Review: The SpongeBob Movie: Sponge on the Run (2020)

Dengan naskah cerita yang ditulis dan diarahkan oleh Tim Hill – yang sebelumnya bertugas sebagai penulis naskah bagi The SpongeBob SquarePants Movie (2004), The SpongeBob Movie: Sponge on the Run menghadirkan sebuah petualangan baru bagi SpongeBob SquarePants, Patrick Star, serta rekan-rekannya dari Bikini Bottom. Dikisahkan, SpongeBob SquarePants (Tom Kenny) bersama dengan Patrick Star (Bill Fagerbakke) melakukan perjalanan ke Lost City of Atlantic City untuk menyelamatkan Gary the Snail (juga diisisuarakan oleh Kenny) yang telah diculik oleh King Poseidon (Matt Berry). Jelas bukan sebuah petualangan mudah. Selain harus bersiap untuk menghadapi King Poseidon dan pasukannya, SpongeBob SquarePants dan Patrick Star juga harus menghadapi berbagai tantangan lain dalam perjalanan mereka menuju Lost City of Atlantic City. Beruntung, kedua sahabat tersebut kemudian mendapatkan bimbingan dari Sage (Keanu Reeves) serta rekan-rekan mereka dari Bikini Bottom, Sandy Cheeks (Carolyn Lawrence), Squidward Tentacles (Rodger Bumpass), Mr. Krabs (Clancy Brown), dan Plankton (Mr. Lawrence), yang segera menyusul SpongeBob SquarePants dan Patrick Star setelah mengetahui jika keduanya sedang berada dalam masalah.

Jika dibandingkan dengan dua film pendahulunya, The SpongeBob SquarePants Movie dan The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water (Paul Tibbitt, Mike Mitchell, 2015), The SpongeBob Movie: Sponge on the Run memiliki alur pengisahan yang tampil lebih dinamis. Meskipun plot pengisahannya terasa hadir bagaikan gabungan dari plot kedua film sebelumnya, The SpongeBob Movie: Sponge on the Run mengalir dengan cukup pasti dalam mengarungi petualangan yang dihadapi oleh kedua karakter utamanya. Tentu saja, berbagai sentuhan pengisahan yang telah familiar bagi para penggemar serial televisi maupun seri film SpongeBob SquarePants seperti guyonan-guyonan bernuansa “dewasa,” satir tentang kultur populer, serta deretan penampilan singkat dari beberapa wajah terkenal Hollywood masih menghiasi adegan-adegan film ini. Di saat yang bersamaan, alur pengisahan yang terasa terlalu konvensional bagi sebuah presentasi yang berhubungan dengan semesta pengisahan SpongeBob SquarePants membuat The SpongeBob Movie: Sponge on the Run terasa lumayan menjemukan.

Karakter King Poseidon yang menjadi “sosok antagonis” pada film ini tergambar dengan kurang menarik. Begitu juga dengan plot tentang karakter Plankton yang (masih) mencoba untuk mencuri dan mendapatkan formula rahasia Krabby Patty yang secara mendadak menghilang begitu saja setelah sempat diperkenalkan di awal cerita film. Beberapa guyonan memang masih mampu memberikan hiburan dan memancing senyum namun guyonan yang ditorehkan Hill untuk The SpongeBob Movie: Sponge on the Run lebih banyak tampil dengan kualitas medioker. Seperti rangkaian plot dan guyonan yang disajikannya di naskah film, alur penceritaan Hill juga sering terasa acak. Tampil terburu-buru di beberapa bagian, hadir dengan tampilan musikal yang tidak tergarap dengan baik di bagian lain, serta bertele-tele dalam penyampaian di sejumlah plot cerita.

The SpongeBob Movie: Sponge on the Run jelas merupakan film terlemah dari seri The SpongeBob SquarePants Movie. Meskipun begitu, karakter-karakter yang masih diisisuarakan oleh para pengisi suara orisinal mereka masih akan tetap mampu memberikan daya tarik tersendiri. Sebuah plot yang menghadirkan kembali kenangan akan momen-momen pertemuan pertama tiap karakter dalam seri SpongeBob SquarePants sukses disajikan secara hangat. Penampilan singkat Reeves, Danny Trejo, Snoop Dogg serta dukungan olah suara dari Awkwafina, Tiffany Haddish, dan Reggie Watts juga menjadi tambahan warna yang apik bagi presentasi keseluruhan film ini. Keputusan Hill untuk menghadirkan The SpongeBob Movie: Sponge on the Run dalam tata animasi komputer secara keseluruhan juga layak diberikan pujian karena berhasil dieksekusi dengan baik. Tidak mengecewakan meskipun, sebagai film ketiga dari sebuah seri film, The SpongeBob Movie: Sponge on the Run harusnya telah memiliki pijakan cerita yang jauh lebih solid lagi.

The SpongeBob Movie: Sponge on the Run (2020)

Directed by Tim Hill Produced by Ryan Harris Written by Tim Hill (screenplay), Tim Hill, Jonathan Aibel, Glenn Berger (story), Stephen Hillenburg (animated series, SpongeBob SquarePants) Starring Tom Kenny, Bill Fagerbakke, Rodger Bumpass, Clancy Brown, Mr. Lawrence, Jill Talley, Carolyn Lawrence, Mary Jo Catlett, Lori Alan, Matt Berry, Awkwafina, Keanu Reeves, Snoop Dogg, Danny Trejo, Tiffany Haddish, Reggie Watts, Antonio Raul Corbo, Jack Gore, Jason Maybaum, Presley Williams Music by Hans Zimmer, Steve Mazzaro Cinematography Larry Fong Production companies Paramount Animation/Nickelodeon Movies/United Plankton Pictures/Media Rights Capital/Mikros Image Running time 91 minutes Country United States Language English

Leave a Reply