Review: My Stupid Boss 2 (2019)


Tiga tahun setelah kesuksesan film perdananya – yang berhasil meraih lebih dari tiga juta penonton selama masa penayangannya – Falcon Pictures merilis sekuel bagi My Stupid Boss, My Stupid Boss 2. Masih diarahkan oleh Upi (My Generation, 2017) berdasarkan naskah cerita yang masih diadaptasi dari seri buku berjudul sama karangan Chaos@work, My Stupid Boss 2 melanjutkan cerita akan pengalaman buruk dari Diana (Bunga Citra Lestari) dan rekan-rekannya, Mr. Kho (Chew Kinwah), Norahsikin (Atikah Suhaime), Adrian (Iedil Putra), dan Azahari (Iskandar Zulkarnaen), ketika bekerja di perusahaan yang dimiliki oleh seorang pengusaha yang lebih dikenal dengan sebutan Bossman (Reza Rahadian). Kali ini, akibat semakin banyaknya pekerja perusahaan yang mengundurkan diri akibat tidak nyaman dengan banyak peraturan semena-mena dari Bossman, Bossman kemudian mengajak Diana, Mr. Kho, dan Adrian untuk mencari pekerja dengan upah murah di Vietnam. Seperti yang dapat diduga, perilaku tidak menyenangkan dari Bossman kembali menyebabkan mereka terjebak dalam berbagai masalah. Sementara itu, Norahsikin dan Azahari yang ditugaskan untuk tetap bertugas di kantor juga harus menghadapi masalah ketika sekumpulan preman mendatangi kantor untuk menagih hutang yang dimiliki oleh Bossman.

Kunci kesuksesan My Stupid Boss – selain dari penampilan fenomenal dari Rahadian, tentunya – jelas berasal dari kemampuan Upi dalam mengadaptasi buku My Stupid Boss yang terasa seperti kumpulan sketsa komedi menjadi sebuah jalinan pengisahan hubungan antara atasan dengan bawahan yang cukup berkesinambungan. Upi juga membuktikan kecerdasan insting pengarahannya dengan mengeksekusi cerita filmnya dengan ritme yang tepat, pemilihan barisan pengisi departemen akting yang kuat, serta menghadirkan banyak momen komedi kejutan – that brilliant Cindai scene! – yang ternyata berhasil menjadikan My Stupid Boss menjadi semakin hidup. My Stupid Boss 2 mempertahankan segala elemen kesuksesan pengisahan yang dahulu berhasil pada film pendahulunya. Sayangnya, dengan jalan cerita yang juga tidak mengalami perkembangan berarti, pengulangan formula kisah tersebut menjadikan My Stupid Boss 2 kehilangan banyak sentuhan segar dalam penyajian komedinya.

Dengan durasi pengisahan yang berjalan selama 96 menit, My Stupid Boss 2 seringkali justru terasa bercerita dalam tempo lebih lama akibat minimalisnya pengembangan konflik dan karakter yang dihadirkan – khususnya di paruh pertama penceritaannya. Film ini baru mulai terasa bergerak maju setelah beberapa karakternya dikisahkan melakukan perjalanan ke Vietnam sehingga membuka pintu untuk kehadiran konflik maupun karakter baru. Upi juga berusaha untuk mengulangi momen emas Cindai dengan menghadirkan sebuah momen musikal baru dalam pengisahan My Stupid Boss 2. Tidak terlalu berhasil, sayangnya, dan justru menghasilkan momen cringey ketika dihadirkan dalam durasi yang terkesan dipanjang-panjangkan. Barisan konflik dalam film ini juga tidak tampil seintegral dalam film pertama yang menyebabkan banyak momen komedi dalam My Stupid Boss 2 terasa sebagai kumpulan sketsa komedi layaknya buku yang menjadi sumber inspirasi pengisahannya.

Bukan berarti My Stupid Boss 2 adalah sekuel yang buruk. Naskah cerita dan pengarahan Upi masih mampu menghadirkan beberapa momen komedi yang sangat menyenangkan. Tidak peduli seberapa sering perdebatan kosong antara karakter Bossman dan Diana terjadi, deretan adegan tersebut masih akan selalu mampu menghasilkan tawa berkat chemistry dan akting yang begitu meyakinkan dari Radian dan Lestari. Sebuah adegan yang menghadirkan para karakternya di sebuah ruang mayat juga menjadi salah satu momen emas yang sangat menghibur dari film ini. Rahadian juga masih mampu menghadirkan penampilan komikalnya yang cerdas – meskipun ujaran “Tempe bener” yang diucapkan karakternya secara perlahan mulai terasa annoying akibat terlalu sering dihadirkan. Morgan Oey yang memerankan karakter Nguyen juga mampu mencuri perhatian dalam setiap adegan keberadaan karakternya.

Sebagai sebuah sekuel, My Stupid Boss 2 tidak menawarkan sebuah perkembangan atau kemajuan kisah yang berarti. Meskipun begitu, beberapa bagiannya jelas masih akan mampu menghibur dan menghasilkan tawa yang cukup menyenangkan. [C]

my-stupid-boss-2-reza-rahadian-movie-posterMy Stupid Boss 2 (2019)

Directed by Upi Produced by Frederica Written by Upi (screenplay), Chaos@work (books, My Stupid Boss) Starring Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, Chew Kinwah, Atikah Suhaime, Iedil Putra, Iskandar Zulkarnaen, Alex Abbad, Melissa Karim, Morgan Oey, Verdi Solaiman, Sahil Shah, Prakash Krisna, Indra Jegel, Awek Sitepu, Gregory Prabowo Music by Andhika Triyadi Cinematography Arfian Edited by Ryan Purwoko Production company Falcon Pictures Running time 96 minutes Country Indonesia Language Indonesian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s