Review: Let Them All Talk (2020)

Dengan naskah cerita yang ditulis oleh Deborah Eisenberg, film terbaru arahan Steven Soderbergh (Magic Mike, 2012), Let Them All Talk, berkisah tentang seorang penulis, Alice Hughes (Meryl Streep), yang berencana untuk melakukan perjalanan dari Amerika Serikat ke Inggris untuk menerima sebuah penghargaan. Mengingat Alice Hughes bukanlah seorang yang gemar untuk melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, agennya, Karen (Gemma Chan), lantas menempatkannya dalam perjalanan laut dengan menggunakan kapal pesiar. Untuk menemaninya, Alice Hughes mengajak keponakannya, Tyler Hughes (Lucas Hedges), serta dua temannya yang sebenarnya telah lama tidak berkomunikasi lagi dengannya, Roberta (Candice Bergen) dan Susan (Dianne Wiest). Seperti yang dapat diduga, pertemuan kembali antara Alice Hughes dengan kedua (mantan) teman dekatnya membuka sejumlah luka lama yang memang semenjak lama belum terselesaikan diantara mereka.

Dunia memang telah mengenal Soderbergh sebagai sosok pembuat film yang gemar untuk bereksplorasi dengan berbagai jenis teknik maupun teknologi untuk menyampaikan pengisahan dalam film-filmnya. Dalam Let Them All Talk, Soderbergh bereksperimen dengan naskah cerita serta kemampuan berimprovisasi para pemeran filmnya untuk menghidupkan adegan maupun dialog yang melibatkan karakter yang mereka perankan. Naskah cerita garapan Eisenberg dikabarkan hanyalah berisi garis besar mengenai gambaran konflik dan karakter serta berbagai hal yang terjadi dalam setiap adegan dengan masing-masing pemeran kemudian bertugas untuk membangun atmosfer cerita melalui improvisasi dialog yang terjadi antara mereka secara leluasa. Sesuai dengan judul yang dipilihkan Soderbergh untuk filmnya… let them all talk! Biarkan mereka berbicara.

Tentu saja, pilihan Soderbergh untuk memberikan ruang bagi Streep, Bergen, dan Wiest dalam departemen akting Let Them All Talk adalah sebuah strategi yang teramat cerdas. Dengan kemampuan dan kehandalan akting mereka yang telah begitu terasah selama bertahun-tahun, melakukan improvisasi akting maupun dialog jelas bukanlah masalah besar bagi ketiganya. Juga bukan suatu hal yang mengagetkan jika tiga karakter utama dalam film ini mampu dihadirkan dengan meyakinkan. Bergen menjadikan karakter Roberta sebagai sosok rapuh akibat trauma masa lalunya yang masih membekas serta rasa amarah yang terus diredam. Wiest membuat dialog-dialog yang dihantarkan oleh karakter Susan terdengar begitu bijaksana. Dan Streep sekali lagi membuktikan bahwa dirinya memiliki kapabilitas akting yang mampu membuat sosok yang sebenarnya terasa dingin, egois, dan sukar untuk disukai menjadi memiliki dimensi kepribadian yang secara perlahan akan membuat siapapun kemudian merasa simpati padanya.

Hedges sendiri kadang masih terasa canggung dalam mengeksekusi dialog dan interaksinya dengan karakter-karakter yang hadir dalam linimasa pengisahan Let Them All Talk. Padahal, sejumlah konflik yang diberikan pada karakter Tyler Hughes yang ia perankan memiliki porsi krusial dalam memberikan intensitas warna penceritaan film. Cukup berbeda dengan Chan yang terlihat nyaman dalam setiap kehadiran karakternya. Alur kisah yang sederhana dengan barisan konflik yang lebih sering terasa subtil dan jauh dari kesan emosional memang kadang membuat Let Them All Talk terasa cukup monoton dalam berkisah. Meskipun begitu, eksekusi Soderbergh – yang juga bertugas menjadi sinematografer serta penata gambar – mampu menghidupkan banyak momen menarik dalam pengisahan filmnya.

Memang, Let Them All Talk terasa memiliki nilai lebih berkat kemampuan Soderbergh dalam mengarahkan barisan pemerannya untuk berimprovisasi guna menghidupkan naskah cerita. Tetap saja, kesuksesan tersebut mampu membangun Let Them All Talk menjadi sebuah presentasi yang kuat, menarik, sekaligus membuktikan posisi Soderbergh sebagai salah seorang sutradara yang mampu mengeksplorasi setiap pilihan pengisahannya dengan cerdas.

 

Let Them All Talk (2020)

Directed by Steven Soderbergh Produced by Gregory Jacobs Written by Deborah Eisenberg Starring Meryl Streep, Candice Bergen, Gemma Chan, Lucas Hedges, Dianne Wiest, John Douglas Thompson, Christopher Fitzgerald, Dan Algrant, Fred Hechinger Music by Thomas Newman Cinematography Steven Soderbergh Edited by Steven Soderbergh Production company Extension 765 Running time 113 minutes Country United States Language English

Leave a Reply