Review: Charter (2020)

Ditulis dan diarahkan oleh sutradara asal Swedia, Amanda Kernell, Charter berupaya untuk menggambarkan sebuah proses perceraian serta berbagai konflik yang mengikutinya. Ketika Alice (Ane Dahl Torp) menyadari bahwa hak asuh kedua anaknya, Elina (Tintin Poggats Sarri) dan Vincent (Troy Lundkvist), akan jatuh ke tangan mantan suaminya, Mattias (Sverrir Gudnason), Alice kemudian memilih untuk mengajak kedua anaknya tersebut untuk berliburan. Bukan sebuah pilihan yang bijaksana dan jelas merupakan tindakan yang melanggar hukum mengingat Mattias sama sekali tidak mengetahui tentang rencana liburan tersebut. Namun, Alice benar-benar menginginkan untuk menghabiskan waktu bersama anak-anaknya. Di saat yang bersamaan, Alice juga ingin menggunakan waktu liburan tersebut untuk meyakinkan Elina dan Vincent bahwa mereka dapat memilih untuk tinggal bersama ibu mereka.

Tidak seperti Kramer vs. Kramer (Robert Benton, 1979) maupun Marriage Story (Noah Baumbach, 2019) yang memiliki tema pengisahan serupa, Kernell tidak memberikan pengolahan maupun penggalian secara lebih intim dan mendalam kepada karakter atau konflik yang dihadirkan dalam linimasa pengisahan Charter. Semenjak awal, Charter disajikan layaknya sebuah potongan teka-teki. Penonton diminta untuk terus menduga tentang apa yang sebenarnya terjadi pada karakter-karakter yang alur ceritanya sedang mereka ikuti. Mengapa Vincent menelepon Alice? Mengapa Mattias tidak membiarkan Alice untuk menjumpai kedua anaknya? Apa yang menyebabkan perceraian antara Mattias dan Alice? Mengapa Elina memiliki sikap yang dingin kepada ibunya? Mengapa seluruh kota begitu membenci kehadiran Alice? Beberapa pertanyaan tersebut memang secara perlahan ditemukan jawabannya seiring dengan berjalannya linimasa penceritaan. Namun, metode pengisahan yang dipilih oleh Kernell jelas menghadirkan tantangan tersendiri.

Memang, Charter dihadirkan layaknya kebanyakan film-film drama asal Skandinavia – bercerita dengan tenang, jauh dari kesan meledak-ledak, serta dialog yang tampil minimalis. Namun, sulit untuk benar-benar dapat terikat pada karakter tertentu ketika Charter memilih untuk menghadirkan karakterisasinya dengan sejumlah keterbatasan. Ambiguitas cerita yang dibangun oleh Kernell juga seringkali menghambat film ini untuk mampu berbicara lebih lugas secara emosional. Ketika film ini berhasil membangun narasi bahwa sosok karakter Alice adalah sosok ibu dengan mental yang kurang stabil, alur cerita kemudian menghadirkan plot tentang kemungkinan adanya kekerasan yang dilakukan oleh karakter Mattias kepada anak-anaknya. Ketika Charter akan mengakhiri kisahnya dengan karakter Elina dan Vincent kembali pada sosok Mattias, film ini kemudian menghadirkan pelintiran kisah yang membuat petualangan karakter Elina dan Vincent berlanjut bersama dengan karakter Alice. Sosok karakter Mattias yang lebih sering dihadirkan di latar belakang cerita juga tidak banyak membantu Charter untuk menghadirkan alur penceritaan yang lebih kuat.

Bukan berarti Charter adalah sebuah presentasi film yang buruk. Secara keseluruhan, Kernell ingin menjadikan Charter sebagai cermin tentang sebuah proses perceraian dimana tidak ada “sosok baik” maupun “sosok jahat” namun pertarungan antara dua ego yang begitu realistis dan segala hal buruk yang muncul karenanya. Penampilan yang diberikan para pengisi departemen akting film ini juga sangat kuat, khususnya Torp yang tampil begitu fenomenal dalam mengolah berbagai dimensi emosi yang sedang dilalui oleh karakter yang ia perankan. Walaupun hadir dalam kapasitas terbatas, Gudnason juga menghadirkan kesan yang mendalam dan dominan bagi sosok karakter Mattias. Kualitas produksi Charter hadir memikat dengan tata sinematografi garapan Sophia Olsson memberikan sokongan kuat atas atmosfer tenang yang dibawakan oleh film ini.

Charter screened as part of 34th Braunschweig International Film Festival.

Charter (2020)

Directed by Amanda Kernell Produced by Lars Lindström, Eva Åkergren Written by Amanda Kernell Starring Ane Dahl Torp, Sverrir Gudnason, Troy Lundkvist, Tintin Poggats Sarri, Johan Bäckström, Eva Melander, Siw Erixon, Sofia Jannok, Caroline Söderström, Anna Granquist, Anton Hennix Raukola, Gudrun Ella-Marge P. Nutti, Ayla Gáren Audhild P. Nutti, Luis Luifer Fernandez Munoz, Gabriel Guevara, Rodrigo Corzo Music by Kristian Eidnes Andersen Cinematography Sophia Olsson Edited by Anders Skov Production companies Det Danske Filminstitut/EurimagesFilm i Västerbotten/Filmpool Nord/MEDIA Programme of the European Union/Nordisk Film Production AS/Nordisk Film Production/Nordisk Film- & TV-Fond/Norsk Filminstitutt/Orange Valley Production/Svenska Filminstitutet (SFI)/Sveriges Television (SVT) Running time 94 minutes Country Sweden Language Swedish

Leave a Reply