Review: Angel Has Fallen (2019)


Menyusul kesuksesan Olympus Has Fallen (Antoine Fuqua, 2013) dan London Has Fallen (Babak Najafi, 2016) – yang secara mengejutkan berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar lebih dari US$350 juta dari biaya produksi yang “hanya” mencapai US$130 juta, kisah petualangan agen rahasia Mike Banning (Gerard Butler) berlanjut dalam Angel Has Fallen. Kini diarahkan oleh Ric Roman Waugh (Snitch, 2013), Angel Has Fallen masih setia mengikuti pakem penceritaan yang telah diterapkan pada dua film sebelumnya. Dikisahkan, dalam salah satu perjalanan wisatanya, President Alan Trumbull (Morgan Freeman) mendapatkan serangan bersenjata yang membunuh hampir seluruh anggota pasukan pengamanannya – hanya Mike Banning yang selamat dari serangan tersebut. Mike Banning dan President Alan Trumbull lantas dirawat dalam keadaan koma akibat serangan yang mereka terima. Belum selesai masa penyembuhan, posisinya sebagai satu-satunya anggota pasukan pengamanan presiden yang berhasil selamat justru memancing kecurigaan dari Federal Bureau of Investigation bahwa Mike Banning terlibat dalam sebuah rencana untuk membunuh sang presiden. Sadar bahwa dirinya sedang dijebak, Mike Banning lantas melarikan diri guna mengumpulkan berbagai bukti bahwa dirinya tidak bersalah sekaligus menemukan siapa sosok yang bertanggungjawab dibalik penjebakan dirinya.

Para penikmat film jelas akan merasa sangat familiar dengan jalinan cerita yang dihadirkan oleh Angel Has Fallen. Bahkan, harus diakui, cukup mudah untuk menemukan elemen pelintiran cerita dalam naskah yang digarap oleh Waugh bersama dengan Robert Mark Kamen (Taken 3, 2014) dan Matt Cook (Patriots Day, 2016) ini. Terlepas dari berbagai kefamiliaran tersebut, Waugh cukup berhasil merangkai Angel Has Fallen sebagai sebuah presentasi aksi yang tidak mengecewakan – atau setidaknya mampu membuat mereka yang telah menyaksikan London Has Fallen melupakan buruknya kualitas film tersebut. Kunci kesuksesan Angel Has Fallen jelas terletak pada kemampuan Waugh untuk menata pengisahan filmnya dalam ritme yang bergerak cepat. Sajian aksi yang melibatkan adegan kontak bersenjata, pertarungan bela diri, ledakan, serta puluhan nyawa karakter yang melayang menjadi tambahan energi bagi film ini untuk mendorong kemampuannya dalam menghasilkan banyak momen-momen menegangkan.

Naskah cerita Angel Has Fallen memang bukanlah naskah cerita yang memiliki kualitas tulisan yang dapat ditemukan sebagai calon pemenang di berbagai ajang penghargaan film. Kumpulan konflik dan dialog yang disajikan dalam film ini bahkan seringkali terasa bodoh dan menggelikan. Namun, usaha Waugh, Kamen, dan Cook untuk memberikan sentuhan emosional melalui kehadiran sosok ayah dari karakter Mike Banning, Clay Banning (Nick Nolte), jelas berhasil memberikan dimensi atau sudut pandang pengisahan lain bagi sang karakter utama. Momen reuni antara karakter Mike Banning dengan Clay Banning berhasil dikelola dengan baik menghasilkan kesan yang manis sekaligus menghibur. Tentu saja, penampilan apik Nolte menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kemampuan bagian pengisahan tersebut untuk tampil kuat. Kehadiran momen-momen unggul inilah yang lantas mampu menutupi berbagai kekurangan yang dimiliki naskah cerita film.

Departemen akting Angel Has Fallen memang tidak lagi memiliki nama-nama seperti Aaron Eckhart, Melissa Leo, Angela Bassett, maupun Radha Mitchell untuk mengisi barisan pemerannya.  Meskipun begitu, Butler sekali lagi memanfaatkan kharisma seorang bintang film aksi yang ia miliki untuk menjadikan Angel Has Fallen tampil begitu bernyawa setiap kali karakter Mike Banning berada di dalam adegan cerita. Freeman dan Nolte juga tampil solid seperti halnya Piper Perabo dan Jada Pinkett Smith meskipun dalam narasi pengisahan karakter yang cukup terbatas. Danny Huston juga sukses memberikan tampilan apik bagi karakternya. Departemen akting berkualitas solid yang menjadikan Angel Has Fallen mampu berjalan sebagai sajian aksi yang menyenangkan. [C]

angel-has-fallen-gerard-butler-movie-posterAngel Has Fallen (2019)

Directed by Ric Roman Waugh Produced by Gerard Butler, Alan Siegel, Matt O’Toole, John Thompson, Les Weldon, Yariv Lerner Written by Robert Mark Kamen, Matt Cook, Ric Roman Waugh (screenplay), Creighton Rothenberger, Katrin Benedikt (story), Creighton Rothenberger, Katrin Benedikt (characters) Starring Gerard Butler, Morgan Freeman, Danny Huston, Michael Landes, Tim Blake Nelson, Nick Nolte, Jada Pinkett Smith, Piper Perabo, Lance Reddick, Frederick Schmidt, Joseph Millson, Ori Pfeffer, Sapir Azulay, Mark Arnold, Kerry Shale, Osi Okerafor, Rocci Williams, Antonio Bustorff, Daniel Singh Music by David Buckley Cinematography Jules O’Loughlin Edited by Gabriel Fleming Production company Millennium Media/G-BASE Running time 121 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s