Review: The Gentlemen (2020)

Digarap dengan nada pengisahan yang setara dengan Lock, Stock and Two Smoking Barrels (1998) dan Snatch (2000) yang dahulu begitu berhasil mempopulerkan nama Guy Ritchie kepada banyak penikmat film dunia, The Gentlemen berkisah mengenai seorang pemilik bisnis ganja terbesar di kota London, Inggris, bernama Mickey Pearson (Matthew McConaughey) yang kini berniat untuk pensiun agar dirinya dapat beristirahat dengan tenang bersama sang istri, Rosalind Pearson (Michelle Dockery). Atas keputusannya tersebut, Mickey Pearson lantas menawarkan bisnis ganjanya kepada seorang milyuner asal Amerika Serikat, Matthew Berger (Jeremy Strong), dengan harga sebesar US$400 juta. Di saat yang bersamaan, seorang pimpinan kelompok kriminal yang dikenal dengan sebutan Dry Eye (Henry Golding) juga menawarkan diri untuk membeli bisnis ganja milik Mickey Pearson – sebuah tawaran yang ditolak oleh Mickey Pearson karena dirinya tidak menyukai sosok Dry Eye. Tidak disangka, penolakan Mickey Pearson terhadap Dry Eye menimbulkan berbagai intrik dan gejolak bisnis yang, tentunya, seringkali berujung pada kematian.

Well… setelah deretan film-film berbiaya produksi besar yang ia arahkan seperti Sherlock Holmes (2009), King Arthur: Legend of the Sword (2017), dan Aladdin (2019), mereka yang merindukan Ritchie sebagai sosok sutradara yang mengarahkan film-film aksi komedi dengan nuansa Inggris yang kental jelas akan cukup (atau sangat?) menyukai The Gentlemen. Jika ingin memberikan perbandingan dengan film-film senada yang diarahkan Ritchie sebelumnya, film yang naskah ceritanya juga ditulis oleh Ritchie ini memang tidak terlalu menawarkan banyak hal baru dalam garapan penceritaannya. Guyonan-guyonan (beberapa dengan nuansa rasisme dan seksisme yang cukup kental), adegan-adegan penuh kekerasan, karakter pria yang menguasai penuh alur film, serta sejumlah pelintiran cerita yang mewarnai konflik dalam linimasa pengisahan masih menjadi gaya bercerita Ritchie yang kembali dihadirkan oleh The Gentlemen. Dan, untungnya, Ritchie memiliki kelihaian yang mumpuni dalam mengolah formula cerita garapannya untuk mendapatkan presentasi cerita yang terus terasa menarik.

Sebagai film yang kental dengan berbagai ciri pengisahan Ritchie, cukup mudah untuk merasa bahwa tidak semua kalangan dapat menikmati The Gentlemen. Plot pengisahan yang sengaja ditata tidak beraturan demi menjaga konsistensi nilai misteri cerita serta banyaknya karakter yang menghadirkan sudut pandang kisah mereka masing-masing memang terasa membingungkan di beberapa bagian. Terlalu banyak hal yang terjadi dalam rentang pengisahan yang menyimpan terlalu banyak konflik antar karakter. Tetap saja, mereka yang mampu bertahan dan menikmati alunan cerita dari Ritchie jelas akan mendapati bahwa The Gentlemen adalah sebuah presentasi yang menyenangkan. Kemampuan Ritchie dalam menjaga stabilitas aliran kisah serta dialog menjadi kunci yang mendorong film ini untuk selalu dapat tampil hidup dalam bercerita. Kualitas produksi yang apik juga membantu Ritchie untuk menghasilkan atmosfer yang sesuai bagi setiap adegan film yang ia ciptakan.

Namun, keberhasilan utama Ritchie jelas berasal dari kemampuannya untuk mengumpulkan barisan pengisi departemen akting yang sukses dalam menghidupkan tiap karakter yang mereka perankan. Dengan kharismanya yang kuat, McConaughey menjadikan sosok Mickey Pearson sebagai karakter yang mampu mengikat perhatian dalam tiap kehadirannya. Begitu pula dengan Charlie Hunnam yang mampu mendampingi penampilan McConaughey dan menjadikan karakter yang ia perankan tampil kuat. Penampilan yang akan mencuri perhatian jelas berasal dari penampilan Hugh Grant dan Colin Farrell. Porsi cerita yang dimiliki oleh karakter-karakter yang diperankan oleh kedua aktor tersebut memang tidak banyak. Meskipun begitu, dengan akting yang apik dan penampilan fisik karakter yang digarap secara komikal, Grant dan Farrell berhasil memberikan kesan yang mendalam.

popcornpopcornpopcornpopcorn3popcorn2

the-gentlemen-guy-ritchie-matthew-mcconaughey-movie-posterThe Gentlemen (2020)

Directed by Guy Ritchie Produced by Guy Ritchie, Ivan Atkinson, Bill Block Written by Guy Ritchie (screenplay), Guy Ritchie, Ivan Atkinson, Marn Davies (story) Starring Matthew McConaughey, Charlie Hunnam, Henry Golding, Michelle Dockery, Jeremy Strong, Eddie Marsan, Colin Farrell, Hugh Grant, Chidi Ajufo, Jason Wong, Brittany Ashworth, Samuel West, Eliot Sumner, Lyne Renée, Chris Evangelou, Franz Drameh, Bugzy Malone, Tom Wu Music by Christopher Benstead Cinematography Alan Stewart Edited by James Herbert Production company Miramax Running time 113 minutes Country United Kingdom, United States Language English

Leave a Reply