Review: Unhinged (2020)

Rachel Flynn (Caren Pistorius) tidak akan melupakan hari yang baru dilaluinya. Hari tersebut dimulai cukup buruk. Setelah menyelesaikan sejumlah perdebatan dengan pengacara perceraiannya, Andy (Jimmi Simpson), Rachel Flynn harus segera mengantarkan anaknya, Kyle Flynn (Gabriel Bateman), ke sekolah sekaligus berangkat menuju tempat kerjanya. Sial, kemacetan di jalanan yang harus ia lalui membuat Kyle Flynn lantas terlambat tiba di sekolah serta Rachel Flynn kemudian kehilangan pekerjaannya. Kepanikan selama di perjalanan tersebut sempat menjebak Rachel Flynn dalam sebuah perseteruan dengan seorang pria asing (Russell Crowe). Perseteruan tersebut sebenarnya dapat saja berakhir damai ketika sang pria asing mendatangi Rachel Flynn dan meminta maaf lalu meminta Rachel Flynn juga menyampaikan permohonan maaf kepada dirinya. Namun, rasa kesal yang telah memenuhi kepalanya membuat Rachel Flynn menolak permintaan tersebut. Penolakan yang secara tidak terduga kemudian berujung dengan rentetan teror yang menghantui Rachel Flynn dan orang-orang yang disayanginya.

Unhinged, film arahan Derrick Borte (American Dreamer, 2019) yang naskah ceritanya ditulis oleh Carl Ellsworth (Red Dawn, 2012), memang tidak menawarkan sebuah ide pengisahan yang benar-benar baru maupun istimewa. Kisah perseteruan (yang seringkali berujung kematian) antara dua karakter yang dimulai dengan sebuah konflik yang sebenarnya sederhana juga pernah menjadi fokus utama bagi film-film seperti Duel (Steven Spielberg, 1971), Falling Down (Joel Schumacher, 1993), Joy Ride (John Dahl, 2001), hingga Changing Lanes (Roger Michell, 2002). Meskipun begitu, Borte cukup mampu untuk memberikan fokus pengarahan yang maksimal guna membuat setiap momen menegangkan dalam alur cerita film ini benar-benar terasa nyata. Di menit pertama karakter yang diperankan Crowe dikisahkan mulai meluapkan rasa amarahnya pada karakter Rachel Flynn, Unhinged secara konstan terus berusaha untuk menghadirkan berbagai trik agar intensitas ketegangan cerita tetap terjaga.

Di saat yang bersamaan, fokus yang dipilihkan oleh Ellsworth dan Borte pada sisi aksi dan ketegangan cerita harus diakui mempersempit ruang yang diberikan pada elemen-elemen lain dalam linimasa pengisahan Unhinged untuk dapat berkembang dengan matang. Memang, kilasan demi kilasan akan sejumlah kisah tentang latar belakang para karakter hadir untuk mengenalkan penonton pada sosok-sosok yang kisahnya sedang diceritakan dalam film ini. Meskipun begitu, adegan-adegan bernilai kekerasan dan sadis, plot cerita yang terus hadir dengan kehampaan logika, maupun pilihan-pilihan bodoh yang diambil oleh karakter Rachel Flynn dalam usahanya untuk melarikan diri dari karakter yang diperankan Crowe membuat Unhinged semakin lama terasa berjalan dengan pengisahan yang monoton dan konyol. Sentuhan akan pesan sosial agar setiap orang lebih bersabar dalam menghadapi orang lain karena setiap orang memiliki permasalahannya masing-masing yang ingin diutarakan cerita film akhirnya terkubur begitu saja.

Selain deretan adegan aksi – dan kekerasan – yang menjadi nilai jual utama dari presentasi cerita Unhinged, penampilan solid yang diberikan Crowe juga masih mampu memberikan dorongan nilai kualitas bagi film ini. Menghadirkan sosok karakternya sebagai sosok yang dingin, keras, dan tanpa rasa kasihan sedikitpun, Crowe membuat kehadiran karakternya dapat meninggalkan kesan yang cukup mendalam. Selain Crowe, para pengisi departemen akting lain dari Unhinged juga hadir dengan penampilan yang tidak mengecewakan. Pistorius, misalnya, mampu menyeimbangi kekuatan penampilan Crowe dengan membuat karakternya terlihat rapuh namun tangguh di momen-momen krusialnya. Sayang, penulisan karakter yang terlampau dangkal seringkali membuat karakter-karakter dalam alur kisah film ini terasa hadir tanpa kesan yang berarti.

 

Unhinged (2020)

Directed by Derrick Borte Produced by Lisa Ellzey, Andrew Gunn, Mark Gill Written by Carl Ellsworth Starring Russell Crowe, Caren Pistorius, Gabriel Bateman, Jimmi Simpson, Austin P. McKenzie, Juliene Joyner, Stephen Louis Grush, Anne Leighton, Michael Papajohn, Lucy Faust, Devyn A. Tyler, Samantha Beaulieu, Andrew Morgado Music by David Buckley Cinematography Brendan Galvin Edited by Steve Mirkovich, Michael McCusker, Tim Mirkovich Production companies Ingenious Media/Burek Films Running time 93 minutes Country United States Language English

One thought on “Review: Unhinged (2020)”

Leave a Reply