Now Streaming: Humans

Sebelum dunia mengenalnya sebagai Astrid Young dalam Crazy Rich Asian (Jon M. Chu, 2018) atau berperan sebagai Minn-Erva ketika berdampingan dengan Brie Larson dalam Captain Marvel (Anna Boden, Ryan Fleck, 2019), aktris Gemma Chan lebih dahulu berhasil mencuri hati (dan perhatian) dunia melalui perannya dalam serial Humans. Dikembangkan oleh duo penulis asal Inggris, Sam Vincent dan Jonathan Brackley, berdasarkan serial televisi asal Swedia yang berjudul Real Humans, musim perdana Humans mengudara pada awal Juni 2015 di Inggris sebelum kemudian tayang di Amerika Serikat dan Kanada serta beberapa negara lainnya juga pada tahun yang sama. Di sepanjang tiga musim penayangannya hingga tahun 2018, Humans mampu meraih pujian luas dari para kritikus serta mendapatkan rekognisi di berbagai ajang penghargaan dunia.

Masih ingat dengan film I, Robot (Alex Proyas, 2004) yang dibintangi Will Smith? Atau film fiksi ilmiah Ex Machina (2014) arahan Alex Garland yang menghadirkan penampilan Alicia Vikander, Domhnall Gleeson, dan Oscar Isaac? Seperti kedua film tersebut, serial televisi yang sedang tayang eksklusif di Mola TV ini juga berkisah tentang sebuah dunia paralel di masa yang akan datang dimana manusia hidup berdampingan dengan kaum robot yang dikenal dengan sebutan “synth” dan bertugas untuk membantu umat manusia di berbagai aspek kehidupan mereka. Seperti yang dapat diduga, dalam perjalanan ceritanya, kaum robot secara perlahan mulai mendapatkan kesadaran dan pemikiran mereka sendiri yang, tentunya, membuat mereka dapat berlaku layaknya para manusia.

Musim pertama dari Humans terdiri dari delapan episode dan dimulai dengan memperkenalkan penonton pada karakter Joe Hawkins (Tom Goodman-Hill) yang dikisahkan membeli “synth” guna membantu berbagai pekerjaan rumah tangga sekaligus merawat anak-anaknya mengingat sang istri, Laura Hawkins (Katherine Parkinson), adalah seorang pengacara yang sibuk dan seringkali jarang meluangkan waktunya untuk berada di rumah. Keberadaan “synth” yang kemudian dinamai Anita (Chan) tersebut secara perlahan membangun konflik antara pasangan suami istri tersebut. Bukan hanya perseteruan rumah tangga antara karakter Joe dan Laura Hawkins yang dikisahkan. Perguliran cerita juga akan membawa penonton berkenalan dengan karakter George Millican (William Hurt) yang memiliki keterikatan emosional dengan “synth” bernama Odi (Will Tudor) yang karena keusangan sistem teknologi penggeraknya kini terancam untuk dipensiunkan oleh pembuatnya.

Bayangan untuk memiliki sosok robot yang dapat memberikan banyak bantuan dalam keseharian harus diakui memang cukup menggiurkan. Begitu pula bayangan untuk menjadikan robot sebagai teman maupun pendamping hidup. Humans secara kuat mampu menjual mimpi tersebut terhadap para penontonnya. Namun, seiring dengan berjalannya durasi dan bertambahnya episode cerita, serial televisi ini juga tidak lupa untuk menghantui dengan deretan konsekuensi yang harus dihadapi umat manusia ketika menjadikan sosok berteknologi canggih dengan kecerdasan buatan yang dapat melampaui kecerdasan manusia sebagai sosok kepercayaan mereka. Jangan-jangan malah manusia yang kemudian ditindas oleh para robot tersebut.

Humans tidak hanya ingin menjadikan sosok robot sebagai sosok antagonis dalam kehidupan manusia. Penggalian kisah yang begitu seksama bahkan mampu membuat beberapa episode serial televisi ini terasa begitu emosional. Kehadiran para robot justru memberikan pertanyaan dan perbandingan besar mengenai bagaimana harusnya bersikap sebagai seorang manusia – khususnya di beberapa episode yang menggambarkan bagaimana para robot acapkali lebih mampu melakukan tindakan yang manusiawi dibandingkan dengan beberapa karakter manusianya. Selain penampilan menawan dari Chan, tiga musim Humans juga akan menghadirkan penampilan akting yang apik dari Parkinson, Hurt, Carrie-Ann Moss, Letitia Wright, dan Colin Morgan.

Tiga musim Humans dengan total sejumlah 24 episode tayang eksklusif secara streaming melalui Mola TV. Dengan biaya berlangganan sebesar Rp12500 per bulan, Anda akan mendapatkan akses yang mudah untuk menyaksikan Humans serta berbagai film serta serial televisi lain yang tayang secara khusus dan eksklusif di Mola TV. Lewat Mola TV, sekarang Anda juga dapat mengakses berbagai film dan serial televisi yang dihadirkan HBO GO dengan paket berlangganan seharga Rp65000 per bulan. Tidak lupa, berbagai tayangan olahraga juga masih dapat Anda akses dengan mudah melalui peramban atau aplikasi Mola TV yang kini telah dapat diunduh melalui App Store di perangkat Apple atau PlayStore di perangkat Android yang Anda miliki.

Leave a Reply