Review: The Little Things (2021)

Lebih dikenal untuk film-film garapannya yang bernuansa drama keluarga seperti The Rookie (2002), The Blind Side (2009), dan Saving Mr. Banks (2013), sutradara John Lee Hancock menginjakkan kakinya ke ranah pengisahan cerita yang lebih kelam lewat film terbaru yang ia arahkan, The Little Things. Berlatar belakang waktu pengisahan di tahun 1990, film yang naskah ceritanya juga ditulis oleh Hancock ini bercerita tentang dua perwira polisi, Joe Deacon (Denzel Washington) dan Jim Baxter (Rami Malek), yang berupaya untuk menangkap seorang pembunuh berantai yang tengah berkeliaran dan menimbulkan keresahan pada warga di wilayah Los Angeles, Amerika Serikat. Setelah melalui serangkaian proses penyelidikan, Joe Deacon dan Jim Baxter memusatkan perhatian mereka pada seorang pria penyendiri bernama Albert Sparma (Jared Leto) yang dianggap memenuhi kriteria sosok yang mereka cari dan diduga merupakan pelaku dari serangkaian kasus pembunuhan yang sedang mereka investigasi.

Dengan atmosfer pengisahan yang kelam serta tata penceritaan yang cenderung berjalan lamban, tidak akan mengherankan jika The Little Things kemudian mendapatkan sejumlah perbandingan dengan film misteri tentang pembunuhan berantai arahan sutradara David Fincher, Seven (1995). Sayangnya, Hancock tidak mampu menghadirkan kecerdasan maupun kekuatan penceritaan seperti yang ditampilkan Fincher dalam Seven. Ketika Fincher menghabiskan menit demi menit durasi presentasi Seven untuk mengurai misteri serta membuka lapisan cerita pada tiap konflik maupun karakter yang tampil dalam linimasa pengisahan filmnya, The Little Things justru sering terpaku pada drama yang terjalin antara karakter Joe Deacon dan Jim Baxter. Bangunan misteri tentang rangkaian peristiwa pembunuhan serta siapa sosok yang berada di belakang aksi kriminal tersebut malah gagal tergarap dengan baik dan menjadikan The Little Things terasa cukup hambar pengisahannya.

Hancock memang bisa saja beralasan bahwa fokus cerita yang terus mengikuti sosok Joe Deacon dan Jim Baxter dibuat sebagai penyangga bagi kehadiran pelintiran kisah yang nantinya dibuka pada akhir paruh ketiga pengisahan film. Namun, di saat yang bersamaan, jelas tidak dapat disangkal bahwa The Little Things terasa kehilangan esensi presentasi misterinya ketika film ini memilih untuk tidak memberikan pengembangan yang lebih matang pada konflik yang memang menjadi tema sentral cerita. Pengarahan yang diberikan oleh Hancock juga tidak memberikan banyak dorongan berarti pada kualitas cerita The Little Things secara keseluruhan. The Little Things memang masih mampu dihadirkan dengan kualitas tata produksi yang tidak mengecewakan namun pilihan Hancock untuk mengalirkan narasi hampa yang dimiliki oleh filmnya dengan ritme yang terbata-bata menjadikan 128 menit durasi pengisahan The Little Things menjadi begitu menyiksa.

Trivia: Tahukah Anda bahwa Washington merupakan pilihan pertama Fincher untuk membintangi Seven sebelum akhirnya memberikan peran utama film tersebut kepada Brad Pitt? Usaha Washington untuk mengubur rasa sesalnya dalam menolak tawaran Fincher memang masih mampu dihadirkannya dengan penampilan akting yang meyakinkan. Sayangnya, seperti hampir seluruh bagian dari penceritaan The Little Things, karakter Joe Deacon yang diperankan Washington tidak pernah terasa benar-benar menarik akibat pengembangan karakter yang terasa begitu dangkal. Bersama dengan Washington, Malek dan Leto juga berhasil memberikan penampilan yang berkualitas prima atas karakter-karakter yang mereka perankan. Departemen akting dari film ini mungkin merupakan satu-satunya elemen yang masih cukup layak untuk mendapatkan sedikit pujian. Selain itu, tidak sukar untuk menempatkan The Little Things sebagai sajian misteri yang familiar namun gagal untuk dieksekusi secara maksimal.

 

The Little Things (2021)

Directed by John Lee Hancock Produced by Mark Johnson, John Lee Hancock Written by John Lee Hancock Starring Denzel Washington, Rami Malek, Jared Leto, Natalie Morales, Chris Bauer, Michael Hyatt, Terry Kinney, Isabel Arraiza, Joris Jarsky, Glenn Morshower, Sofia Vassilieva, Jason James Richter, John Harlan Kim, Frederick Koehler, Judith Scott, Maya Kazan, Tiffany Gonzalez, Anna McKitrick, Sheila Houlahan, Olivia Washington, Ebony N. Mayo, Lee Garlington, Charlie Saxton Music by Thomas Newman Cinematography John Schwartzman Edited by Robert Frazen Production company Gran Via Productions Running time 128 minutes Country United States Language English

One thought on “Review: The Little Things (2021)”

Leave a Reply