Review: Parasite (2019)

Memulai karir pengarahan film layar lebarnya lewat Barking Dogs Never Bite (2000) yang kemudian diikuti dengan lima film lain yang berada di dalam filmografinya, termasuk Memories of Murder (2003), The Host (2006), Mother (2009), dan Okja (2017) – yang seluruhnya mendapatkan kesempatan ditayangkan di Cannes Film Festival – serta debut film berbahasa Inggrisnya, Snowpiercer (2013), yang merupakan film dengan biaya produksi terbesar sekaligus menjadi salah satu film tersukses sepanjang masa di Korea Selatan, tidak terbantahkan nama Bong Joon-ho telah menjadi salah satu ikon sutradara asal Korea Selatan yang paling dicintai sekaligus dihormati baik di negaranya maupun di kalangan penikmat film dari belahan dunia lainnya. Kemampuan Bong dalam memberikan interpretasi mendalam mengenai berbagai isu sosial, budaya, maupun politik yang sedang menghangat dan membalutnya dengan narasi yang kuat baik dalam nada pengisahan drama, thriller, atau fiksi ilmiah menjadikan setiap filmnya begitu mengesankan.

Dalam film terbarunya, Parasite, Bong sekali lagi mencoba berbicara mengenai jurang kehidupan antara golongan sosial di masyarakat modern – bahasan yang juga sempat disentuh dalam dua film terakhirnya. Dengan naskah cerita yang ditulis oleh Bong bersama dengan Han Jin-won, perjalanan kisah Parasite dimulai ketika Kim Ki-woo (Choi Woo-shik) diterima bekerja sebagai seorang pengajar bagi Park Da-hye (Jung Ji-so) yang merupakan puteri tunggal dari pasangan kaya, Mr. Park (Lee Sun-kyun) dan Yeon-kyo (Cho Yeo-jeong). Berasal dari keluarga dengan pendapatan yang serba terbatas – bahkan seringkali terasa kekurangan, berada di rumah mewah milik Mr. Park lantas memberikan ide bagi Kim Ki-woo untuk memberikan pekerjaan bagi ayah, Kim Ki-taek (Song Kang-ho); ibu, Choong-sook (Jang Hye-jin); dan adiknya, Kim Ki-jung (Park So-dam), di berbagai posisi pekerjaan di rumah tersebut. Dengan rayuan dan sedikit manipulasi yang dilakukannya, Kim Ki-woo dan keluarganya mampu mendapatkan pekerjaan sebagai supir, asisten rumah tangga, serta pengajar bagi anak termuda pasangan Mr. Park dan Yeon-kyo, Park Da-song (Jung Hyun-joon). Awalnya, semua hal terkesan berjalan lancar. Namun, tanpa diketahui oleh Kim Ki-woo dan keluarganya, kedatangan mereka ke rumah tersebut ternyata membawa bencana bagi sosok lain yang sekarang berencana untuk membalaskan dendamnya.

Seperti yang dilakukan Bong dalam setiap filmnya, Parasite bertutur secara perlahan mengupas setiap lapisan ceritanya. Dengan durasi yang mencapai 132 menit, Bong memanfaatkan setiap detik penceritaan untuk meningkatkan intensitas cerita serta menanamkan lebih banyak misteri dalam tiap konflik maupun intrik yang ia dan Han rancang untuk Parasite. Di saat yang bersamaan, Bong juga memastikan Parasite memiliki ruang yang cukup luas bagi setiap karakter untuk mendapatkan penggalian kisah yang kuat dan tepat. Bahkan sosok karakter dengan porsi pengisahan minimalis sekalipun mampu diberikan pendalaman cerita yang kuat – entah itu menghadirkannya melalui setiap tindakan atau ucapan yang dilakukan sang karakter atau melalui gambaran yang diberikan oleh karakter-karakter lain yang berada di sekitarnya. Hasilnya, tiap karakter dalam Parasite mampu secara lugas membangun dan menjalin koneksi emosional dengan para penonton sehingga kisah-kisah yang mereka sampaikan terasa begitu humanis. Sebuah ciri karakter yang memang selalu ditemukan dalam setiap film garapan Bong.

