Review: Miss & Mrs. Cops (2019)


Merupakan debut pengarahan bagi sutradara Jung Da-won, Miss & Mrs. Cops memulai pengisahannya dengan fokus yang diberikan pada Mi-yeong (Ra Mi-ran), salah seorang detektif wanita pertama di kepolisian Korea Selatan dengan masa depan yang cerah berkat keberanian maupun kehandalannya dalam bertugas. Namun, karir Mi-yeong kemudian berubah ketika dirinya memutuskan untuk menikah dan membangun keluarga. Daripada bertugas sebagai seorang detektif yang beraksi di lapangan, Mi-yeong kemudian memilih untuk menjadi seorang petugas kantoran agar dirinya masih dapat terus bertanggung jawab terhadap keluarganya. Ketika dirinya mendapatkan laporan mengenai kasus pelecehan seksual yang dialami oleh seorang mahasiswi dan tidak mendapatkan perhatian oleh rekan-rekannya sesama polisi, hati Mi-yeong mulai tergerak untuk kembali bertugas sebagai seorang detektif. Bersama dengan adik iparnya yang kini telah menjadi rekan kerjanya, Ji-hye (Lee Sung-kyung), Mi-yeong mulai mengumpulkan berbagai petunjuk untuk menangkap sang pelaku kejahatan.

Ditilik dari konsep ceritanya, Miss & Mrs. Cops memang menawarkan alunan kisah buddy cop yang telah lumayan familiar: kisah tentang dua orang karakter polisi yang memiliki latar belakang kepribadian yang berbeda, kurang begitu menyukai satu sama lain, namun kemudian mulai menerima kehadiran rekannya dan bahkan mampu saling bekerjasama demi sebuah kasus yang sama-sama ingin mereka selesaikan. Meski terkesan tidak menawarkan sesuatu yang baru, Jung secara cerdas memanfaatkan kehadiran dua karakter perempuan yang menjadi karakter-karakter utama dan penggerak cerita Miss & Mrs. Cops. Lewat naskah cerita yang juga digarapnya, Jung menjadikan Miss & Mrs. Cops sebagai sebuah presentasi kisah yang tidak hanya mengupas kehidupan kaum perempuan ketika mereka harus menyeimbangkan kehidupan pribadi dan karirnya – khususnya di kepolisian Korea Selatan yang masih mendapatkan pandangan sebelah mata dari para polisi pria – tetapi juga secara berani berbicara mengenai bagaimana kau perempuan justru kerap disalahkan ketika mereka telah menjadi seorang korban dari tindakan pelecehan seksual. Alur kisah yang tentu akan cukup mengingatkan banyak penonton pada kasus pelecehan seksual di industri hiburan Korea Selatan yang menghebohkan dunia beberapa waktu yang lalu.

Jalan cerita yang diramu Jung mungkin berkesan serius. Tetapi, arahan yang diberikan Jung untuk filmnya disajikan dengan nada aksi komedi yang ringan namun efektif dalam menghantarkan momen-momen terbaik ceritanya. Perkembangan hubungan yang terjalin antara karakter Mi-yeong dan Ji-hye disajikan secara melekat sehingga penonton dapat merasakan perubahan emosional yang muncul antara kedua karakter tersebut – yang tadinya terasa bermusuhan dan saling bersaing kemudian berubah menjadi rasa peduli antara satu dengan yang lain. Persahabatan yang dijalin kedua karakter tersebut dengan karakter Jang-mi (Choi Soo-young) juga menghasilkan banyak momen komikal yang menyenangkan. Sayangnya, selain fokus yang diberikan pada ketiga karakter tersebut, karakter-karakter lain seringkali hanya disajikan sebagai pelengkap belaka tanpa pernah mampu dihadirkan dengan penggalian atau arti kehadiran yang lebih mendalam. Tidak benar-benar merusak kualitas cerita secara keseluruhan namun cukup menjadikan Miss & Mrs. Cops terasa kurang tereksplorasi dengan mumpuni.

Selain fokus yang hanya bertuju pada kedua karakter utama, pengisahan Miss & Mrs. Cops juga memberikan porsi cerita yang besar pada masalah yang coba diselesaikan oleh kedua karakter tersebut. Nyaris tidak menyisakan ruang bagi penceritaan lain maupun penggalian karakter yang lebih berwarna pada kedua karakter utamanya. Dengan durasi pengisahan yang mencapai 107 menit, Miss & Mrs. Cops justru terseok dalam memberikan solusi bagi konflik yang telah dijabarkan semenjak awal. Paruh ketiga film ini terasa terlalu diburu-buru untuk menghadirkan konklusi dan – dengan dangkalnya penggalian karakter yang diberikan pada banyak karakter pendukung di paruh pengisahan sebelumnya – akhirnya elemen tersebut menjadi terasa lemah dan kurang meyakinkan. Beruntung, Miss & Mrs. Cops memiliki penampilan prima dari dua pemeran utamanya, Ra dan Lee. Chemistry yang hangat dan meyakinkan antara keduanya selalu berhasil menjadikan film ini tampil menyenangkan untuk diikuti meskipun tak jarang hadir dengan banyak bagian cerita yang cenderung lemah. [C]

miss-and-mrs-cops-movie-posterMiss & Mrs. Cops (2019)

Directed by Jung Da-won Produced by Byun Bong-hyun Written by Jung Da-won Starring Ra Mi-ran, Lee Sung-kyung, Yoon Sang-hyun, Choi Soo-young, Yeom Hye-ran, Wi Ha-joon, Joo Woo-jae, Kang Hong-suk, Kim Do-wan, Ahn Chang-hwan, Lee Jung-min, Park So-eun Music by Lee Jae-hak Cinematography Lee Seong-jae Edited by Kim Hyeong-ju Production company Film Momentum Running time 107 minutes Country South Korea Language Korean

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s