Review: The Sky is Pink (2019)


The Sky is Pink adalah film terbaru arahan sutradara Shonali Bose (Margarita with a Straw, 2015). Dengan naskah cerita yang ditulis Bose bersama dengan Nilesh Maniyar – yang juga membantu Bose dalam menuliskan naskah cerita Margarita with a Straw, The Sky is Pink berkisah tentang perjalanan kehidupan romansa pasangan Niren Chaudary (Farhan Akhtar) dan Aditi Chaudary (Priyanka Chopra Jonas) yang dituturkan dari sudut pandang puteri mereka, Aisha Chaudary (Zaira Wasim). Kehadiran Aisha Chaudary dalam kehidupan pernikahan Niren dan Aditi Chaudary sebenarnya cukup mengejutkan dan sempat tidak diharapkan karena catatan sejarah kesehatan kedua pasangan tersebut di masa lampau. Namun, dengan berbagai resiko kesehatan yang dapat saja diderita oleh sang anak, Niren dan Aditi Chaudary memilih untuk mempertahankan keberadaan sang anak dan berjanji akan berjuang sekuat tenaga demi kebahagiannya. Benar saja. Beberapa tahun semenjak kelahirannya, anak yang kemudian dinamai Aisha Chaudary tersebut didiagnosa lahir tanpa adanya sistem ketahanan tubuh yang normal. Niren dan Aditi Chaudary tidak menyerah dan melakukan segala hal untuk menjadikan kehidupan mereka menjadi lebih baik.

Diadaptasi dari sebuah kisah nyata – karakter Aisha Chaudary adalah seorang penulis sekaligus pembicara motivasi asal India yang meninggal dunia di usia 18 tahun akibat penyakit turunan yang ia derita – The Sky is Pink, sayangnya, gagal untuk ditata sebagai sebuah presentasi yang menyentuh terlepas dari berbagai potensi cerita yang dimilikinya. Dengan durasi pengisahan yang mencapai 143 menit, naskah cerita garapan Bose dan Maniyar seringkali terasa kebingungan untuk menerapkan fokus yang kuat antara kisah romansa pernikahan yang dijalani oleh karakter Niren dan Aditi Chaudary atau mengikuti perjuangan dari karakter Aisha Chaudary dalam melawan penyakit yang ia derita. Penggunaan alur cerita kilas balik yang dimanfaatkan secara cukup berlebihan oleh Bose juga lebih sering membingungkan dan justru semakin memperlebar jarak emosional antara film dengan para penontonnya.

Pengarahan Bose sebenarnya tidak terlalu buruk. Penataan cerita dengan alur kilas balik di berbagai bagian memang akhirnya membuat The Sky is Pink terasa menjemukan namun, bahkan di momen-momen terburuknya, Bose masih mampu mengendalikan ritme pengisahan film untuk tidak tampil membosankan. Tetap saja, naskah cerita yang terlalu dangkal dalam membahas setiap konflik dan plot cerita selalu membuat kualitas presentasi cerita The Sky is Pink menjadi terpuruk. Lihat saja kisah tentang bagaimana karakter Niren Chaudary menggapai sukses dalam karirnya atau karakter Aisha Chaudary menjadi seorang penulis buku dan pembicara motivasi atau elemen romansa yang dibentuk antara karakter Aisha Chaudary dengan karakter Karan (Ishan Jotshi) dihadirkan secara begitu terburu-buru. Dengan durasi pengisahan yang cukup panjang, The Sky is Pink seharusnya mampu memberikan ruang yang lebih luas bagi barisan konflik yang mampu membuat pengisahan film ini tampil lebih hidup daripada hanya sekedar berkutat di permasalahan konflik internal antara karakter Niren dan Aditi Chaudary yang, sayangnya, juga gagal dikembangkan dengan seksama.

Beruntung, Bose memiliki barisan pengisi departemen akting yang mampu menghidupkan karakter-karakter yang mereka perankan dengan solid. Akhtar, Chopra Jonas, Wasim, dan Rohit Saraf hadir dengan chemistry yang sangat meyakinkan sebagai sebuah keluarga. Chopra Jonas dan Wasim, khususnya, dengan sukses memberikan penampilan yang kuat bagi dua karakter yang memang menjadi sentral pengisahan film ini. Dari penampilan keempat pemeran utamanyalah film ini sering mendapatkan poin positifnya. Lebih dari itu, The Sky is Pink tidak mampu untuk menyajikan sentuhan kuat nan emosional yang dijanjikan oleh premis filmnya.

popcornpopcornpopcorn3popcorn2popcorn2

The-Sky-Is-Pink-Movie-posterThe Sky is Pink (2019)

Directed by Shonali Bose Produced by Ronnie Screwvala, Siddharth Roy Kapur, Kilian Kerwin, Priyanka Chopra Jonas, Madhu Chopra Written by Shonali Bose, Nilesh Maniyar Starring Priyanka Chopra Jonas, Farhan Akhtar, Zaira Wasim, Rohit Saraf, Sammy John Heaney, Ishan Jotsh, Brian Nathan, Eshaan Phadnis, Gurpal Singh, Zachary Coffin Music by Pritam (songs), Mikey McCleary (score) Cinematography Kartik Vijay, Nick Cooke Edited by Manas Mittal Production company RSVP Movies/Roy Kapur Films/Purple Pebble Pictures/Ivanhoe Pictures Running time 143 minutes Country India Language Hindi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s