Review: The Gangster, The Cop, The Devil (2019)


Sekilas, film layar lebar kedua yang diarahkan oleh Lee Won-tae setelah Man of Will (2017), The Gangster, The Cop, The Devil, terasa sebagai paduan antara Infernal Affairs (Andrew Lau, Alan Mak, 2002) dengan I Saw the Devil (Kim Jee-oon, 2010). Dengan naskah cerita yang juga digarap oleh Lee, The Gangster, The Cop, The Devil bercerita mengenai seorang pimpinan kelompok kriminal, Jang Dong-soo (Ma Dong-seok), yang terpaksa bekerjasama dengan seorang polisi yang selama ini memusuhinya, Jung Tae-suk (Kim Mu-yeol), setelah dirinya menjadi korban penyerangan seorang pembunuh berantai. Jang Dong-soo memang berhasil menyelamatkan diri dari serangan pembunuh yang telah mengambil nyawa beberapa orang dan kini menjadi buronan pihak kepolisian Korea Selatan tersebut. Namun, reputasinya sebagai seorang pimpinan kelompok kriminal menjadi terancam oleh serangan tersebut. Lain halnya dengan Jung Tae-suk. Sebagai seorang polisi, ia ingin membuktikan kehandalan sekaligus kemampuan dirinya dengan menangkap sang pembunuh berantai. Dengan alasan-alasan personal tersebut, Jang Dong-soo dan Jung Tae-suk mengesampingkan perbedaan mereka untuk kemudian bersatu sekaligus berpacu dalam menangkap sang pembunuh berantai.

 

Lee menghabiskan nyaris seluruh paruh pertama pengisahan The Gangster, The Cop, The Devil untuk memperkenalkan para karakter utama filmnya kepada penonton: sang polisi, sang pimpinan kelompok kriminal, dan sang pembunuh berantai yang secara perlahan ditampilkan wujud fisiknya siluet demi siluet. Tidak ada yang benar-benar istimewa mengingat Lee mengembangkan karakter-karakter tersebut secara tipikal karakter yang biasa ditemukan dalam film-film sejenis garapan sineas Korea Selatan. Di saat yang bersamaan, kemampuan Lee untuk menggali dan mengembangkan sesi perkenalan karakter tersebut secara efektif cukup berhasil membuat ketiga karakter utama film ini hadir dengan tambatan ikatan emosional cerita yang kuat kepada penonton. Deretan intrik yang kemudian terjadi atau melibatkan karakter-karakter tersebut juga mampu menumbuhkan momen-momen ketegangan dalam film yang jelas menjadi elemen krusial bagi pengisahan The Gangster, The Cop, The Devil.

Laju penceritaan The Gangster, The Cop, The Devil bergulir lancar ketika film ini telah memberikan fokus secara utuh terhadap pengejaran yang dilakukan oleh karakter Jang Dong-soo dan Jung Tae-suk kepada karakter pembunuh berantai, Kang Kyung-ho (Kim Sung-kyu). Walaupun tidak pernah mampu mengemas intriknya untuk tampil secerdas Infernal Affairs maupun elemen aksi dan kekerasannya hadir semenegangkan I Saw the Devil, Lee cukup sukses menjadikan The Gangster, The Cop, The Devil sebagai sajian action crime yang seringkali mampu membuat para penontonnya menahan nafas. Kompetisi yang terbentuk antara karakter Jang Dong-soo dan Jung Tae-suk untuk mendapatkan sosok buruan mereka juga tidak melulu disajikan secara serius. Balutan dialog-dialog konyol bernuansa black comedy hadir di berbagai kesempatan dan menghadirkan banyak momen yang menyenangkan. Pilihan untuk mengalurkan jalan cerita dengan ritme pengisahan yang cepat juga terasa cukup tepat meskipun kemudian paruh ketiga film ini hadir dengan bangunan konflik yang cenderung lemah dan bertele-tele.

Kesuksesan pengisahan The Gangster, The Cop, The Devil jelas tidak terlepas dari penampilan dua aktor utamanya, Ma dan Kim Mu-yeol. Dihadirkan sebagai dua sosok karakter dengan kepribadian yang sama-sama “gila,” Ma dan Kim Mu-yeol menjadikan kedua karakter yang mereka perankan sebagai dua sosok yang saling bertentangan namun berusaha memanfaatkan kemampuan satu dengan yang lain untuk memenuhi obsesi mereka. Chemistry yang kuat antara keduanya – baik ketika mereka sedang saling memusuhi satu sama lain atau ketika saling bekerjasama untuk menyelesaikan sebuah masalah – hadir dengan kapasitas yang meyakinkan sekaligus menjadi sajian yang begitu menyenangkan untuk disaksikan. Sayang, karakter pembunuh berantai yang diperankan oleh Kim Sung-gyu terasa hampa akibat dihadirkan tanpa pengembangan maupun latar belakang yang kuat. Karakter yang awalnya terasa misterius dan menakutkan akibat kelakuannya secara perlahan menjadi terasa karikatural dan kurang begitu berarti. [B-]

the-gangster-the-cop-the-devil-movie-posterThe Gangster, The Cop, The Devil (2019)

Directed by Lee Won-tae Produced by Jang Won-seok Written by Lee Won-tae Starring Ma Dong-seok, Kim Mu-yeol, Kim Sung-gyu, Yoo Seung-mok, Kim Yoon-sung, Heo Dong-won, Choi Min-cheol Music by Jo Yeong-wook Cinematography Park Se-seung Edited by Heo Sun-mi, Han Young-kyu Production company B.A. Entertainment Running time 109 minutes Country South Korea Language Korean

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s