Review: Single Part 2 (2019)


Apakah dunia masih membutuhkan sebuah film lain tentang merananya kehidupan seorang pria melajang yang ditulis, diarahkan, dan dibintangi oleh Raditya Dika? Tema pengisahan tersebut sepertinya menjadi tema wajib bagi Dika di sepanjang karirnya di dunia film – baik ketika ia menulis, mengarahkan, atau memerankan sesosok karakter bernama Dika di Kambing Jantan the Movie (Rudy Soedjarwo, 2009), Cinta Brontosaurus (Fajar Nugros, 2013), Manusia Setengah Salmon (Herdanius Larobu, 2013), Marmut Merah Jambu (Dika, 2014), dan Koala Kumal (Dika, 2016), atau ketika ia menulis, mengarahkan, atau memerankan sesosok karakter bernama Miko di Cinta Dalam Kardus (Salman Aristo, 2013) dan Malam Minggu Miko the Movie (Dika, 2014). Tidak mengherankan. Film-film tersebut memang mampu digarap secara cukup menyenangkan oleh Dika dan kemudian berhasil menarik perhatian penonton dalam jumlah yang tidak sedikit. Film terakhir Dika yang bertema sama – sebelum akhirnya Dika mengeksplorasi tema pengisahan lain dalam tiga film terakhirnya: Hangout (2016), The Guys (2017), dan Target (2018) – Single yang dirilis pada akhir tahun 2015 bahkan masih mampu meraih lebih dari satu juta penonton di sepanjang masa penayangannya.

Lalu apa yang dapat ditawarkan Dika pada paruh kedua penceritaan Single yang dirilis empat tahun semenjak kehadiran film pertamanya? Single Part 2 menceritakan Ebi (Dika) yang kini hidup sendirian setelah dua teman kost-nya terdahulu menikah dengan pasangan mereka masing-masing. Hubungannya dengan Angel (Annisa Rawles) masih berjalan hangat – dalam artian mereka masih bersahabat dekat dan terus berkomunikasi yang seringnya dilakukan lewat panggilan video. Tentu saja, Ebi masih memiliki niat besar untuk menjadikan Angel sebagai kekasihnya. Namun, ukuran niat tersebut ternyata tidak sebesar ketakutan Ebi akan kehilangan Angel jika pernyataan cintanya nanti bertepuk sebelah tangan. Kini, dengan usia yang telah mendekati 30 tahun, Ebi dilanda kegalauan hebat tentang kisah romansanya yang terus berjalan hampa. Dorongan dari ibu (Tinna Harahap) dan adiknya, Alfa (Frederik Alexander), untuk segera menemukan tambatan hatinya justru semakin membuat Ebi bersusah hati.

Digadangkan akan menjadi film terakhir Dika yang berbicara mengenai lika-liku kehidupan para lajang, Single Part 2 justru tidak memberikan apapun yang baru dalam linimasa penceritaannya. Dengan naskah yang digarap Dika bersama dengan Sunil Soraya dan Donny Dhirgantoro – kolaborasi yang sebelumnya juga menghasilkan naskah cerita bagi The Guys – film ini masih dengan patuh mengikuti formula pengisahan film sebelumnya – atau, bahkan, film-film Dika lainnya yang bertema sama. Mulai dari sosok karakter utama yang kebingungan untuk mengungkapkan rasa hatinya, karakter perempuan pujaan hati sang karakter yang tampil dengan penampilan jelita, karakter sahabat yang setia mendampingi dan sering menambah kerumitan hidup sang karakter utama, hingga kehadiran sosok-sosok karakter yang nantinya akan memberikan pandangan hidup bijaksana kepada sang karakter utama. Formula serupa yang kembali disajikan tanpa adanya usaha untuk setidaknya memberikan penyegaran pada konflik-konfliknya. Cukup membosankan.

Terlepas dari naskah cerita yang mulai terasa basi, pengarahan yang diberikan Dika bagi Single Part 2 terasa sebagai tata pengarahan paling dewasa yang pernah diberikannya pada film arahannya yang bertema sama. Jika dibandingkan dengan Single, Single Part 2 hadir dengan tata cerita yang lebih tenang, jauh dari kesan meledak-ledak, dan dengan runutan cerita yang tertata dengan fokus yang lebih kuat dan rapi. Tetap saja, durasi sepanjang 128 menit yang digunakan Dika untuk mempresentasikan filmnya terasa menjemukan ketika digunakan untuk pengelolaan konflik yang cenderung stagnan. Belum lagi pilihan memberikan akhir kisah dengan kesan “menggantung” yang justru semakin membuat karakter Ebi terasa begitu mengesalkan dengan segala inkonsistensi sikapnya. Mudah-mudahan akhir kisah “menggantung” tersebut tidak memberikan ide bagi Dika untuk menghasilkan bagian ketiga dari seri film ini karena, sejujurnya, Dika  telah kehabisan sudut pandang yang lebih segar akan tema cerita yang selalu digaungkannya ini. [D]

single-part-2-raditya-dika-film-indonesia-movie-posterSingle Part 2 (2019)

Directed by Raditya Dika Produced by Sunil Soraya Written by Raditya Dika, Sunil Soraya, Donny Dhirgantoro Starring Raditya Dika, Annisa Rawles, Yoga Arizona, Ridwan Remin, Arief Muhammad, Mentari Novel, Tinna Harahap, Frederik Alexander, Dede Yusuf, Desy Iwanti, Rina Hasyim Music by Stevesmith Music Production Cinematography Muhammad Firdaus Edited by Sastha Sunu Production company Soraya Intercine Films Running time 128 minutes Country Indonesia Language Indonesian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s