yang sebenarnya cukup masuk akal namun menghasilkan begitu banyak kekacauan dalam keseharian Kayla.

Tidak ada yang benar-benar baru dari perseteruan antara karakter Tom dan Jerry. Namun, cukup mengecewakan untuk melihat Warner Bros. Pictures terkesan hanya bertahan dengan kumpulan guyonan bernada sama ataupun garisan cerita yang cenderung berkualitas klise pada usaha perdana mereka untuk memperkenalkan kembali Tom & Jerry pada sebuah generasi penonton yang baru. Usaha untuk memadukan teknik pengisahan animasi dengan live-action yang dihadirkan film ini sendiri sebenarnya masih dapat dinikmati – khususnya bagi para penonton muda maupun para penikmat film-film keluarga. Pilihan Story yang cenderung untuk menghadirkan ritme cerita secara cepat juga cukup mendukung berbagai kekacauan yang hadir karena persaingan antara kedua karakter utama film yang terus menjadi fokus dalam pengisahan film ini. Cukup menghibur walau tidak pernah sama sekali terasa benar-benar memikat.

Naskah cerita garapan Kevin Costello (Brigsby Bear, 2017) memang sepertinya didesain untuk menghadirkan kesan nostalgia yang kuat dalam presentasi cerita Tom & Jerry. Di saat yang bersamaan, jelas terasa cukup dangkal untuk menghadirkan barisan karakter yang sama sekali tidak memiliki galian karakter maupun pengisahan kuat yang akan mampu membuat penonton merasa tertarik untuk terus mengikuti perjalanan cerita mereka. Tom & Jerry cukup beruntung memiliki Moretz, Peña, Delaney, dan Ken Jeong – yang kehadirannya begitu disia-siakan oleh film ini – yang masih mampu menahan malu dan terus berusaha menghidupkan karakter-karakter dangkal yang mereka perankan. Selebihnya, Warner Bros. Pictures sepertinya harus berusaha lebih kuat lagi agar karakter Tom dan Jerry mampu bersaing dengan karakter-karakter animasi modern lainnya yang kini telah mampu dihadirkan dengan dimensi pengisahan yang jauh lebih mendalam guna mengikuti perkembangan zaman.

 

Tom & Jerry (2021)

Directed by Tim Story Produced by Chris DeFaria Written by Kevin Costello (screenplay), William Hanna, Joseph Barbera (characters) Starring Tom, Jerry, Chloë Grace Moretz, Michael Peña, Colin Jost, Rob Delaney, Ken Jeong, Pallavi Sharda, Jordan Bolger, Patsy Ferran, Daniel Adegboyega, Christina Chong, Ajay Chhabra, Somi De Souza, Camilla Arfwedson, Ozuna, Paolo Bonolis, William Hanna, Mel Blanc, June Foray, Frank Welker, T-Pain, Nicky Jam, Bobby Cannavale, Lil Rel Howery, The Plastic Cup Boyz, Joey Well, Harry Ratchford, Na’im Lynn, Spank Horton, Utkarsh Ambudkar, Tim Story, Goldie the Goldfish, Toodles “Toots” Galore, Droopy, Screwy Squirrel Music by Christopher Lennertz Cinematography Alan Stewart Edited by Peter S. Elliot Production companies Warner Animation Group/The Story Company/Turner Entertainment Co. Running time 101 minutes Country United States Language English

Leave a Reply