Review: Bombshell (2019)


Pada Juli 2016, industri media Amerika Serikat dihebohkan dengan kabar tuntutan hukum yang diajukan kepada pemimpin Fox News, Roger Ailes, oleh salah satu mantan pembawa acara beritanya, Gretchen Carlson, dengan tuduhan bahwa Ailes melakukan tindak pemecatan kepada Carlson karena dirinya menolak untuk berhubungan seksual dengan Ailes. Dengan kapasitas Fox News sebagai salah satu media konservatif terbesar dan paling berpengaruh di Amerika Serikat, berita tersebut terus bergulir dan menimbulkan banyak dugaan tindakan pelecehan seksual lain yang terjadi di perusahaan tersebut terhadap para karyawan perempuannya. Sejumlah perempuan, baik yang sedang maupun pernah bekerja di Fox News, kemudian memberikan kesaksian tambahan atas keberadaan tindakan pelecehan seksual yang tidak hanya dilakukan oleh Ailes namun juga oleh beberapa petinggi Fox News lainnya. Ketika Megyn Kelly – yang merupakan pembawa acara perempuan Fox News paling popular – turut memperkuat tuduhan kepada Ailes, posisi Ailes sebagai pimpinan Fox News serta tokoh yang disegani di industri media Amerika Serikat segera jatuh dan tak lagi terselamatkan.

Rentetan konflik yang mengisi momen-momen kejatuhan Ailes akibat berbagai tindak pelecehan seksual yang dilakukannya itulah yang kemudian menjadi basis penceritaan bagi Bombshell. Diarahkan oleh Jay Roach – yang sebelumnya menggarap beberapa film maupun film televisi bertemakan politik seperti Recount (2008), Game Change (2012), dan The Campaign (2012) – berdasarkan naskah cerita yang ditulis oleh Charles Randolph (The Big Short, 2015), Bombshell menuturkan kisahnya dari sudut pandang tiga karakter: Gretchen Carlson (Nicole Kidman), Megyn Kelly (Charlize Theron), serta karakter fiktif Kayla Pospisil (Margot Robbie). Lewat runutan kisah yang dipaparkan oleh ketiga karakter tersebut, penonton diberikan ruang cerita tentang bagaimana Roger Ailes (John Lithgow) memanfaatkan keambisiusan seorang perempuan demi kepentingannya sendiri, menjadikan luka hasil tindak kejahatannya sebagai senjata untuk menekan seorang perempuan, hingga memanfaatkan posisinya sebagai sosok yang berpengaruh untuk “menghukum” setiap perempuan yang menolak untuk menuruti keinginannya.

Familiar atau tidaknya seseorang terhadap kasus yang dikisahkan menjadi kurang begitu berarti dalam menikmati Bombshell ketika Roach berhasil menghadirkan film ini dengan ritme pengisahan yang mengalir dengan baik. Seperti yang dilakukan Randolph lewat The Big Short, Bombshell juga memilih untuk berfokus pada karakter-karakter tertentu – yang di film ini diwakili oleh karakter-karakter yang diperankan Theron, Kidman, Robbie, dan Lithgow – untuk kemudian menggambarkan sebuah peristiwa dengan pengaruh sosial yang cukup besar. Randolph kemudian membangun kisahnya secara perlahan dan bertahap, membiarkan penonton untuk mengenal setiap karakter utama, motivasi serta latar belakang kehidupan mereka, serta situasi ruang kerja Fox News untuk menghasilkan kaitan emosional yang kuat. Di satu bagian cerita, ketika karakter Kayla Pospisil dikisahkan sedang berada di ruang yang sama dengan Roger Ailes untuk pertama kalinya, penonton dapat merasakan ketegangan yang meningkat antara keduanya dan sekaligus menghadirkan gambaran langsung tentang bagaimana karakter Roger Ailes bersikap terhadap setiap korbannya.

