Review: Sonic the Hedgehog (2020)

Setelah berbagai niatan Hollywood untuk membawa permainan video milik Sega, Sonic the Hedgehog, ke layar lebar yang dimulai semenjak awal 1990an, film adaptasi dari salah satu judul permainan video paling popular di dunia sepanjang masa tersebut akhirnya mendapatkan masa rilisnya oleh Paramount Pictures pada awal tahun 2020. Merupakan debut pengarahan film layar lebar bagi sutradara Jeff Fowler, Sonic the Hedgehog berkisah mengenai pertemuan yang tidak disengaja antara sesosok makhluk angkasa luar bernama Sonic (Ben Schwartz) dengan seorang manusia bernama Tom Wachowski (James Marsden) yang secara perlahan menumbuhkan benih hubungan persahabatan antara keduanya. Namun, jalinan persahabatan antara Sonic dan Tom Wachowski menemui hambatan ketika seorang ilmuwan yang dikenal dengan nama Dr. Robotnik (Jim Carrey) mengetahui keberadaan Sonic dan kemudian terobsesi untuk menemukannya. Tom Wachowski jelas harus memutar otak untuk mencari cara agar Sonic tetap aman dari incaran Dr. Robotnik.

Paramount Pictures sebenarnya berencana untuk merilis Sonic the Hedgehog pada akhir tahun 2019 lalu. Namun, reaksi negatif tentang kualitas animasi film yang datang dari internet setelah rumah produksi tersebut melepas trailer perdana bagi Sonic the Hedgehog kemudian memaksa Paramount Pictures untuk menunda perilisan film ini guna melakukan peningkatan di beberapa lini tampilan visualnya. Well… entah seberapa besar proses renovasi yang dilakukan Fowler dalam memoles penampilan Sonic the Hedgehog namun kualitas produksi yang disajikan oleh film ini jelas bukanlah elemen kualitas yang layak untuk dipermasalahkan. Karakter Sonic dihadirkan dalam desain futuristik berwarna terang yang membuat kehadirannya mudah untuk memikat pandangan siapa saja. Fowler juga memastikan tata sinematografi, desain grafis, hingga efek visual khusus filmnya tampil berkelas. Tidak istimewa namun bukanlah garapan produksi yang mengecewakan.

Di saat yang bersamaan, jelas sukar untuk memberikan apresiasi lebih pada film ini ketika Fowler membangun filmnya dalam kualitas tatanan cerita yang berkualitas medioker. Tentu, Sonic the Hedgehog adalah sebuah film yang ditujukan untuk disaksikan oleh kalangan muda serta penikmat film-film keluarga. Namun, naskah cerita yang ditulis oleh duo penulis naskah Patrick Casey dan Josh Miller terasa terlalu mengandalkan barisan dialog, guyonan, maupun konflik yang bernilai klise. Cukup menyenangkan di beberapa bagian awal tetapi dengan mudah kemudian beralih menjadi sajian yang membosankan akibat aliran kisah yang terlalu bertele-tele. Casey dan Miller juga tidak mampu mengembangkan kisah persahabatan dan petualangan yang terjalin antara karakter Sonic dan Tom Wachowski dengan seksama. Momen-momen terbaik dalam film ini justru hadir ketika alur pengisahan film membiarkan karakter Dr. Robotnik untuk muncul dan melakukan berbagai tindakan gilanya.

Tentu saja, kehadiran karakter Dr. Robotnik yang begitu mengesankan tidak terlepas dari penampilan Carrey yang komikal dan terlihat begitu bersenang-senang dengan perannya. Di tangan aktor yang kurang tepat, karakter Dr. Robotnik dapat saja berubah menjadi sosok antagonis yang mengganggu. Carrey secara cerdas menjadikan karakternya sebagai sosok yang jahat… namun sangat menyenangkan. Marsden juga sebenarnya hadir dalam penampilan yang tidak terlalu buruk. Kemampuannya untuk menjalin interaksi yang kuat dan hangat dengan vokal yang dihadirkan Schwartz menjadikan hubungan persahabatan yang terjalin antara karakter Tom Wachowski dan Sonic terlihat cukup meyakinkan meskipun dengan lapisan kisah yang kurang begitu menarik. Sonic the Hedgehog dapat memuaskan pangsa pasarnya. Lebih dari itu, film ini rasanya akan mudah terlupakan tidak lama akibat minimnya kesan yang dapat diberikan.

popcornpopcornpopcorn3popcorn2popcorn2

sonic-the-hedgehog-movie-posterSonic the Hedgehog (2020)

Directed by Jeff Fowler Produced by Neal H. Moritz, Toby Ascher, Toru Nakahara, Takeshi Ito Written by Patrick Casey, Josh Miller (screenplay), Yuji Naka, Naoto Ohshima, Hirokazu Yasuhara (characters) Starring James Marsden, Ben Schwartz, Tika Sumpter, Jim Carrey, Lee Majdoub, Natasha Rothwell, Adam Pally, Neal McDonough, Tom Butler, Frank C. Turner, Colleen Villard, Garry Chalk, Donna Jay Fulks, Benjamin L. Valic Music by Tom Holkenborg Cinematography Stephen F. Windon Edited by Stacey Schroeder, Debra Neil-Fisher Production companies Sega Sammy Group/Original Film/Marza Animation Planet/Blur Studio Running time 99 minutes CountryUnited States, Japan Language English

Leave a Reply