Review: Good Boys (2019)


Merupakan film yang menjadi debut pengarahan bagi penulis naskah Gene Stupnitsky (Bad Teacher, 2011), Good Boys berkisah mengenai persahabatan yang terjalin antara tiga anak laki-laki, Max (Jacob Tremblay), Lucas (Keith L. Williams), dan Thor (Brady Noon). Menamakan diri mereka sebagai Bean Bag Boys, persahabatan antara Max, Lucas, dan Thor mendapatkan tantangan terbesarnya ketika ketiga anak laki-laki tersebut menghadapi masalah personal mereka masing-masing: Max sedang tergila-gila dan merasa jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Brixlee (Millie Davis), Lucas baru mengetahui bahwa kedua orangtuanya akan segera bercerai, dan Thor mulai menjauhi aktivitas menyanyi yang sebenarnya begitu disukainya akibat rundungan yang ia terima dari beberapa murid popular di sekolah. Ketika mendapatkan undangan ke sebuah pesta yang nantinya juga akan dihadiri oleh Brixlee, Max lantas meminta Lucas dan Thor untuk menemaninya ke pesta tersebut. Sial, ketika sedang bersiap-siap, Max secara tidak sengaja malah merusak perangkat kerja sang ayah yang berharga cukup mahal. Takut kalau dirinya akan mendapatkan hukuman dan lantas tidak diizinkan untuk berangkat ke pesta, Max mulai memutar otak guna mencari cara untuk menyelamatkan dirinya.

Diproduseri oleh Evan Goldberg dan Seth Rogen yang sebelumnya juga menghasilkan film-film komedi dengan konten visual maupun dialog yang eksplisit seperti Superbad (Greg Mottola, 2007), Neighbors (Nicholas Stoller, 2014), dan Sausage Party (Conrad Vernon, Greg Tiernan, 2016), jelas tidak sulit untuk memahami arah guyonan yang disajikan dalam presentasi cerita Good Boys. Film yang naskah ceritanya digarap bersama oleh Stupnitsky dan Lee Eisenberg ini memang menghadirkan formula penceritaan yang tidak jauh berbeda. Momen-momen menghibur dalam jalan cerita film kebanyakan muncul dari ketidaktahuan atau kesalahpahaman para karakter utama – yang merupakan karakter anak-anak – terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan orang-orang dewasa serta adegan-adegan aksi para karakter yang melakukan berbagai hal yang seharusnya tidak mereka lakukan. Jangkauan cerita yang cukup terbatas namun tetap mampu digarap dan dipaparkan secara apik oleh Stupnitsky.

Good Boys, sayangnya, terasa kelelahan dalam perjalanan ceritanya pada paruh ketiga film dimana karakterisasi sekaligus guyonan-guyonan yang hadir kemudian mulai berubah monoton. Naskah cerita film lantas memilih untuk menghadirkan ritme penceritaan yang berbeda dengan menyertakan filosofi dan/atau pandangan hidup tentang arti perubahan dan menjadi tumbuh dewasa. Nada pengisahan tersebut tidak mampu bekerja dan berkembang dengan baik. Selain karena kehadirannya yang terasa mendadak dan muncul seusai deretan konflik cerita yang nyaris hanya berisi berbagai momen “bersenang-senang,” Stupnitsky dan Eisenberg juga tidak terasa benar-benar menginvestasikan porsi penceritaan yang sesuai bagi elemen pengisahan tersebut dan hanya menjadikannya sebagai batu loncatan bagi paruh penutup dari pengisahan Good Boys.

Selain pengarahan Stupnitsky yang terasa mengalir dengan baik, Good Boys juga jelas mendapatkan dorongan kualitas yang solid dari penampilan ketiga aktor mudanya. Tremblay, Williams, dan Noon mampu menghadirkan chemistry persahabatan yang erat dan sangat meyakinkan bagi ketiga karakter yang mereka perankan dan, di saat yang bersamaan, juga berhasil menciptakan sederetan karakter yang begitu mudah untuk disukai. Dan meskipun departemen akting film tidak diisi oleh banyak wajah yang begitu familiar bagi penonton kebanyakan namun Stupnitsky mampu mengisi filmnya dengan barisan pemeran yang sukses menghidupkan karakter-karakternya dengan baik. Hasilnya, meskipun Good Boys tidak akan berada lama di ingatan para penontonnya, film ini setidaknya akan mampu memberikan hiburan dan tawa yang cukup maksimal di tiap menit perjalanan durasi tayangnya. [C]

good-boys-movie-posterGood Boys (2019)

Directed by Gene Stupnitsky Produced by Lee Eisenberg, Evan Goldberg, Seth Rogen, James Weaver Written by Lee Eisenberg, Gene Stupnitsky Starring Jacob Tremblay, Keith L. Williams, Brady Noon, Molly Gordon, Midori Francis, Izaac Wang, Millie Davis, Josh Caras, Will Forte, Mariessa Portelance, Lil Rel Howery, Retta, Michaela Watkins, Christian Darrel Scott, Macie Juiles, Chance Hurtsfield, Enid-Raye Adams, Sam Richardson, Benita Ha, Alexander Calvert, Lina Renna, Zoriah Wong, Lee Eisenberg, Stephen Merchant Music by Lyle Workman Cinematography Jonathan Furmanski Edited by Daniel Gaby Production companies Good Universe/Point Grey Pictures/Quantity Entertainment Running time 89 minutes Country United States Language English

One thought on “Review: Good Boys (2019)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s