Dengan bangunan awal yang cukup solid, paruh ketiga film dimana karakter Roger Ailes akhirnya mulai menghadapi berbagai konsekuensi atas tindak kejahatannya justru terasa sedikit terburu-buru. Roach dan Randolph mungkin meniatkan elemen tersebut untuk menghadirkan kesan konsekuensi hukum yang lebih pasti pada karakter Roger Ailes. Namun, Bombshell jelas akan terasa lebih istimewa jika perlakuan bangunan kisah yang bertahap, perlahan, dan mendalam seperti yang dilakukan pada dua paruh cerita awal juga diterapkan pada paruh ketiga kisahnya. Garapan kisah mengenai kasus pelecehan seksual yang disajikan Randolph harus diakui memang terbatas pada apa yang terjadi di lingkungan kerja Fox News. Lewat beberapa barisan dialog dan konflik, Bombshell sempat berusaha menyentuh topik tentang posisi kaum perempuan di dunia kerja, toxic masculinity, hingga berbagai isu feminisme lainnya. Sayang, tema-tema tersebut lebih banyak dijadikan unsur dekoratif pada jalan cerita film daripada mendapatkan eksplorasi yang lebih mendalam.

Tetap saja, Bombshell tidak pernah terasa kehilangan daya tarik pengisahannya – khususnya berkat penampilan prima dari Theron, Kidman, Robbie, Lithgow, dan seluruh pengisi departemen aktingnya. Dibandingkan dengan Theron dan Robbie, karakter yang diperankan Kidman memang terasa lebih banyak ditempatkan di latar belakang pengisahan. Meskipun begitu, penampilan meyakinkan Kidman membuat kehadiran karakter Gretchen Carlson menjadi begitu memikat dalam setiap adegannya. Porsi pengisahan luas yang diberikan pada karakter Megyn Kelly dan Kayla Pospisil juga berhasil dieksekusi Theron dan Robbie dengan maksimal. Ketika Theron tampil mencuri perhatian dengan kemampuannya untuk menirukan penampilan (serta vokal) dari sosok nyata Megyn Kelly, Robbie menjadikan karakter Kayla Pospisil sebagai sosok dengan elemen emosional yang paling maksimal dan jelas akan berhasil merenggut penuh perhatian penonton. Departemen akting film ini dipenuhi dengan nama-nama besar di industri perfilman Hollywood seperti Kate McKinnon, Allison Janney, Connie Britton, hingga Mark Duplass yang harus diakui sukses menjadikan Bombshell tampil lugas dalam setiap sudut pengisahannya.

popcornpopcornpopcornpopcornpopcorn2

bombshell-charlize-theron-nicole-kidman-margot-robbie-movie-posterBombshell (2019)

Directed by Jay Roach Produced by Aaron L. Glibert, Jay Roach, Robert Graf, Michelle Graham, Charles Randolph, Margaret Riley, Charlize Theron, AJ Dix, Beth Kono Written by Charles Randolph Starring Charlize Theron, Nicole Kidman, Margot Robbie, John Lithgow, Kate McKinnon, Connie Britton, Malcolm McDowell, Allison Janney, Rob Delaney, Mark Duplass, Liv Hewson, Brigette Lundy-Paine, Katie Aselton, Nazanin Boniadi, Andy Buckley, Michael Buie, P. J. Byrne, D’Arcy Carden, Bree Condon, Kevin Dorff, Alice Eve, Spencer Garrett, Ashley Greene, Tricia Helfer, Marc Evan Jackson, Brian d’Arcy James, Richard Kind, Amy Landecker, Ben Lawson, Josh Lawson, Jennifer Morrison, Mark Moses, Ahna O’Reilly, Tony Plana, Lisa Canning, Elisabeth Röhm, Stephen Root, John Rothman, Brooke Smith, Holland Taylor, Alanna Ubach, Robin Weigert, Madeline Zima Music by Theodore Shapiro Cinematography Barry Ackroyd Edited by Jon Poll Production companies Bron Creative/Annapurna Pictures/Denver + Delilah Productions/Gramsci/Lighthouse Management & Media/Creative Wealth Media Running time 108 minutes Country United States Language English

One thought on “Review: Bombshell (2019)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s