Juga layaknya setiap film garapan Bong sebelumnya, Parasite tidak pernah secara eksplisit menyampaikan motivasi (baca: pesan) yang ingin disampaikan ceritanya. Lewat sentuhan komedi, Bong menggarap sajian yang sanggup membuat penonton merefleksikan cerita yang sedang mereka saksikan terhadap kondisi lingkunga modern yang berada di sekitarnya. Parasite, juga layaknya setiap film garapan Bong sebelumnya, tidak pernah berusaha menempatkan dirinya pada satu warna penceritaan. Semenjak awal, film ini disajikan dalam balutan drama komedi keluarga. Namun, di saat yang bersamaan, beberapa karakter dalam cerita film ini mulai memberikan warna penceritaan yang berbeda. Tidak mengherankan jika kemudian Parasite mampu tampil menghibur, menegangkan, bahkan hadir begitu menyentuh secara bergantian pada presentasi adegan-adegannya. Parasite tidak hanya bercerita melalui karakter maupun konfliknya. Lihat bagaimana Bong menempatkan jangkauan kamera pada adegan-adegan film. Tampil berbeda dan berubah mengikuti atmosfer cerita yang sedang berjalan ataupun berkembang. Kredit khusus layak disematkan pada sinematografer Hong Kyung-pyo yang mampu memberikan dukungan pada visi cermat Bong tersebut.

Selain tampil berkelas dalam cerita dan kualitas produksi, Parasite juga tampil sangat memuaskan dalam presentasi penampilan para pengisi departemen aktingnya. Song – yang merupakan aktor yang familiar dalam setiap film garapan Bong – sekali lagi membuktikan kehandalannya disini. Meskipun tidak pernah menjadi sosok dengan porsi pengisahan yang luas, penampilan Song menjadikan karakter Kim Ki-taek yang ia perankan menjadi krusial kehadirannya. Penampilan Cho sebagai karakter istri dari Mr. Park juga hadir kuat dalam membawakan arah pengisahan karakternya. Lee Jung-eun yang berperan sebagai sosok asisten rumah tangga yang tersingkirkan posisinya turut memberikan penampilan yang efektif. Seluruh pemeran film ini juga tampil prima dalam mengedepankan jalinan hubungan karakter-karakter mereka sebagai sosok keluarga. Sentuhan yang cukup esensial, khususnya ketika Parasite mulai membawakan atmosfer pengisahan yang lebih kelam atau bahkan berbalik arah menjadi sebuah sajian yang bernilai lebih tragis daripada paruh pengisahan sebelumnya.

Memberikan pujian pada film arahan Bong mungkin telah terasa lazim dan biasa dilakukan. Namun, lewat apa yang dipresentasikannya pada Parasite, Bong membuktikan bahwa setiap pujian tersebut memang layak untuk disematkan pada hasil kerjanya. Tidak mudah bagi seorang sutradara untuk menjadi pencerita yang dengan handal memadukan berbagai warna pengisahan untuk kemudian menatanya menjadi sebuah jalinan cerita yang tidak hanya rapi namun juga efektif. Bong melakukannya dengan baik – dan bahkan membuatnya terasa menjadi sebuah pekerjaan yang sangat mudah untuk dilakukan. [B]

parasite-bong-joon-ho-movie-posterParasite (2019)

Directed by Bong Joon-ho Produced by Bong Joon-ho, Kwak Sin-ae, Jang Young-hwan Written by Bong Joon-ho, Han Jin-won Starring Song Kang-ho, Jang Hye-jin, Choi Woo-shik, Park So-dam, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Jung Ji-so, Jung Hyun-joon, Lee Jung-eun, Park Myung-hoon, Park Geun-Rok, Jung Yi-seo, Park Seo-joon Music by Jung Jae-il Cinematography Hong Kyung-pyo Edited by Yang Jin-mo Production company Barunson E&A Corp Running time 132 minutes Country South Korea Language Korean