Review: 47 Meters Down (2017)


Diarahkan oleh Johannes Roberts (The Other Side of the Door, 2016), 47 Meters Down berkisah mengenai pasangan kakak beradik yang mengalami kecelakaan ketika sedang berliburan di lautan Meksiko yang kemudian memaksa mereka untuk bertahan hidup dari kumpulan hiu yang siap untuk menyerang mereka. Well… dirilis setahun setelah sukses besar yang diraih The Shallows yang memiliki pola pengisahan yang cukup serupa – karakter wanita yang harus berjuang di tengah lautan dari serangan kawanan hiu – perbandingan pada film arahan Jaume Collet-Serra tersebut jelas tidak dapat dihindari.  47 Meters Down, sayangnya, tidak memiliki bangunan karakter sebaik bangunan karakter yang diciptakan untuk karakter yang diperankan Blake Lively dalam The Shallows. Meskipun begitu, seperti halnya Collet-Serra, Roberts mampu menggarap 47 Meters Down dengan pengarahan yang apik sehingga film ini berhasil hadir dengan deretan momen menegangkan yang jelas akan sukses membuat penonton menahan nafas mereka.

Dalam 47 Meters Down, Kate (Claire Holt) sedang berusaha untuk menghibur sang kakak, Lisa (Mandy Moore), yang sedang mengalami patah hati akibat ditinggal sang kekasih dengan cara mengajaknya berliburan ke Meksiko. Di tengah liburan mereka, Kate dan Lisa berkenalan dengan Louis (Yani Gellman) dan Benjamin (Santiago Segura) yang lantas menyarankan mereka untuk menikmati aksi cage diving dimana mereka dapat menyelam di tengah-tengah kawanan ikan hiu dengan dilindungi oleh sebuah sangkar besi. Walau awalnya merasa khawatir dengan atraksi yang berbahaya tersebut, Kate dan Lisa akhirnya turut serta pada ajakan dua pemuda yang baru mereka kenal tersebut. Sial, ketika keduanya mulai menikmati atraksi cage diving tersebut, tali penggerak sekaligus pengikat sangkar besi yang ditempati Kate dan Lisa tiba-tiba terputus. Sangkar besi tersebut lantas terjun bebas menuju dasar lautan yang berada sedalam 47 meter dari permukaan. Dengan persediaan oksigen yang terus menipis dan ancaman hiu yang siap untuk menerkam mereka, Kate dan Lisa harus mencari cara untuk dapat mempertahankan nyawa mereka.

Kelemahan terbesar dari naskah cerita 47 Meters Down yang digarap Roberts bersama dengan Ernest Riera memang terletak pada ketidakmampuan keduanya untuk memberikan penggambaran karakter yang lebih kompleks lagi kepada dua karakter utama film. Karakter Kate dan Lisa tampil terlalu lemah dan datar untuk mampu membuat penonton benar-benar tertarik maupun membentuk jalinan emosional dengan mereka. Susunan dialog yang dibentuk Roberts dan Riera juga tergolong berkualitas menyedihkan. Daripada memberikan karakter-karakternya susunan dialog yang dapat lebih memperdalam penggalian karakter maupun memperkuat intensitas konflik, kebanyakan dialog yang hadir dalam 47 Meters Down justru seringkali terasa menggelikan. Namun, meskipun hadir dengan penataan karakter yang cenderung lemah, baik Moore dan Holt berhasil memberikan penampilan akting terbaik mereka untuk 47 Meters Down. Keduanya juga hadir dengan chemistry yang meyakinkan sebagai pasangan kakak beradik.

Roberts juga harus diakui mampu memberikan pengarahan yang baik bagi filmnya. 47 Meters Down hadir dengan ritme pengisahan yang cukup terarah. Pilihan untuk menghadirkan atmosfer pengisahan film dalam balutan teror psikologis yang terbentuk perlahan sukses menghadirkan banyak momen-momen menegangkan yang jelas akan membuat para penonton film berpegangan erat di kursi mereka. Roberts juga tidak ceroboh untuk mengeksploitasi adegan-adegan menegangkan dalam filmnya sehingga banyak unsur kejutan yang telah disiapkan mampu bekerja dengan baik. Kualitas produksi film juga hadir memuaskan. Mulai dari tata gambar garapan Martin Brinkler yang mampu mendukung dan menjaga ritme pengisahan film, tata musik arahan tomandandy yang seringkali memberikan dukungan emosional di banyak adegan film hingga tata sinematografi buatan Mark Silk yang berhasil menangkap banyak gambar-gambar indah untuk film ini. [C]

47-meters-down-mandy-moore-movie-poster47 Meters Down (2017)

Directed by Johannes Roberts Produced by James Harris, Mark Lane Written by Johannes Roberts, Ernest Riera Starring Mandy Moore, Claire Holt, Chris J. Johnson, Yani Gellman, Santiago Segura, Matthew Modine Music by tomandandy Cinematography Mark Silk Editing by Martin Brinkler Studio The Fyzz Facility/Dragon Root/Flexibon Films/Lantica Pictures/Tea Shop & Film Company Running time 85 minutes Country United States, United Kingdom Language English

Advertisements

One thought on “Review: 47 Meters Down (2017)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s