Review: Run (2020)

Wajar jika Diane Sherman (Sarah Paulson) bersikap begitu overprotektif terhadap putri semata wayangnya, Chloe Sherman (Kiera Allen). Diane Sherman melahirkan putrinya dalam kondisi prematur – sebuah kondisi yang hampir saja merenggut nyawa sang anak sekaligus memberikannya penyakit bawaan yang membuat jantung, darah, serta tulangnya tidak dapat berfungsi secara normal. Terlepas dari berbagai kelemahan kondisi fisik tersebut, Diane Sherman mampu membesarkan anaknya layaknya anak-anak kebanyakan. Bahkan, di usia yang kini menginjak 17 tahun, Chloe Sherman tengah bersiap untuk meninggalkan sang ibu guna melanjutkan pendidikannya di bangku kuliah. Namun, kecurigaan muncul pada diri Chloe Sherman setelah ia menemukan sebuah obat yang sebenarnya diresepkan pada sang ibu diberikan kepadanya. Kecurigaan tersebut secara perlahan menimbulkan berbagai pertanyaan pada diri Chloe Sherman tentang berbagai perbuatan yang selama ini dilakukan oleh sang ibu kepada dirinya.

Dibuat oleh orang-orang yang sebelumnya telah saling bekerjasama dan menghasilkan Searching (Aneesh Chaganty, 2018), Run menawarkan sebuah jalinan pengisahan yang sebenarnya cukup sederhana (dan mungkin terasa familiar bagi para penggemar film-film sejenis) namun dibalut dengan karakterisasi serta tata produksi yang berhasil menjadikannya tampil dengan sentuhan ketegangan yang maksimal. Naskah cerita yang digarap oleh Chaganty bersama dengan Sev Ohanian secara perlahan menggali setiap karakter yang hadir dalam linimasa pengisahan film, memberikan mereka lapisan cerita yang berperan secara krusial untuk membangun unsur misteri, sekaligus menghasilkan pengembangan plot yang mampu bertutur secara seksama. Membutuhkan waktu untuk benar-benar mengikat perhatian penonton namun, percayalah, Run tidak akan gagal untuk terus tampil memikat hingga akhir pengisahan.

Garapan Chaganty dan Ohanian dalam gambaran mereka akan sosok disabilitas juga layak diberikan poin khusus. Karakter Chloe Sherman dihadirkan dalam pewarnaan yang begitu positif – sosoknya tidak pernah dipandang sebagai sosok yang lemah dan selalu ditampilkan sebagai karakter yang kuat. Sentuhan yang menyegarkan. Seperti yang dilakukan keduanya dalam Searching, Run juga menghadirkan sebuah pelintiran cerita dalam linimasanya. Kejutan dalam cerita tersebut tergarap dengan apik sekaligus mampu tampil menggigit dalam merangkum alur pengisahan film ini secara keseluruhan.

Berbeda dengan Searching yang menggunakan sejumlah konflik dan karakter dalam bangunan misteri kisahnya, Run tampil minimalis dan nyaris hanya memberikan fokus kisah pada dua karakter utamanya. Nilai minimalis tersebut harus diakui memang memberikan warna yang monoton pada beberapa bagian pengisahan Run – khususnya pada paruh pertengahan film ini dimana tidak banyak perkembangan yang terjadi pada konflik cerita. Monoton, namun sama sekali tidak pernah terasa membosankan. Arahan Chaganty memastikan Run untuk terus bergerak dengan detak ketegangan yang solid. Mulai dari penyuntingan gambar, tata musik, dan sinematografi memberikan dukungan atmosfer ketegangan yang tidak pernah surut.

Arahan Chaganty untuk Run memang kembali memamerkan kemampuannya dalam mengelola penceritaan bernuansa misteri dan penuh dengan elemen ketegangan. Dukungan akting yang dipamerkan Paulson dan Allen jelas juga menjadi faktor krusial bagi kesuksesan penceritaan Run. Paulson berhasil menunjukkan kemampuannya untuk berperan sebagai sosok ibu dengan dua kepribadian yang berbeda. Paulson memang merupakan salah satu aktris yang dapat diandalkan untuk berperan sebagai berbagai variasi karakter dan penampilannya dalam film ini semakin menguatkan kredibilitas aktingnya tersebut. Allen juga memberikan kejutan dengan keberhasilannya untuk memberikan penampilan yang dapat mengimbangi penampilan Paulson. Banyak momen ketegangan dalam film ini dapat dihantarkan dengan baik berkat penampilan Allen yang membumi namun mampu begitu menghantui.

 

Run (2020)

Directed by Aneesh Chaganty Produced by Natalie Qasabian, Sev Ohanian Written by Aneesh Chaganty, Sev Ohanian Starring Sarah Paulson, Kiera Allen, Sara Sohn, Pat Healy, Erik Athavale, BJ Harrison, Sharon Bajer, Onalee Ames, Joanne Rodriguez, Bradley Sawatzky, Cory Wojcik, Tony Revolori, Carter Heintz, Conan Hodgkinson, Steve Pacaud, Derek James Trapp, Clark Webster Music by Torin Borrowdale Cinematography Hillary Fyffe Spera Edited by Nick Johnson, Will Merrick Studio Lionsgate/Search Party Running time 90 minutes Country United States Language English

Leave a Reply