Review: Playing with Fire (2019)

Dengan film-film seperti You Again (2010), Parental Guidance (2012), dan Paul Blart: Mall Cop 2 (2015) mengisi daftar filmografinya, sepertinya cukup mudah untuk sedikit menduga presentasi film semacam apa yang akan dihadirkan Andy Fickman lewat film terbaru arahannya, Playing with Fire. Memanfaatkan talenta akting dan kemampuan komedi dari nama-nama seperti John Cena, John Leguizamo, dan Keegan-Michael Key, Playing with Fire berkisah mengenai sekelompok pasukan pemadam kebakaran khusus yang baru saja menyelamatkan tiga orang anak, Brynn (Brianna Hildebrand), Will (Christian Convery), dan Zoey (Finley Rose Slater), yang kediamannya mengalami kebakaran ketika orangtua mereka sedang berada di luar rumah. Sial, menangani anak-anak ternyata bukanlah sebuah kemampuan yang dimiliki Jake Carson (Cena), Mark Rogers (Key), Rodrigo Torres (Leguizamo), dan Axe (Tyler Mane). Keempat anggota pasukan pemadam kebakaran khusus tersebut harus berjuang semalaman dalam menghadapi kenakalan Brynn, keisengan Will, serta tangis besar yang dikeluarkan Zoey ketika mereka harus menunggu orangtua ketiga anak tersebut untuk datang dan menjemput mereka.

Rasanya cukup mudah untuk menebak kemana Dan Ewen dan Matt Lieberman membawakan arah pengisahan dalam naskah cerita yang mereka garap: Para karakter dewasa yang tidak menyukai atau memahami kehadiran anak-anak kecil lantas harus berhadapan dengan karakter anak-anak kecil yang jelas memberikan berbagai permasalahan bagi mereka namun, secara perlahan, mulai membuka berbagai sudut pandang baru dalam melihat maupun menyikapi banyak hal di keseharian mereka. Klise. Namun, permasalahan terbesar dari presentasi cerita Playing with Fire bukanlah datang dari penggunaan formula cerita yang telah begitu familiar tersebut. Di tangan Ewen dan Lieberman, formula tersebut justru disalahgunakan demi menghadirkan momen-momen yang diharapkan dapat hadir mengocok perut (namun berakhir gagal) atau menyentuh hati (juga berakhir gagal) para penontonnya. Penggarapan cerita yang benar-benar buruk.

Baiklah, Playing with Fire memang digarap untuk menjadi sebuah sajian film keluarga yang jelas juga berharap dapat sangat dinikmati oleh para penonton muda. Tentu saja, Hollywood telah berulangkali berhasil menghadirkan film keluarga dengan tatanan kualitas cerita yang mumpuni – karakter yang menarik, konflik yang mengikat, serta kisha yang memiliki hati dan jiwa yang kuat. Playing with Fire, sayangnya, lebih memilih untuk beranggapan bahwa para penonton muda yang menyaksikan filmnya adalah sekelompok orang yang akan mudah terhibur dengan deretan guyonan-guyonan bodoh serta barisan plot pengisahan yang benar-benar dangkal. Durasi pengisahan sepanjang 96 menit nyaris terisi dengan konflik sekadarnya yang kemudian diseret demikian panjang, lama, serta tidak hanya gagal untuk tampil menyenangkan tapi juga benar-benar terasa menyiksa.

Cena jelas memilih untuk berperan dalam Playing with Fire guna memperluas jangkauan aktingnya agar terlihat lebih dari sekedar sosok yang hanya dapat berperan sebagai karakter-karakter kuat dan tangguh – sebuah fase yang juga telah dilalui oleh rekan sepantarannya, Dwayne Johnson. Sayangnya, karakter Jake Carson yang diperankan Cena terasa begitu mentah yang membuat penampilannya justru terlihat kurang nyaman. Chemistry yang ia hadirkan dengan barisan pemeran lainnya juga begitu lemah. Bukan kesalahan Cena sepenuhnya. Naskah cerita film ini nyaris tidak memberikan ruang yang lugas bagi para pemeran karakter-karakternya untuk menampilkan kemampuan akting terbaik mereka. Mungkin hanya Key yang berhasil tampil menarik berkat kepiawaiannya dalam mengeksekusi dialog-dialog komikal yang diberikan pada karakternya. A disaster.

popcornpopcorn2popcorn2popcorn2popcorn2

playing-with-fire-john-cena-movie-posterPlaying with Fire (2019)

Directed by Andy Fickman Produced by Todd Garner, Sean Robins Written by Dan Ewen, Matt Lieberman (screenplay), Dan Ewen (story) Starring John Cena, Keegan-Michael Key, John Leguizamo, Brianna Hildebrand, Dennis Haysbert, Judy Greer, Tyler Mane, Paul Potts, Christian Convery, Finley Rose Slater Music by Nathan Wang Cinematography Dean Semler Edited by Elísabet Ronaldsdóttir Production company Paramount Players/Nickelodeon Movies/Walden Media/Broken Road Productions Running time 96 minutes Country United States Language English

 

Leave a Reply