Review: The Good Liar (2019)


Setelah Mr. Holmes (2015), sutradara Bill Condon kembali bekerjasama dengan penulis naskah Jeffrey Hatcher dan aktor Ian McKellen dalam film The Good Liar. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Nicholas Searle, The Good Liar bercerita mengenai pertemuan antara Roy Courtnay (McKellen) dan Betty McLeish (Helen Mirren) yang terjadi setelah keduanya sama-sama berkenalan di sebuah situs kencan daring. Sama-sama merupakan dua orang yang telah lama kesepian akibat ditinggal oleh sosok pasangan yang begitu mereka sayangi, Roy Courtnay dengan mudah dapat mencuri hati Betty McLeish. Bahkan, begitu jatuh hatinya Betty McLeish terhadap sosok Roy Courtney, wanita yang juga merupakan mantan profesor di Oxford University tersebut tidak segan untuk mengajak Roy Courtnay untuk tinggal bersamanya setelah melihat kondisi apartemennya – sebuah tindakan yang lantas mendapatkan tentangan dari cucu Betty McLeish, Steven (Russell Tovey). Seandainya Betty McLeish mau mendengarkan apa yang dikatakan oleh cucu kesayangannya tersebut.

Tidak ada sesuatu yang benar-benar baru dalam presentasi cerita The Good Liar. Dengan judul yang sebenarnya telah cukup membuka runutan konflik ataupun misteri yang ingin dipaparkan oleh film ini, Condon dan Hatcher membangun intensitas pengisahan film secara perlahan. Dalam hampir kebanyakan bagiannya, The Good Liar memberikan perhatian penuh pada sosok karakter Roy Courtnay, pekerjaannya, siapa diri yang sebenarnya, serta apa yang diinginkannya dari karakter Betty McLeish. Fokus tersebut memang mampu menghadirkan ruang bagi penonton untuk mengamati sekaligus mempelajari sang karakter secara utuh. Namun, di saat yang bersamaan, ketiadaan latar kisah yang cukup kuat dan berisi bagi karakter Betty McLeish juga kemudian menghasilkan alur pengisahan yang timpang – meskipun mereka yang menggemari cerita-cerita sejenis sepertinya telah cukup cerdas untuk melihat dari jauh bagaimana film ini akan memberikan kejutan pada satu titik di alur ceritanya.

Durasi pengisahan yang mencapai 110 menit juga menghadirkan rintangan tersendiri ketika naskah cerita Hatcher cenderung menumpuk seluruh jawaban akan misteri pengisahannya pada dua paruh akhir The Good Liar. Penyampaian elemen kisah tentang masa lalu dari karakter Roy Courtnay – yang nantinya juga akan berhubungan dengan konflik final bagi alur cerita film ini – terasa terbangun secara tiba-tiba dan terburu-buru setelah bagian-bagian kisah sebelumnya disampaikan dengan tatanan penuturan yang cenderung datar. Beruntung, McKellen mampu menghadirkan sosok Roy Courtnay sebagai karakter yang cukup menarik untuk diikuti setiap lapisan kehidupannya. Penampilan McKellen yang lantas berhasil membawa penonton untuk larut dalam pengisahan The Good Liar terlepas dari minimnya kehadiran intrik maupun konflik yang emosional maupun benar-benar mengikat.

Meskipun karakter yang diperankannya tidak pernah benar-benar mendapatkan galian kisah yang cukup menarik dan mendalam hingga paruh akhir film, Mirren juga mampu menghadirkan penampilan yang mengimbangi kekuatan akting McKellen. Dengan struktur kisah yang menuntut Mirren untuk tampil dengan nada emosional yang sama di sepanjang film, Mirren tetap berhasil mencuri perhatian lewat kharisma yang ia tanamkan pada karakter Betty McLeish. Dalam kapasitas penampilan yang terbatas namun cukup krusial, Tovey sukses memanfaatkan tiap menit kehadirannya dalam adegan cerita film guna memberikan kesan yang maksimal. The Good Liar mungkin bukanlah sebuah pengisahan misteri yang cukup inovatif. Meskipun begitu, sulit untuk mengatakan bahwa Condon gagal untuk menghadirkan sajian yang buruk. Simpel, dengan struktur pengisahan yang cenderung dapat ditebak, namun tampil dengan alur kisah yang mengalir dengan seksama. Not too shabby.

popcornpopcornpopcornpopcorn2popcorn2

the-good-liar-ian-mckellen-helen-mirren-russell-tovey-movie-posterThe Good Liar (2019)

Directed by Bill Condon Produced by Bill Condon, Greg Yolen Written by Jeffrey Hatcher (screenplay), Nicholas Searle (novel, The Good Liar) Starring Helen Mirren, Ian McKellen, Russell Tovey, Jim Carter, Mark Lewis Jones, Laurie Davidson, Phil Dunster, Lucian Msamati, Jóhannes Haukur Jóhannesson, Tunji Kasim, Spike White, Stella Stocker, Daniel Betts, Nell Williams, Celine Buckens, Lily Dodsworth-Evans, Athena Strates, Aleksandar Jovanovic, Albert Welling, Michael Culkin, Dino Kelly, Brigid Zengeni, Sean Hart, Bessie Carter, Jane Fowler Music by Carter Burwell Cinematography Tobias A. Schliessler Edited by Virginia Katz Production company New Line Cinema/Bron1000 Eyes Running time 110 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s