Review: The Mystery of The Dragon Seal (2019)

Diarahkan oleh Oleg Stepchenko, The Mystery of the Dragon Seal merupakan sekuel bagi film fantasi petualangan Forbidden Kingdom arahan Stepchenko yang berhasil menuai sukses komersial ketika dirilis pada tahun 2014 lalu. Juga dirilis secara internasional dengan judul The Iron Mask, film yang mengambil latar belakang lokasi kisah di Rusia, Tiongkok, dan Inggris pada abad ke-18 ini melanjutkan kisah petualangan penjelajah dan kartografer asal Inggris, Jonathan Green (Jason Flemyng) yang kini ditugaskan untuk memetakan wilayah timur dari negara Rusia. Perjalanannya dalam memetakan Rusia tersebut membawa Jonathan Green ke wilayah Tiongkok ketika ia secara tidak sengaja bertemu dan menyelamatkan Cheng Lan (Xingtong Yao) yang ternyata merupakan seorang puteri yang sedang menyamar guna merebut kembali tahta kerajaannya. Tantangan besar kemudian menghadang perjalanan keduanya ketika Jonathan Green dan Cheng Lan menemukan sebuah desa yang dikuasai oleh penyihir yang, tentu saja, kemudian berusaha dibantu dan dibebaskan oleh keduanya.

Jika dibandingkan dengan film pendahulunya, Stepchenko jelas terasa telah mempersiapkan The Mystery of the Dragon Seal dengan tatanan kualitas produksi yang lebih megah. Efek visual yang menyertai tiap adegan film dalam menggambarkan petualangan yang dihadapi oleh para karakter utama tampil cukup meyakinkan. Sebagai sebuah fantasi petualangan, film ini benar-benar mampu memberikan eksplorasi audio dan visual yang jelas akan berhasil membawa penontonnya ke sebuah dunia baru yang memikat. Nuansa abad ke-18 yang dibawakan oleh film juga mampu tergali secara utuh melalui presentasi tata kostum, tata rias, serta desain produksi yang hadir dengan kualitas garapan yang handal. Tidak mengherankan jika biaya produksi film yang melibatkan rumah produksi Sparkle Roll Media milik Jackie Chan ini jauh lebih besar dari biaya produksi film sebelumnya.

Sayangnya, tidak banyak kualitas yang patut dibanggakan dari penulisan naskah cerita The Mystery of the Dragon Seal. Naskah cerita yang digarap oleh Stepchenko bersama dengan Dmitry Paltsev dan Aleksey Petrukhin berusaha dengan keras untuk menggabungkan elemen sejarah dari Rusia dan Tiongkok dengan berbagai fabel yang bertujuan untuk memperkuat elemen fantasi dari linimasa penceritaan film. Usaha tersebut, sialnya, gagal tereksekusi menjadi sajian pengisahan yang menarik. Keberadaan banyaknya konflik dan karakter yang mengitari kisah petualangan dan perjalanan sang karakter utama justru menghadirkan banyak kebingungan bagi penonton – khususnya mereka yang memang tidak begitu familiar dengan penuturan kisah film semenjak awal. Beberapa karakter yang dihadirkan guna meningkatkan sentuhan komikal dalama jalan penceritaan film juga lebih sering terasa gagal dan mengganggu daripada berhasil memantik tawa.

Chan sendiri, tentu saja, tidak hanya terlibat sebagai seorang produser bagi film ini. Bersama dengan aktor Arnold Schwarzenegger – yang menandai kali kedua mereka saling beradu akting setelah sebelumnya tampil bersama dalam Around the World in 80 Days (Frank Coraci, 2004), Chan hadir dalam kapasitas sebagai pemeran pendukung. Memang, peran Chan dan Schwarzenegger tidak pernah benar-benar terasa esensial. Namun, sebagai sebuah film yang turut menonjolkan adegan aksi bela diri dalam banyak adegannya, kehadiran Chan dan Schwarzenegger jelas mampu mencuri perhatian – khususnya ketika kedua karakter yang mereka perankan dikisahkan terlibat dalam sebuah pertarungan sengit. The Mystery of the Dragon Seal juga menampilkan salah satu penampilan terakhir dari aktor Rutger Hauer yang meninggal dunia pada tahun 2019 lalu. Departemen akting film ini memang menjadi salah satu elemen yang hadir dengan kualitas yang cukup memuaskan. Flemyng masih mampu tampil menghibur sebagai karakter Jonathan Green. Namun jelas sulit untuk membantah bahwa penampilan Yao adalah penampilan terbaik yang berhasil muncul dari film ini.

The Mystery of the Dragon Seal sendiri tayang eksklusif secara streaming melalui Mola TV. Dengan biaya berlangganan sebesar Rp12500 per bulan, Anda akan mendapatkan akses yang mudah untuk menyaksikan The Mystery of the Dragon Seal serta berbagai film serta serial televisi lain yang tayang secara khusus dan eksklusif di Mola TV. Tidak lupa, berbagai tayangan olahraga juga masih dapat Anda akses dengan mudah melalui peramban atau aplikasi Mola TV yang kini telah dapat diunduh melalui App Store di perangkat Apple atau PlayStore di perangkat Android yang Anda miliki.

 

The Mystery of the Dragon Seal (2019)

Directed by Oleg Stepchenko Produced by Sergei Bespalov, Jackie Chan, Yingchun Fang, Gleb Fetisov, Peikang La, Aleksey Petrukhin, Sergey Selyanov, Irina Semenovskaya, Maofei Zhou Written by Dmitry Paltsev, Aleksey Petrukhin, Oleg Stepchenko Starring Jackie Chan, Jason Flemyng, Arnold Schwarzenegger, Xingtong Yao, Anna Churina, Yuri Kolokolnikov, Rutger Hauer, Li Ma, Charles Dance, Martin Klebba, Christopher Fairbank, Igor Jijikine Music by Aleksandra Maghakyan Cinematography Ivan Gudkov, Man-Ching Ng Edited by Petr Zelenov Production companies Russian Film Group/China Film Group Corporation (CFGC) Running time 124 minutes Country Russia, China Language Russian, English

Leave a Reply