Review: The Grudge (2020)


Seperti tiga film pendahulunya, The Grudge (Takashi Shimizu, 2004), The Grudge 2 (Shimizu, 2006), dan The Grudge 3 (Toby Wilkins, 2009), versi teranyar dari The Grudge juga digarap dengan tata pengisahan yang bercerita tentang beberapa karakter dari latar belakang waktu yang berbeda-beda. Fokus ceritanya sendiri berada pada sosok Detective Muldoon (Andrea Riseborough) dan Detective Goodman (Demián Bichir) yang sedang menyelidiki kasus temuan mayat yang diduga telah berada di tengah belantara hutan selama berbulan-bulan sebelum akhirnya ditemukan. Penemuan mayat tersebut secara perlahan membawa Detective Muldoon pada sebuah kasus pembunuhan satu keluarga yang pernah diselidiki oleh Detective Goodman bersama dengan rekannya, Detective Wilson (William Sadler), di tahun 2004 yang lalu. Keengganan Detective Goodman untuk dilibatkan justru semakin menambah rasa penasaran Detective Muldoon terhadap apa yang sebenarnya terjadi pada kasus pembunuhan tersebut. Tanpa ia sadari, pilihan untuk terus menyelidiki kasus tersebut ternyata membangkitkan sebuah teror dari masa lalu yang kini terus mengikuti dan bahkan mengancam nyawanya.

Meskipun sempat meraih kesuksesan komersial yang cukup besar di awal keberadaannya, seri film The Grudge – yang diadaptasi dari film horor asal Jepang arahan Shimizu yang berjudul Ju On: The Grudge (2002) – sama sekali tidak pernah berhasil mencatatkan capaian nilai yang memuaskan dari kalangan kritikus film dunia. Versi teranyar The Grudge, sayangnya, juga hadir dengan tampilan kualitas presentasi cerita yang tidak berbeda jauh dengan seri film pendahulunya. Tidak seperti film pertama The Grudge yang mendekatkan alur kisahnya dengan rangkaian teror yang telah dibentuk oleh film yang menjadi sumber adaptasi ceritanya, versi terbaru ini justru hadir dengan atmosfer cerita yang lebih mendekati struktur cerita The Grudge (2004). Bukan sebuah pilihan yang benar-benar salah. Namun, pilihan untuk merefleksikan kisah supranatural yang kental dengan nuansa Asia tentang kutukan yang muncul ketika seseorang meninggal dunia dalam keadaan marah pada kisah tragis yang dialami oleh keluarga Landers yang menjadi salah satu bagian dari pengisahan film ini, justru membuat elemen horor yang dibawakan The Grudge menjadi sukar untuk benar-benar tampil kuat dalam berkisah.

Pilihan sutradara Nicolas Pesce untuk memperlakukan alur pengisahan The Grudge layaknya dua horor yang ia arahkan terdahulu, The Eyes of My Mother (2016) dan Piercing (2018), yang berjalan kelam dan cenderung lamban juga tidak begitu efektif. Dengan alur pengisahan yang mayoritas didominasi oleh jenis pengisahan kilas balik serta kronologi kisah yang tidak lagi teratur, pengarahan Pesce justru seringkali membuat banyak momen menjadi terasa membosankan dengan cepat. Tentu, Pesce masih mampu menggarap beberapa adegan bernuansa horor yang akan cukup mampu memberikan kejutan pada para penontonnya – meskipun banyak diantaranya tampil hanya dalam adegan-adegan kejutan berskala murahan. Kualitas produksi filmnya juga tidaklah buruk. Tata sinematografi mampu menguatkan atmosfer pengisahan yang kelam. Begitu pula dengan tata musik yang cukup mampu mendukung sentuhan kengerian cerita. Namun, selain momen-momen tersebut, The Grudge tampil nyaris datar dan tanpa kesan yang mendalam.

Dengan lemahnya kualitas penggarapan cerita dan penyutradaraan, cukup mengherankan untuk melihat The Grudge berhasil menarik cukup banyak talenta kuat untuk mengisi departemen aktingnya. Selain Riseborough, Bichir, dan Sadler, karakter-karakter dalam jalan cerita film ini juga diperankan oleh John Cho, Lin Shaye dan Jacki Weaver. Dengan karakter yang memegang fokus utama pemgisahan, Riseborough mampu menjadikan karakternya tampil kuat. Riseborough bahkan dapat menghadirkan beberapa momen emosional lewat alur kisah yang digambarkan untuk karakternya. Penampilan para pemeran lainnya cukup solid meskipun tidak akan memberikan pengaruh yang berarti mengingat dangkalnya penggalian kisah yang diberikan pada karakter-karakter yang mereka perankan.

popcornpopcorn3popcorn2popcorn2popcorn2

the-grudge-2020-movie-posterThe Grudge (2020)

Directed by Nicolas Pesce Produced bySam Raimi, Rob Tapert, Taka Ichise Written by Nicolas Pesce (screenplay), Nicolas Pesce, Jeff Buhler (story), Takashi Shimizu (original screenplay, Ju-On: The Grudge) Starring Andrea Riseborough, Demián Bichir, John Cho, Betty Gilpin, Lin Shaye, Jacki Weaver, Frankie Faison, William Sadler, John J. Hansen, Tara Westwood, David Lawrence Brown, Zoe Fish, Junko Bailey, Nancy Sorel, Stephanie Sy, Joel Marsh Garland, Robin Ruel, Bradley Sawatzky Music by The Newton Brothers Cinematography Zachary Galler Edited by Gardner Gould, Ken Blackwell Production companies Screen Gems/Stage 6 Films/Ghost House Pictures Running time 94 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s