Review: Sound of Metal (2020)


Setelah sebelumnya mengarahkan film domumenter Loot (2008), sutradara Darius Marder melakukan debut penyutradaraan film cerita panjang pertamanya melalui Sound of Metal. Dengan naskah cerita yang dikerjakannya bersama dengan Abraham Marder, Sound of Metal bercerita tentang seorang penabuh drum bernama Ruben (Riz Ahmed) yang baru saja menyadari bahwa dirinya secara tiba-tiba kehilangan kemampuan pendengarannya. Tidak hanya panik, kejadian tersebut juga menghasilkan ketegangan antara dirinya dengan sang pacar, Lou (Olivia Cooke), yang juga merupakan vokalis dari duo bernama Blackgammon yang mereka bentuk. Meskipun harus mengenyampingkan berbagai rencana yang telah mereka susun sebelumnya, Lou memaksa Ruben untuk bergabung dengan komunitas tuli pimpinan Joe (Paul Raci) yang diharapkan dapat mempermudah Ruben sekaligus memberikannya ruang sendiri untuk menerima kondisi fisiknya sekarang.

Alur cerita yang disampaikan oleh Sound of Metal memang berkesan sederhana. Namun, paduan antara pengarahan solid yang diberikan oleh Marder dengan penampilan prima yang dihadirkan oleh Ahmed mampu mendorong film ini untuk tidak hanya tampil dengan kualitas pengisahan yang gemilang tetapi juga nilai cerita yang cukup mendalam. Naskah cerita Sound of Metal secara lugas menyelami jiwa sang karakter utamanya, bagaimana karakter tersebut berproses dalam menerima nasib buruknya sekaligus usahanya untuk keluar dari permasalahan yang dihadapinya. Gelombang cerita tersebut tidak hanya mampu disajikan dari sudut pandang karakter Ruben. Lewat kisah cinta yang terjalin dengan karakter Lou serta kesabaran dan bimbingan yang diberikan oleh karakter Joe, film ini memberikan gambaran yang utuh akan tahapan-tahapan yang dilalui oleh seorang karakter dalam menghadapi rasa duka dan kehilangannya.

Sokongan yang diberikan oleh Marder untuk pengisahan Sound of Metal juga hadir dalam komposisi penataan teknis filmnya. Untuk menggambarkan bagaimana sang karakter mengalami gangguan pada indra pendengarannya, Marder memberikan perhatian khusus pada desain suara film. Ketika plot kisah tentang karakter Ruben mulai kehilangan kemampuan pendengarannya, dan fokus dari alur kisah berada pada sudut pandangnya, desain suara film ini dihadirkan secara kabur, samar-samar, atau bahkan hilang dan hening sama sekali. Sentuhan teknis ini berhasil menempatkan penonton untuk berada di posisi sebagai karakter Ruben yang tidak lagi memiliki kemampuan pendengaran secara utuh. Sentuhan yang sangat cerdas. Tidak hanya dari desain suara, penataan gambar dan sinematografi juga dihadirkan kuat untuk mendukung penuh atmosfer suram yang sepertinya selalu dirasakan oleh karakter yang diperankan oleh Ahmed.

Tentu saja, jiwa film ini terletak pada penampilan fenomenal yang diberikan oleh Ahmed. Karakter yang diperankan Ahmed di film ini mungkin akan mengingatkan beberapa orang pada perannya di film Mogul Mowgli (Bassam Tariq, 2020) – dimana Ahmed berperan sebagai seorang penyanyi rap yang terancam kehilangan karir bermusiknya akibat penyakit yang ia derita. Serupa, namun Ahmed tetap mampu memberikan kedalaman karakter bagi perannya dalam film ini. Lewat penampilannya di Sound of Metal, Ahmed bahkan menunjukkan kemampuannya dalam menumpukan kemampuan beraktingnya melalui gestur tubuh atau gerakan mata ketika karakternya dikisahkan telah kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi dengan kata-kata. Ahmed jelas merupakan salah satu aktor terbaik di generasinya saat ini dan penampilannya dalam film ini semakin memastikan posisinya tersebut.

Karakter-karakter lain yang berada di linimasa penceritaan Sound of Metal memang tidak memiliki porsi pengisahan sebesar yang diberikan pada sosok karakter Ruben. Meskipun begitu, karakter-karakter yang diperankan Cooke, Raci, Lauren Ridlof, dan Mathieu Amalric tetap berhasil memberikan kesan yang kuat berkat penampilan akting yang kuat dari masing-masing aktor yang memerankannya. Komposisi solid yang semakin memperkuat kualitas pengisahan film ini secara keseluruhan.

 

Sound of Metal (2020)

Directed by Darius Marder Produced by Bert Hamelinck, Sacha Ben Harroche, Bill Benz, Kathy Benz Written by Darius Marder, Abraham Marder (screenplay), Darius Marder, Derek Cianfrance (story) Starring Riz Ahmed, Olivia Cooke, Paul Raci, Lauren Ridloff, Mathieu Amalric Music by Nicolas Becker, Abraham Marder Cinematography Daniël Bouquet Edited by Mikkel E.G. Nielsen Production company Caviar/Ward Four Running time 130 minutes Country United States Language English, American Sign Language

One thought on “Review: Sound of Metal (2020)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s